Preview: The Dark Knight Rises, Akhir Nasib Batman di Tangan Christopher Nolan

Judul : The Dark Knight Rises
Studio : Legendary Pictures / Syncopy Films / DC Comics
Distributor : Warner Bros. Pictures
Release : 20 Juli 2012 (US & Indonesia)
Pemain : Christian Bale, Michael Caine, Anne Hathaway

Keputusan rumah produksi saat me-reboot Batman lewat Batman Begins dianggap banyak orang sebagai salah satu keputusan yang brilian di saat banyak penggemar yang kecewa dengan performa Batman & Robin. Christopher Nolan juga berhasil mengangkat kisah awal mula Batman dengan baik, lebih emosional, dan lebih mengisahkan sisi Bruce Wayne itu sendiri daripada Batman. Setelah sukses dengan Batman Begins, film kedua trilogi Nolan The Dark Knight pun tampil lebih superior lagi, dengan pendapatan lebih dari US $ 1 Milyar, yang sedikit banyak dipengaruhi oleh kematian tragis Heath Ledger yang memerankan Joker. Dua film tampil baik, tentunya menjadi beban yang tersendiri bagi The Dark Knight Rises untuk menghadirkan ending trilogi yang megah dan tidak terlupakan. Bisakah The Dark Knight Rises melakukan hal tersebut?

Dari kursi sutradara tidak ada perubahan. Batman pun masih diperankan oleh Christian Bale, pemeran Batman dalam Batman Begins dan The Dark Knight. Namun hadirnya musuh baru, Bane (Tom Hardy) dan juga sosok misterius Selina Kyle (Anne Hathaway) akan menjadi daya tarik tersendiri setelah Joker di The Dark Knight lalu tampil sangat memukau. Film ini sendiri mengisahkan event yang terjadi delapan tahun setelah event terakhir dalam The Dark Knight dan kematian Harvey Dent, dimana Batman kali ini harus menghadapi Bane yang memiliki rencana untuk menghancurkan kota Gotham dengan kekuatannya. Siapa Bane? Apa tujuan selanjutnya setelah menghancurkan kota Gotham?

httpv://www.youtube.com/watch?v=aHPeOQYGWzM

Film ini sendiri terinspirasi dari tiga seri komik Batman, Knightfall (1993) yang mengisahkan pertama kali kemunculan Bane, The Dark Knight Returns (1986) yang mengisahkan Batman kembali ke Gotham setelah sepuluh tahun menghilang, dan No Man’s Land (1999) yang mengisahkan Gotham tengah diduduki oleh sekelompok geng berbahaya. Tidak tanggung-tanggung, pihak rumah produksi sampai menghabiskan dana sekitar US $250 Juta untuk membuat film yang akan memiliki durasi sekitar 165 menit ini. Sebelumnya, Joker direncanakan muncul sebagai cameo dalam film ini menggunakan beberapa scene yang tidak terpakai dalam The Dark Knight lalu. Namun, Nolan akhirnya membantah pernyataan tersebut, dan Joker tidak akan muncul dalam film ini. Banyak franchise yang bisa dikatakan kurang memuaskan saat seri ketiganya, sebut saja Spider-Man 3 ataupun Transformers: Dark of The Moon. Apakah film ini bisa menampik kutukan tersebut dan menghadirkan ending yang memuaskan bagi para penggemarnya?

Untuk membaca ulasan kami sebelumnya atau melihat trailer-trailer lain, silahkan kunjungi salah satu link berikut ini: