Besok waktu setempat, Gamescom 2012 akan mulai dihelat di Cologne, Jerman. Dari tahun ke tahun semenjak pertama kali dihelat pada 2009 lalu, Gamescom terus menunjukkan peningkatan baik dari sisi jumlah peserta pameran, maupun juga dari jumlah pengunjung. Tahun ini saja, tercatat ada 270 peserta yang akan mengikuti pameran dengan menampilkan produk andalannya masing-masing.

Bagaimana dengan nama-nama besar seperti EA, Ubisoft ataupun Sony? Apa saja yang akan mereka bawa dalam acara tahun ini?

Diawali dengan EA, mereka akan membuka acara Gamescom 2012 ini, dimana Frank Gibeau sang Presiden akan memberikan presentasi mengenai perubahan yang ada di industri game sekarang. Dilanjutkan dengan media briefing pada hari Selasa pukul 3 waktu setempat, yang menurut kabar rencananya dalam kesempata tersebut mereka akan mengkonfirmasikan minimal satu game baru yang belum pernah dikonfirmasikan sebelumnya. Beberapa game lain yang akan menemani game baru tersebut antara lain Crysis 3, FIFA 13, EA Sports FIFA Manager 13, Medal of Honor Warfighter, Need for Speed Most Wanted, Star Wars: The Old Republic dan SimCity.

Nintendo dan Microsoft sudah mengkonfirmasikan, bahwa mereka tidak akan hadir dalam perhelatan kali ini. Jadi, press conference dari Sony sepertinya tidak akan memiliki pesaing yang berarti. Dalam perhelatan tahun-tahun sebelumnya, Sony selalu menjadikan Gamescom sebagai ajang untuk memperkenalkan hardware baru, sebut saja PS3 Slim pada tahun 2009 dan PSP murah pada 2010. Tahun ini, sepertinya mereka juga akan mengkonfirmasikan hardware baru. Hal ini didasari pada pernyataan Sony sendiri, yang menyatakan bahwa mereka siap untuk menunjukkan masa depan dari Playstation. PS 4 mungkin?

httpv://www.youtube.com/watch?v=z2qBjj7cA2k

Developer dan Publisher lain yang juga akan ambil bagian dalam acara kali ini antara lain Ubisoft, Namco Bandai, Square Enix, dan Activision. Ubisoft akan membawa Assassin’s Creed 3, Assassin’s Creed: Liberation, Far Cry 3, Tom Clancy’s Ghost Recon Online, Rayman Legends dan ZombiU, dan akan melakukan press conference pada hari Rabu sore. Namco Bandai juga akan membawa banyak amunisi dalam perhelatan kali ini, dengan judul-judul seperti Tekken Tag Tournament 2, One Piece Pirate Warriors, Dark Souls: Prepare to Die Edition, Tales of Grace F, Ni No Kuni: Wrath of the White Witch dan Tank! Tank! Tank!

Bagaimana dengan Square Enix? Kabarnya, mereka akan membawa presentasi gameplay perdana dari Final Fantasy XIV: A Realm Reborn. Selain itu, mereka juga akan membawa demo dari Hitman: Absolution, Tomb Raider dan Sleeping Dogs. Gamer mobile juga siap-siap dimanjakan, karena kabarnya mereka juga akan membawa barisan game mobile andalan yang akan dirilis seperti Final Fantasy Dimensions.

Sudah tidak sabar menyambut Gamescom 2012? Ikuti terus berita dan update terbaru tentang Gamescom 2012 di Duniaku.net mulai besok!

[Sumber: CVG]