Bagaimana kabar iPhone 5? Beberapa bulan belakangan kita mendapatkan update dengan rumor yang sepertinya menunjuk pada kemungkinan ukuran tubuhnya, luas layarnya, serta ketebalan iPhone 5 yang dikabarkan bakal pertama kali diluncurkan 12 September 2012 mendatang.

Sebelumnya kita sudah mengetahui jika iPhone 5 menjadi iOS pertama yang menggunakan iOS 6 sebagai sistem operasi utamanya, serta diduga bakal dijalankan oleh chipset quad-core Apple A6. Kemudian perlahan beberapa rumor baru muncul, seperti rencana Apple memperbesar layar iPhone 5 menjadi 4.08 inchi dengan resolusi 1136 x 640 pixel, melalui aspect ratio 16:9, dan meskipun berukuran lebar, keterangan layarnya masih dijaga hingga 500 nits (atau setara iPhone 4S). Resolusi tersebut walaupun masih belum masuk kategori HD, namun masih tetap terlihat detail karena kerapatan per pixel-nya 319 PPI, masih mampu menjaga label layar Retina, sekaligus meninggalkan aspect ratio lawas 3:2 pada iPhone sebelumnya. Oh ya, resolusi 1136 x 640 pixel memperlihatkan jika pixel horizontal iPhone baru ini masih sama dengan sebelumnya, dengan tujuan untuk menjaga kompatibilitasnya dengan aplikasi yang dikembangkan untuk iPhone 4S.

Detail lainnya mengenai besar kamera dan ketebalan iPhone 5. Banyak sumber menyebutkan jika kamera depan iPhone  5 bakal menggunakan resolusi HD, untuk memberi kepuasan mereka para pengguna FaceTime. Sedangkan kamera depan tersebut juga sedikit digeser posisinya dari sisi kiri menjadi agak ke tengah mendekati lubang earpiece (seperti pada iPod Touch). Kamera utamanya sendiri menggunakan sensor 8 megapixel serta 5 elemen lensa seperti pada 4S, namun dengan bukaan lensa yang lebih besar, f/2.2 (saat ini f/2.4). Dengan aparture yang meningkat, makin banyak cahaya yang bisa mencapai sensor dan meningkatkan kemampuannya dalam mengambil foto di dalam ruangan minim cahaya.

Sedangkan untuk profil tubuhnya, iPhone baru ini diduga dibuat sangat tipis, hanya 7.9 mm saja, yang mana lebih tipis dari iPhone 4S dengan ketebalan 9.3 mm. Ada juga yang mencoba mengaplikasikan resolusi baru layar iPhone 5 tersebut melalui iOS simulator dan iOS 6 beta, dan ternyata kebanyakan aplikasi untuk iOS 6 begitu pas masuk pada resolusi baru tersebut, sekaligus menunjukkan bagaimana kira – kira penataan antar muka homescreen-nya. Didapatkan homescreen iPhone 5 menampung 20 ikon (tidak termasuk ikon di dock), sedangkan pada iOS 5 hanya mendukung 16 ikon. Dan di bawah ini kamu bisa melihat bagaimana layout keyboard iPhone 5 kira – kira dalam posisi landscape.

walaupun banyak aplikasi iOS 6 bakal muncul dan memanfaatkan resolusi baru tersebut, namun ada juga beberapa aplikasi legacy, alias aplikasi lama yang memperlihatkan kotak hitam di bagian atas dan bawahnya. Entah apakah Apple berencana merubah aplikasi tersebut sebelum merilisnya, atau apakah mereka bakal mencari cara untuk memperbesar aplikasi legacy tersebut masih belum diketahui. Namun yang jelas langkah Apple untuk masalah ini bakal sangat penting bagi para developer aplikasi, apakah mereka harus merilis update aplikasinya yang mendukung resolusi baru, atau tidak perlu dan ditampilkan dengan dua kotak hitam di atas dan bawahnya. Seperti terlihat contohnya di bawah.

Kemudian satu fitur lainnya yang terlihat melalui iOS 6 beta adalah opsi untuk menggunakan jaringan data selular untuk mendukung koneksi WiFi yang mungkin sedang tidak stabil. Dan fitur baru ini disebut “Wi-Fi Plus Cellular,” yang bisa diakses melalui Settings->General->Cellular dan kemudian pilih opsi data network bisa digunakan untuk mendukung koneksi yang kurang bagus, seperti misalnya saat berada di hotspot yang crowded atau yang sinyalnya lemah.

Sumber: Apple Insider, Gizmondo, Sonydickson