Sony sepertinya ketularan cara Samsung dalam mengisi jeda waktu sebelum meluncurkan flagship baru yang sebenarnya. Seperti dengan Xperia ion yang baru – baru ini dirilis di Indonesia, tak lebih sekadar upgrade minor dengan penambahan slot memory, ukuran layar dan kapasitas baterai. Selain ion, Sony Mobile rupanya juga menyiapkan upgrade minor lainnya untuk flagship Xperia S mereka melalui Xperia SL (dengan kode angka LT26ii).

Pertama kali muncul ke permukaan akhir Juni 2012 lalu melalui data dari Ditjen Postel Indonesia. Tak lama kemudian beberapa press image yang memperlihatkan Xperia SL dengan dua diantara 5 trim warna yang direncanakan Sony, yaitu biru dan merah muda — dua warna yang belum pernah penulis temui digunakan pada jajaran Xperia 2012. Saat itu pun sedikit spesifikasinya kita ketahui. Pada dasarnya seperti Xperia ion (kode angkanya LT28h), isi dari Xperia SL ini sama persis dengan Xperia S (yang memiliki kode angka LT26i). Beberapa perbedaan bisa ditemukan, seperti prosesornya 1.7GHz dengan dual-core, walaupun menggunakan chipset yang sama, Qualcomm MSM8260 (chipset ini memang mendukung kecepatan hingga 1.7GHz), atau lebih dikenal dengan kode nama Snapdragon S3. Sayang ya, kenapa tidak langsung menggunakan Snapdragon S4 saja… :(

Pilihan warna cerah biru dan merah muda pasti menarik kalangan muda. Namun apakah Xperia SL ini memang menyasar kalangan remaja/mahasiswa? Rupanya tidak, karena Sony juga menyediakan beberapa warna lainnya yang lebih umum untuk Droid yang langsung menggunakan Android OS 4.0.4 Ice Cream Sandwich ini, yaitu hitam, perak dan putih. Kemungkinan, masih mungkin sih, juga bakal mendapat upgrade ke Android 4.1 Jelly Bean.

Jika Xperia SL ini jadi dirilis di Indonesia, dipastikan harga Xperia S bakal kembali terkoreksi…

Bak pinang dibelah dengan Xperia S. Keseluruhan detail spesifikasi dan dimensi serta beratnya kemungkinan sama… Namun tentu saja kamu langsung mendapatkan Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich.

Di atas terlihat beberapa foto Xperia SL lainnya dari jarak dekat. Tidak terlihat nyata perubahan dari sisi eksternalnya dibandingkan Xperia S, bahkan mungkin kita akan susah menemukan perbedaannya, kecuali menandai dari warna khas Xperia SL — biru atau merah muda.

Lanjut ke halaman 2 untuk Xperia J, Hayabusa dan Mint…