Seperti yang pernah kami tuliskan sebelumnya dalam review PlayStation Vita, satu kelemahan smartphone dan tablet untuk bermain game adalah tidak adanya dukungan kontroler fisik yang nyaman, dan tetap menjadikan handheld seperti 3DS dan PS Vita sebagai pilihan terbaik untuk mobile game yang lebih hardcore. Namun beberapa solusi coba dikembangkan untuk tablet dan smartphone. Seperti melalui Ringbow, dua kontroler Moga yang bakal dirilis akhir tahun ini, atau yang lebih bersifat underground melalui sedikit modding dan memanfaatkan DualShock-nya PS3. Dan satu lagi yang menganut paket hemat ini, “mengawinkan” secara paksa Galaxy Note (atau bisa juga Droid lainnya yang dimensinya cukup besar) dengan DualShock 3 wireless-nya PS3. Coba saja lihat gambar – gambar berikut!

Bagaimana, mungkin bisa kamu terapkan sendiri, karena solusi do it yourself-nya sangat cerdas. Kamu tinggal membuat dudukan khusus dan memasangkan pada kontroler PS3, dan kemudian dudukan tersebut bisa menjadi tempat dimana kamu menempatkan Galaxy Note, atau Galaxy S II dan bisa jadi Droid lain yang ukurannya sepadan — kemudian melalui software khusus, kamu bisa mensinkroniasikan koneksi Bluetooth kontroler PS3 tersebut dengan software Android. Dibandingkan PS Vita, jelas layar Galaxy Note lebih lega. Dan DualShock 3 tersebut memiliki bentuk yang nyaman digenggam dan dioperasikan daripada kontroler fisik PS Vita — apalagi analog-nya PS Vita yang begitu mungil dan licin, menyusahkan euiii!!

Ditambahkan lagi jika kita membandingkan harga gamenya PS Vita dengan Android, tipikal game di Play Store jauh lebih murah daripada game – game PS Vita — walaupun mungkin tidak semua game bisa dikendalikan dengan lancar menggunakan DualShock. Kamu cukup membeli DualShock3 yang harganya berkisar 400 ribuan, dan software penghubungnya Sixaxis Controller yang harganya hanya $1.61 saja!

Oh ya, jika kamu masih bingung, bagaimana DualShock 3 bisa mengendalikan Android, masuk saja ke Google Play Store dan men-download aplikasi Sixaxis Controller, yang menjadi solusi termudah menghubungkan DualShock dengan Android — namun tetap perlu akses ROOT / Droid-mu di hack, karena protokol khusus yang dijalankan kontroler PS3 untuk berkomunikasi dengan host. Lebih jelasnya lihat aksinya melalui video berikut. Untuk panduannya, bakal kami buatkan nanti.

Simak juga artikel kami sebelumnya, mengenai Nostalgia Game PSX di Android dan N64Droid… Emulator N64 Untuk Android yang pasti pas dihubungkan dengan trik DIY membuat dudukan untuk Droid kita seperti foto – foto tersebut.

Sixaxis & DualShock3 on Android

httpv://youtu.be/bGulIF85SnM

Sumber: Imgur

174 keseluruhan 3 dilihat hari ini