Uji Coba Ekstrem, Membuktikan Ketangguhan Sony Xperia go!

Mereka yang agak sembrono menggunakan gadget, satu pilihan Sony ini cocok.. Xperia go dibuat tahan banting, air dan juga tahan direndam... Yang punya pengalaman pahit smartphone tidak sengaja masuk kloset, ikut tercuci di mesin cuci, atau jatuh dari atas tangga, masuk kemari deh!

Uji Coba Ekstrem, Membuktikan Ketangguhan Sony Xperia go!

Uji Coba Ekstrem, Membuktikan Ketangguhan Sony Xperia go!

UPDATE: Sumber terpercaya kami mengungkapkan jika Xperia go bakal mulai dijual tidak lama lagi (dalam hitungan hari) oleh Sony Mobile Indonesia dengan harga perdana Rp. 2,999,000!

Akhir Mei 2012 lalu Sony Mobile pertama kali mengenalkan dua smartphone Xperia baru mereka yang diklaim memenuhi sertifikasi IP 67 sehingga tahan benturan, air dan perubahan cuaca ekstrem. Dan keduanya adalah Sony Xperia go ST27 / ST27i (alias Sony Lotus) dan Sony Xperia acro S LT26w (dengan kode nama Sony Hikari), yang bisa dikatakan menjadi penerus langsung Xperia active.

Uji Coba Ekstrem, Membuktikan Ketangguhan Sony Xperia go!

Kami memantau dua Xperia tersebut melalui website Sony Mobile, dan statusnya memang sudah dirilis. Walaupun di pasaran kami masih belum menjumpainya. Namun di Eropa sudah dirilis sejak pertengahan Juli lalu. Sedangkan yang paling dekat dengan Indonesia, di India Xperia go sudah dirilis sejak beberapa waktu lalu, dan bisa kamu pesan melalui situs online India seperti di Flipkart atau di Infibeam. Di sana ponsel yang "dibuat tahan banting" tersebut dijual seharga 18,799 Rupee, atau sekitar Rp. 3,2 juta-an.

Uji Coba Ekstrem, Membuktikan Ketangguhan Sony Xperia go!

Xperia go memiliki rating IP (International Protection Rating, standar daya tahan terhadap benturan benda padat, debu dan juga air) yang tinggi, yaitu masuk rating 67 — atau tahan terhadap debu dan rendaman air sedalam 1 meter selama 30 menit . Berbekal layar Reality anti goresan berbahan Mineral Glass berukuran 3.5 inchi dengan resolusi 480 x 320 pixel, chipset STE NovaThor U8500 dengan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz, dipadukan dengan GPU ARM Mali-400 serta RAM 512MB, untuk menjalankan antar muka berbasis Android 2.3 Gingerbread. Internal storage-nya disediakan kapasitas 8GB, dengan 4GB diantaranya di-reserve untuk sistem, dan 4GB lainnya bisa kamu akses. Jika kurang, jangan kuatir masalah storage seperti Xperia U menimpamu, karena disediakan slot microSD yang bisa diperbesar hingga 32GB.

Uji Coba Ekstrem, Membuktikan Ketangguhan Sony Xperia go!

Layar droid dengan dimensi fisik 60.3 x 111 x 9.8 millimetre dan berat 110 gram ini juga dibekali dengan software image enchantment Bravia Engine. Sayangnya, layar kapasitif yang menampilkan 16 juta warna tersebut selain resolusinya rendah, ternyata kerapatan pixel tiap inchinya kecil, hanya 164.6 pixel/inch saja.

Sony sendiri berjanji (ya ya, mereka kembali berjanji!) bahwa Ice Cream Sandwich bakal meluncur untuk Xperia go. Untuk kamera, Xperia go menerima selongsong 5 megapixel dengan kemampuan wet finger tracking seperti yang diterapkan pada Xperia Active, dimana kamu bisa menggunakan kamera Droid tersebut untuk aktifitas perekaman video bawah air dengan kedalaman yang wajar. Kamera yang dilengkapi LED flash tersebut juga mampu merekam video dengan resolusi HD 1280x720 pixel pada 30 bingkai per detiknya. Kamera depan? Yah, sayangnya seperti Xperia sola, Droid ini pun masih malu diajak berkomunikasi video call/chat! Tidak ada kamera depan... sigh, kenapa selalu nanggung ya spec Xperia akhir - akhir ini :(

Lanjut ke halaman 2... ada video uji coba ekstrem melibatkan Droid tahan banting ini!

Uji Coba Ekstrem, Membuktikan Ketangguhan Sony Xperia go!

Fitur lainnya yang sudah diketahui seperti mampu berlari di jaringan 3G HSDPA dengan kecepatan download hingga 14.4 Mbps, dan upload HSUPA hingga 5.76 Mbps, ada Wi-Fi 802.11 b/g/n yang bisa berfungsi sebagai Hotspot + Wi-Fi Direct, micro-USB v2.0 dengan fungsi langsung USB OTG (fungsi yang sangat berguna untuk Droid minus slot microSD seperti Xperia U), near field communication NFC, kemudian fungsi DLNA melalui WiFi memungkinkanmu dengan mudah berbagi content multimedia dengan perangkat home enterteinment yang mendukung. Semua fungsi tersebut bakal dioperasikan oleh satu baterai dengan kapasitas yang tidak jauh beda dengan Xperia sola dan Xperia U, yaitu 1305 mAh. Demikian jangan berharap banyak mendapatkan daya tahan baterai lama melalui Xperia go ini.

Uji Coba Ekstrem, Membuktikan Ketangguhan Sony Xperia go!

Oh ya, Droid ini sudah dipastikan hadir dengan pilihan warna putih, hitam dan kuning serta bakal dijual dengan nama Xperia Advance di US. Untuk Indonesia, kita tunggu saja, sepertinya tidak lama lagi bakal hadir, mengingat di India sudah dijual bebas. Dan dari keterangan Ditjen Postel melalui preview Xperia tipo dan tipo dual, update terakhir ijin penjualan di Indonesia untuk Xperia go ini (dan juga acro S) adalah 24 Juli 2012 lalu. Bisa jadi memang bakal segera diluncurkan di Indonesia. Apalagi Xperia ion yang juga ada di data Ditjen Postel tersebut sudah dirilis beberapa waktu lalu.

Xperia go - tech specs

httpv://youtu.be/PusWewZpeKQ

Xperia™ go - Made to Resist

httpv://youtu.be/8sx5n6gPeYs

Uji Coba Ekstrem, Membuktikan Ketangguhan Sony Xperia go!

Dan berikut ini satu video ekstrem, yang menunjukkan penggunanya mencoba "menyiksa" Xperia Go melalui beberapa aktivitas review yang tidak sewajarnya untuk sebuah barang elektronik. Langsung saja kamu lihat videonya... dan jangan mencobanya untuk Droidmu yang tidak diakui memiliki standar IP67 ya... hehe! Kami suka mulai menit ke 3, ketika Xperia go dijadikan salah satu pelengkap Ice Cream Sandwich!

Sony Xperia go Outdoor Challenge

httpv://youtu.be/y3v5lN4U0bM

Sumber: Sony Mobile

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU