PES 2013 Demo: Ini Waktunya Kamu Bilang, WOW!

Demo PES 2013 sudah dirilis pada 25 Juli 2012 lalu. Meski demikian, hari ini kita membagikan sedikit pengalaman dari apa yang kira-kira kalian bakal liat dan alami sendiri saat memainkan Demo PES 2013! Pengalaman ini sendiri ditulis berdasarkan hasil yang diperoleh dari teman2 komunitas PES di UK yang sudah sempat merasakan sendiri “preview code” gamenya lebih awal (asik banget ya, uda pada bisa nyobain duluan ^^)

Seperti dari artikel-artikel sebelumnya disebutkan bahwa perubahan yang dilakukan Konami pada PES 2013 adalah lebih kepada aspek gameplay. Apakah langkah tersebut diambil memang sudah direncanakan sebelumnya atau belum, atau mungkin ada pertimbangan lain saat pergantian “team leader” yang baru, atau juga sebagai persiapan dalam menyambut prospek engine baru di tahun depan? Yang pasti Konami sudah menetapkan sebuah langkah yang terbilang berani pada seri PES 2013 kali ini. Bagi kalian yang sudah bisa memainkan demonya, kalian bisa menilai apakah keputusan yang diambil Konami kali ini tepat.

Bagi saya sendiri, saya merasakan begitu banyak aspek gameplay yang berubah dengan perbaikan beberapa elemen yg seringkali mengganggu pada PES 2012. Mulai dari kebebasan memainkan bola, posisi pemain yang terlihat lebih riil, ketepatan dan kepuasaan saat melakukan tembakan, sampai aksi kiper yang begitu reaktif yang tidak pernah ada sebelumnya sehingga menghilangkan rasa “galau” yang sering kali timbul dari seri sebelumnya.

Karena fokus pada aspek gameplay, PES 2013 memiliki tampilan kulit yang sama seperti PES 2012, jadi saat pertama kali ngeliat pasti rasa tidak puas akan muncul ^^ Perubahan mulai terasa saat kita memainkan gamenya karena akan terasa banyak animasi yang ditambahkan atau menggantikan sehingga permainan terasa lebih mulus. Perubahan juga terasa dgn banyaknya variasi operan atau saat melakukan tembakan,  pergerakan pemain, operan saat pemain bergerak pun terasa lebih halus, dan bahkan saat melakukan aksi ke aksi lainnya terasa lebih lancar dibanding seri 2012.