Foto bersama para finalis Increfest 2012

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan kembangkan kelompok usaha / industry dibidang pengembangan Industri Kreatif Game, Animasi dan Software. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan Industry Creative Festival (Increfest) 2012 yang sudah memasuki tahap final pada tanggal 5 Juli lalu.

Diskusi bareng semua nominator (finalis) Increfest 2012

Dari tahap penjurian akhir yang berlangsung di gedung PT. INTI 5 Juli 2012 lalu, akhirnya didapatkan masing-masing pemenang di tiap kategori. Untuk kategori games sendiri, sudah didapatkan tiga pemenang dari tujuh game yang menjadi finalis. Tujuh game yang masuk ke babak final antara lain:

  1. Judul : Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain)
    Pengembang : Educa Studio
  2. Judul Karya  : Pig Rider / Action 
    Pengembang Tinker Gamer
  3. Judul Karya  : Hijaiyah Rangers
    Pengembang : GameEdukasi.com
  4. Judul Karya  : Benthik Blast
    Pengembang : Gamebot
  5. Judul Karya  : Sapla (Save Your Planet)
    Pengembang : Nuzul Mobile
  6. Judul Karya  : Boma Naraka Sura
    Pengembang : Anantarupa Studios
  7. Judul Karya  : Hari Pahlawan
    Pengembang : Homechibi

Dari kiri ke kanan: Ivan Chen dari Anantarupa Studios, Andi Taru Nugroho dari Educa Studio, dan Wilson Tjandra dari Mintsphere

Dari ketujuh finalis tersebut, akhirnya kompetisi ini menghasilkan tiga pengembang untuk menjadi juara. Ketiga game ini adalah:

Juara Pertama: Boma Naraka Sura karya Anantarupa Studios 

Mobile game berbasis 3D engine namun dikemas menarik dengan tampilan 2D platformer. Selain itu, game ini juga mencoba untuk mempromosikan warisan budaya dengan memasukkan banyak unsur lokal seperti cerita pewayangan boma, senjata tradisional, makanan tradisional, batik, lukisan khas daerah, dan musik gamelan. Dalam mengerjakan game ini, Anatarupa Studios bekerja sama dengan Mintsphere.

httpv://www.youtube.com/watch?v=LPc26eoF8Po

Juara Kedua: Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) karya Educa Studio

Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) merupakan game edukasi yang terfokus pada 2 hal, yaitu belajar dan bermain.  Belajar di dalam Marbel terdapat 2 aspek lagi yaitu belajar materi (misalnya huruf, angka, warna, dan lain-lain) serta belajar menggunakan perangkat komputer (mouse dan keyboard).

Terdapat beberapa game yang menjadi sub Marbel, antara lain:

  • Mari Belajar Menggunakan Mouse
  • Mari Belajar Mengenal Warna
  • Mari Belajar Mengenal Angka
  • Mari Belajar Mengetik Huruf
  • Mari Belajar Mengenal Musik
  • Mari Belajar Menulis
  • Mari Belajar Berhitung

Juara Ketiga: Pig Rider karya Tinker Games

Sebuah game mobile yang menggunakan genre side scrolling action. Dalam game ini, kamu harus mengendarai babi untuk mencapai garis finish dan melewati rintangan-rintangan yang ada. Yang menarik, dalam game ini kamu bisa “mempercantik” babi yang kamu kendarai dengan menggunakan beberapa armor. Selain mempercantik, armor ini juga bisa menambah kemampuan babi kamu. Tersedia juga berbagai macam achievement yang bisa kamu dapatkan dalam game ini.

httpv://www.youtube.com/watch?v=E6QZOi_pcZQ

Selamat kepada para pemenang, dan semoga hasil karya developer game Indonesia bisa berjaya di rumah sendiri, seperti tujuan awal dari Increfest 2012.

[sumber foto: Blog Educa Studio]

15 keseluruhan 4 dilihat hari ini