Bagaimana kabar OUYA, konsep konsol baru berbasis Android, yang langsung membuka akses developer atau individu untuk memodifikasi software-nya? Game yang murah namun berkualitas, bersifat “open” entah itu bagi developer, user, atau bahkan hacker — tidak ada kata ilegal jika kamu meng-hack konsol ini. Dengan rencana harga jual $99, rupanya banyak yang tertarik untuk mendanai proyek tersebut. Apalagi di belakangnya ada banyak dukungan nama – nama besar, seperti yang kami bahas pada artikel sebelumnya.

Kemarin proyek OUYA masuk daftar Kickstarter, sebuah website penggalangan dana untuk mewujudkan sebuah proyek kreatif — di Indonesia semacam Wujudkan.com. Yang mengejutkan, hanya dalam waktu sehari langsung terkumpul dana mencapai $2 juta dari penyokong, yang berjanji bakal mendukung terwujudnya OUYA. Dan ketika kami membuka halaman khusus di Kicstarter untuk OUYAini, sudah terkumpul $3,654,566 melalui 28,748 orang yang berjanji menyokong dananya!! Jumlah yang fantastis, dan menorehkan peringkat baru sebagai proyek kreatif dalam dunia game, yang mendapatkan sokongan dana terbanyak hanya dalam waktu satu hari. Padahal target awal dari proyek OUYA yang berpusat di Los Angeles tersebut hanya $950 ribu saja agar bisa memulai produksi, lebih dari 300% dari prediksi awal. OUYA juga menjadi proyek kedelapan dalam sejarah Kickstarter yang mampu menggalang dana hingga $1 juta.

Kamu sendiri bisa membantu pengembangan proyek ini juga, dengan menjadi penyokong dananya yang minimal $1. Atau bisa juga menyumbangkan ide bagi developer proyek ini melalui ideas@ouya.tv, atau ingin melihat perkembangannya dulu sebelum memutuskan membantu, masih ada 28 hari sampai penggalangan dana ini ditutup pada 9 Agustus nanti.

Desain awal Ouya, kotak sederhana, dan jelas terlihat lingkaran di sana... Mungkin mewakili nama Ouya?

Artikel kami sebelumnya memang hanya memperlihatkan desain konsep OUYA. Namun pasca terwujudnya target dana melalui Kicstarter, para konseptor OUYA mulai bergerak, dan merilis beberapa detail impian mereka untuk OUYA. Berbasis Android, kamu mendapatkan konsol yang masuk dalam kategori generasi delapan ini (bersama Nintendo Wii U) menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, dengan satu pengecualian antar mukanya sedikit dimodifikasi serta kamu tidak mendapatkan akses Google Play store, melainkan OUYA store untuk mendapatkan game — dan mungkin juga aplikasi. Namun karena esensinya sebagai konsol open source, jangan heran jika nantinya langsung ada akses untuk Google Play juga.

Lanjut ke halaman 2 untuk informasi lebih detail mengenai OUYA…

32 keseluruhan 1 dilihat hari ini