Gamescom 2012: SimCity Menuju Mac, dan Android Makin Dimanjakan EA Melalui Origin

Pertama kali dikonfirmasikan selama Game Developers Conference 2012, SimCity telah mengundang antusias penggemar SimCity. Saat itu hanya PC yang dikonfirmasikan menjadi platformnya. Namun kini EA menambahkan Mac sebagai platform kita bisa memainkannya nanti.

Gamescom 2012: SimCity Menuju Mac, dan Android Makin Dimanjakan EA Melalui Origin

Gamescom 2012: SimCity Menuju Mac, dan Android Makin Dimanjakan EA Melalui Origin

Pertama kali dikonfirmasikan selama Game Developers Conference 2012 6 Maret lalu, SimCity telah mengundang antusias penggemar SimCity. Serial simulasi membangun kota ini masih ditangani Maxis, yang sejak 1997 lalu telah menjadi bagian Electronics Arts. Menjadi reboot, dan game utama keenam dari serial SimCity, hanya satu yang menjadi pertanyaan ketika game ini dikonfirmasikan. Saat itu hanya PC yang menjadi platformya ketika dirilis Februari 2013 mendatang, Padahal sejak seri pertamanya, SimCity juga muncul di Mac.

Tidak sampai kemarin. Melalui event game tahunan terbesar di dunia, gamescon 2012, Electronics Arts mengkonfirmasikan jika SimCity dipastikan juga muncul untuk Mac nantinya, dalam bentuk digital download melalui layanan download milik EA, yaitu Origin (sebelumnya disebut EA Store). Tentu kabar ini melegakan, terutama bagi mereka yang memainkan seri pertama franchise EA ini di platform Apple beberapa dekade lalu.

Gamescom 2012: SimCity Menuju Mac, dan Android Makin Dimanjakan EA Melalui Origin

Selain kabar SimCity menuju Mac, dari pernyataan EA selama press conference mereka di gamescom 2012 kita juga mengetahui bahwa EA tidak ketinggalan memanjakan platform lain seperti Android, Smart TV dan Facebook, yang pasti bakal mendapatkan banyak game versi digital milik EA, karena memang portal Origin tersebut juga bakal dirilis untuk Android -- dengan fitur seperti akses ke game free-to-play, digital content, live video, dan juga dashboard khusus untuk aplikasi tersebut. EA menambahkan sehubungan digital download, jika Origin kini memiliki lebih dari 500 game dan juga lebih dari 50 partner lain. Achievement pun sudah disiapkan untuk versi digital ini bersama Origin.

Layanan Origin sendiri mirip seperti Steam, dimana game di-download langsung dari portalnya ke perangkat masing - masing, dan EA juga yakin layanan tersebut bakal berkembang besar tanpa mendompleng nama market khusus seperti PlayStore untuk Android. Dan jika Origin dirilis untuk Android, maka semua game EA yang eksis di PlayStore seperti Dead Space, nantinya ditarik peredarannya dari PlayStore -- sementara ini Origin untuk platform selain PC dan Mac OS X, dijadwalkan rilis tahun depan. Kemudian statistik terkini, game yang paling laris di layanan tersebut adalah Star Wars: The Old Republic dan Battlefield 3.

Gamescom 2012: SimCity Menuju Mac, dan Android Makin Dimanjakan EA Melalui Origin

Lebih jauh mengenai EA dan gamescon, bisa kamu cek video press conference mereka berikut ini yang menampilkan sedikit cuplikai game EA lainnya seperti Dead Space 3, selain juga kami berikan trailer terbaru SimCity yang juga muncul dalam event tersebut.

EA's Gamescom Press Conference 2012

[youtube id="oS2V1G3qomE"]

Simcity: Gamescom 2012 Trailer

[youtube id="zzJz4U-KeJ8"]

Sumber: EA Origin, Origin Mobile 

ARTIKEL TERBARU