iPhone 5 Bakal Menggunakan Chipset Apple A6 Quad-Core yang Diproduksi Samsung

Apple iPhone 5... the next big thing!

Setidaknya sampai akhir tahun ini, smartphone dan tablet dengan chipset dual-core belum kehilangan momentum. Seperti yang kami beritakan sebelumnya, bahkan Qualcomm pun kewalahan meladeni permintaan chipset Snapdragon S4 mereka yang terbukti walaupun sekadar dual-core, dengan teknologi semikonduktor 28nm mampu menandingi produk lain yang berjalan dengan empat core.

Namun tidak bisa dipungkiri, tahun ini semua smartphone yang menjadi flagship alias tipe teratas setiap produsen dunia sudah mengajukan chipset dengan empat core. Mulai  HTC dengan One X, Samsung dengan Galaxy S III, kemudian LG dengan Optimus 4X HD dan juga pabrikan dari China Meizu dengan MX 4-core, menjadi beberapa di antaranya yang sudah merilis smartphone quad-core mereka di pasaran — sebelumnya juga dikabarkan Huawei dengan Ascend D quad, namun sampai sekarang belum terdengar namanya.

Dan kini muncul rumor baru sehubungan dengan trend quad-core tersebut, bahwa Apple berniat meng-upgrade iPhone 5 mereka menggunakan prosesor A6 dengan quad-core. Masih sama seperti sebelumnya, prosesor A6 tersebut di-outsource ke Samsung. Kok Samsung, yup, seperti kita ketahui sejak era chipset Apple A4 yang pertama kali digunakan pada iPad dan juga iPhone 4, kemudian berlanjut ke Apple A5 yang kita kenal pertama kali melalui iPad 2 dan iPhone 4S, semuanya diproduksi oleh Samsung, dan menjadi versi modifikasi dari chipset Exynos mereka. Sedangkan untuk Apple A6 ini jelas, menjadi varian dari chipset Exynos 4 Quad yang digunakan pada Galaxy S III.

Belum diketahui kapan pastinya Apple meluncurkan iPhone 5 mereka. Namun jika sesuai jadwal, bisa jadi setelah pertengahan tahun ini, atau Oktober 2012 jika disamakan dengan waktu perilisan iPhone 4S. Waktu yang pas, karena sebelum musim liburan akhir tahun.

Kemudian bicara quad-core, Qualcomm yang memang saat ini masih percaya jika keluarga Snapdragon S4 dual-core mereka mampu bertahan di tengah gempuran quad-core, juga sudah menyiapkan Snapdragon S4 dari teknologi 28nm, dengan quad-core berkode APQ8064, yang berbasis ARMv7, yang menggunakan core Krait (sebutan untuk prosesor generasi Snapdragon S4) dengan kecepatan1.5-1.7 GHz, serta GPU Adreno 320. Sebelumnya Snapdragon S4 selalu jatuh untuk kinerja 3D, kita lihat saja bagaimana hasilnya racikan baru Qualcomm dengan pengolah grafis Adreno 320 ini ketika dirilis akhir tahun 2012 ini.

Sumber: Digitimes

SHARE
Previous articleBerpartisipasi Dalam Olimpiade London 2012 Melalui Game Augmented Reality
Next articleXbox Live, Down Atau di Hack?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.