Ultima Is Not Dead, Bukan Yang Majalah Loh Ya

Mungkin tidak banyak gamer muda yang mengenal Richard Gariott, tapi bagi mereka yang sudah bermain PC dari jaman DOS, pastinya mengenal pencipta game yang juga dikenal dengan nama Lord British ini. Salah satu game buatannya, Ultima, banyak diakui sebagai salah satu RPG terbagus sepanjang sejarah. Sayangnya semenjak Ultima, Richard Gariott tidak lagi mengeluarkan game yang berkualitas. Game terakhirnya, Tabula Rasa, gagal total di pasaran dan server game ini ditutup hanya dalam kurun waktu dua tahun sejak perilisan. Untungnya ini bukanlah akhir dari seri Ultima. Walau tidak lagi dikembangkan oleh Lord British, tapi rupanya EA dan Bioware tengah bekerjasama untuk membangkitkan franchise legendaris ini. Hasilnya adalah Ultima Forever, sebuah judul baru di seri Ultima yang diciptakan untuk memberi pengalaman bermain Ultima secara online. Yup kamu tidak salah dengar kok, Ultima Forever ini adalah sebuah game online.

Ultima Forever sendiri saat ini dikembangkan untuk iPad dan PC, tapi tidak menutup kemungkinan nantinya juga akan dirilis ke handheld maupun konsol lain. Genrenya tentunya adalah sebuah MMORPG,  seting tempat dan waktunya adalah 21 tahun setelah Ultima IV. Ceritanya Lord British entah ada dimana, yang pasti Britania sekarang dipimpin oleh Lady British. Dan seperti biasa, Britania sedang diambang bencana, dan kali ini dibutuhkan banyak avatar (kamu dan gamer lain) untuk bisa menyelamatkannya.

Satu halyang menjadi ciri khas dari seri Ultima adalah delapan virtue, yaitu semacam aturan dasar yang menuntun kehidupan masyarakat Britania. Nantinya ke delapan virtue ini akan memiliki efek yang besar dalam permainan. Bagaimana kamu memperlakukan NPC ataupun pemain lain akan selalu dinilai berdasarkan ke delapan virtue ini. Sistem pertarungan game ini masih belum terlalu diungkap oleh Bioware, yang pasti nantinya pertarungan akan berjalan secara real time seperti pada game-game action RPG. Ultima Forever rencananya akan dirilis tahun ini juga, dan jika melihat nama besar Bioware, ini bisa jadi akan menjadi awal kebangkitan seri Ultima.

SHARE
Previous articleEureka Seven AO: Jungfrau no Hanabanatachi, Proyek Hybrid Game dan OVA
Next articlePES 2013 Trailer Episode 3: Melihat Kecanggihan Player ID
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.