Dead Trigger Versi Android Kini Gratis, Developer Menyalahkan Pembajakan

Seperti yang kami ungkapkan sebelumnya, secara mengejutkan belum ada satu bulan semenjak Madfinger Games merilis Dead Trigger untuk iOS dan Android, mereka sudah merencanakan update-nya. Namun ketika mengecek versi iOS-nya, rupanya masih versi lama, 1.0.1. Sedangkan ketika masuk ke Google Play Store, ternyata salah satu game paling dinanti tahun ini tersebut digratiskan… Dan ketika melihat versinya, game yang di-update 20 Juli 2012 lalu tersebut sudah mencapai versi 1.1.0, atau mengajukan update seperti yang direncanakan sebelumnya.

Kenapa kok jadi gratis, padahal versi iOS-nya masih sama dijual seharga $0.99? Pasti pertanyaan tersebut langsung muncul, apalagi mereka yang sebelumnya sudah membelinya melalui Play Store jelas merasa berang. Dan 5 jam lalu, Madfinger Games melalui halaman Facebook mereka memberikan penjelasan, alasan dibalik versi Android yang digratiskan. Berikut kutipan pernyataan Madfinger Games.

Regarding price drop. HERE is our statement. The main reason: piracy rate on Android devices, that was unbelievably high. At first we intend to make this game available for as many people as possible – that’s why it was for as little as buck. – It was much less than 8$ for SHADOWGUN but on the other hand we didn’t dare to provide it for free, since we hadn’t got XP with free-to-play format so far. – However, even for one buck, the piracy rate is soooo giant, that we finally decided to provide DEAD TRIGGER for free. Anyway – DEAD TRIGGER is not FREEMIUM, it always was and still remains FREE-TO-PLAY, that means, all players are able to play it without IAP! We stand up for this statement, because all members of our team are playing (and enjoying) DEAD TRIGGER without IAP.

Dari pernyataan tersebut jelas bahwa Madfinger Games yang memang tidak memiliki pengalaman membuat game dengan konsep freemium, atau menyediakan item dalam game alias in-app purchase (IAP) untuk menunjang permainan, merasa keberatan dengan versi Android-nya yang meskipun dijual sangat murah (hanya $1, bahkan jauh lebih murah dari shooter mereka sebelumnya, Shadowgun yang awalnya dijual $8) ternyata tetap saja banyak beredar versi kopiannya (bajakannya) dengan bebas. Akhirnya mereka pun memutuskan menggratiskan saja game tersebut, namun tetap menawarkan IAP, walaupun kamu bisa memainkannya secara gratis jika telaten mengumpulkan credit.

Madfinger Games juga merujuk alasan mereka pada Google, yang harus segera melakukan sesuatu karena platform mereka yang memang bersifat terbuka, mempermudah banyak orang men-download aplikasi dan game secara gratis dari internet. Dan memang sudah menjadi rahasia umum, itu juga yang menjadi alasan kenapa iOS selalu mendapatkan game – game keren lebih awal (seperti Fieldrunners 2 yang kami ulas sebelumnya), karena aplikasi dan game kopian tidak terlalu mudah penyebarannya di iOS — meskipun kita semua juga tahu, jika iOS ter-Jailbreak juga dengan mudahnya mendapatkan aplikasi dan game kopian. Jadi setelah developer balik modal melalui iOS, baru mereka mem-port untuk Android atau platform lain.

Efek berubahnya status Dead Trigger dari game berbayar menjadi game gratis ini akhirnya berimbas pada review game tersebut, yang menurun pasca digratiskan. User yang sebelumnya memainkan versi $1 merasa keberatan, dan berbondong – bondong merubah review mereka menjadi 1 bintang saja. Ini baru satu developer, bagaimana jika makin banyak developer memutuskan untuk tidak merilis lebih awal game mereka di Android, atau bahkan tidak sama sekali, hanya karena tingginya tingkat pembajakan di platform open source Google tersebut? Sepertinya ini juga kembali pada kita para gamer, paling tidak jika memang sudah mencoba versi kopiannya, belilah game originalnya. Harga $1 untuk game seperti Dead Trigger ini sangat murah lho!

Daftar best selling games di Google Play Store, Final Fantasy III yang harganya $18 masuk di sana, dengan jumlah download lebih dari 50,000 kali... Bayangkan saja berapa yang didapat Square Enix? Semoga juga menarik minat developer game konsol lainnya untuk membuat game, atau sekadar mem-port untuk platform mobile seperti Android.

Namun kita tidak bisa sepenuhnya menilai benar pernyataan Madfinger Games ini. Jika melihat statistik Google Play Store, game seperti Amazing Alex juga berhasil terjual fantastis hingga lebih dari 100 ribu kopi. Harganya pun juga sama dengan Dead Trigger, hanya $1. Sementara yang membuat kami juga berpandangan optimis terhadap Google dengan Android-nya adalah dengan Final Fantasy III, sebuah game port yang aslinya eksis lebih dari 10 tahun lalu, dijual dengan harga $18 (sebenarnya itu sangat mahal untuk sebuah game mobile), masih bisa menduduki salah satu peringkat “Best Selling Games” di Google Play Store. Dan kembali melihat Final Fantasy III tersebut yang sebenarnya juga dirilis tanpa ada iming – iming IAP, semoga makin mendorong developer game mobile lainnya untuk terus berkiprah di Android.

Sumber: Madfinger Facebook


SHARE
Previous articlePoint Blank : “New Update Weapon”
Next articleFitur Baru FIFA 13, Manfaatkan Penggunaan Kinect!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.