stdClass Object ( [error] => stdClass Object ( [message] => (#4) Application request limit reached [type] => OAuthException [code] => 4 ) ) fb : 0 tw : 2 pt : 0 in : 1

14

post meta:14result : postmeta old
SocialPresence

[Ultralist Spesial Kemerdekaan] 10 Tokoh Internasional yang Tindakannya Memungkinkan Indonesia Merdeka


Hello citizen duniaku, Indonesia dapat meraih kemerdekaan bukan hanya karena disebabkan perjuangan para pahlawan bangsa namun sangat dipengaruhi kondisi geopolitik internasional pada saat itu. Kondisi geopolitik yang berkembang pada saat itu yaitu pamungkas perang dunia ke 2 dimana Jepang menyerah tanpa syarat kepada tentara sekutu dalam front pasifik dan bertekuk lutunya Jerman dalam teater eropa. Dalam panggung politik dunia tersebut banyak sekali tokoh yang berperan sehingga memungkinkan Indonesia meraih kesempatan untuk memerdekakan diri. Yuk tengok 10 tokoh internasional yang tindakannya  memungkinkan Indonesia merdeka dalam artikel ultralist spesial kemerdekaan ini.

 

10.  Josef Stalin

Stalin adalah Sekretaris Jendral Partai komunis di USSR yang merupakan salah satu pemenang perang dunia ke 2 bersama negara sekutu yang lain. Walaupun Stalin adalah salah satu tokoh yang sangat kontroversial karena melakukan banyak kejahatan perang dan kemanusiaan, perannya dalam kemenangan sekutu dalam perang dunia ke 2 tidak terbantahkan lagi sangat sentral. Kemenangan sekutu di panggung Eropa adalah salah satu alasan kenapa jepang menyerah yang akhirnya memungkinkan Indonesia merdeka.

 

9. Chiang Kai Sek

Chiang Kai Sek adalah pemimpin Negara Cina dengan haluan nasionalis sampai tahun 1948, dimana setelah itu akibat kalah perang dengan Mao Zedong yang berhaluan komunis, Chiang melarikan diri ke Taipei yang kita kenal sekarang sebagai Taiwan. Walaupun sebenarnya kepentingan utamanya adalah mematahkan invasi jepang atas Cina daratan, kontribusi Chiang dalam kemenangan pasukan sekutu atas jepang dalam perang pasifik sangat luar biasa. Kekalahan Jepang di daratan cina adalah salah satu hal yang memungkinkan jepang memberikan tawaran kemerdekaan di Dalat, Saigon (vietnam) untuk kemerdekaan Indonesia.

 

8. Karl Donitz

Karl Donitz adalah suksesor Adolf Hitler sebagai Kepala Negara dengan gelar President dan Pemimpin Tertinggi Militer Jerman pada rezim masa Nazi. Memulai karirnya sebagai perwira angkatan laut, kesuksesan dalam hampir semua operasi mengantarkan Donitz dengan cepat dalam lingkaran kekuasaan di masa itu. Donitz meraih tampuk kepemimpinan pasca bunuh dirinya Hitler. Keputusannya untuk cepat menyerah kepada sekutu menghindarkan perang gerilya berkepanjangan yang berpotensi terjadi bertahun tahun. Menyerahnya Jerman pada tangga 7 Mei 1945 adalah instrumen yang memungkinkan kemenangan sekutu atas perang dunia di front pasifik.

 

7. J Robert Oppenheimer

Oppenheimer bersama dengan Enrico Fermi dikenal sebagai Bapak Nuklir dunia. sebagai fisikawan yang mengajar di unversitas Berkeley California, salah satu karya puncaknya adalah mengarahkan tim fisikawan yang menciptakan bom atom dalam sebuah Manhattan Project.  Penemuan Bom Atom ini memungkinkan pemboman dua kota jepang yaitu Nagasaki dan Hiroshima yang mengantarkan menyerahnya Jepang dengan cepat di panggung pasifik. Banyak sejarahwan memperkirakan bila Jepang tidak di Bom Atom, perang dunia ke 2 di panggung pasifik akan berlarut larut sampai bertahun tahun.

 

6. General of The Army George Marshall

Merupakan salah satu dari 5 Jendral USA pada masa perang dunia ke 2 yang menyandang pangkat General of The Army (Bintang 5). George Marshall merupakan salah satu konduktor kemenangan USA di panggung perang dunia 2. Perannya yang sentral dalam peperangan juga dilengkapi kontribusi sebagai kepala USMC (United States Marine Corps) yang memfasilitasi dan memungkinkan terjadinya penciptaan Bom Atom di Manhattan Project. Penciptaan bom atom ini yang kelak mengantarkan Jepang bertekuk lutut di depan sekutu.

 

5. Kaisar Hirohito

Merupakan kaisar yang memimpin jepang  pada periode 1926-1989 sebagai kepala negara pada masa perang dunia ke 2. Hirohito adalah tokoh utama yang mendorong partisipasi jepang dalam perang dunia. Keputusan cepatnya untuk menyerah kepada sekutu pasca pemboman pada Nagasaki dan Hiroshima menghindarkan jutaan korban perang di kedua pihak, baik sekutu maupun kekaisaran jepang. Keputusan menyerah ini yang memberikan kesempatan bagi tokoh indonesia untuk bernegosasi atas kemerdekaan di Dalat dan akhirnya memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada saat yang sangat tepat.

 

4. Albert Einstein

Dikenal sebagai salah satu ilmwuan terbesar sepanjang masa, Albert Einstein berkontrbusi besar dalam penciptaan bom atom yang akhirnya mengakhiri perang dunia kedua. Dari teori relativitasnya yang terkenal e=mc2 memberikan landasan bagi ilmuwan pada jaman itu untuk menciptakan bom atom. Surat pribadi yang disusun bersama Leo Szilard dan Eugene Wigner kepada Presiden Franklin D Roosevelt menjadi latar belakang manhattan project yang melahirkan Bom Atom 6 tahun kemudian.

 

3. Franklin D Roosevelt

Presiden di masa perang dunia 2 dan salah satu Presiden terbaik USA, Franklin Delano Roosevelt atau lebih dikenal sebagai FDR adalah tokoh politik sentral dalam perang dunia 2. Perannya yang luar biasa dalam panggung perang paling berdarah yang dikenal umat manusia ini mengantarkan kemenangan sekutu atas Jepang yang menjajah Indonesia mulai tahun 1945. Persetujuannya untuk berperang dengan jepang dan inisiasi Manhattan project memungkinkan penerusnya yaitu Harry S Truman memenangi perang Dunia 2.

 

2.  General of The Army Douglas Mc Arthur

Salah satu penyandang gelar jenderal bintang 5 di masa perang dunia ke 2. Mc Arthur adalah pemimpin tertinggi pasukan sekutu dalam perang dunia 2 di teater pasifik melawan Jepang. Keputusan keputusannya yang luar biasa memberikan harapan pasukan sekutu yang awalnya tertekan invasi jepang menjadi kemenangan mutlak. Sebagai jenderal yang memimpin perang pasifik Mc Arthur juga menjadikan Indonesia yang strategis sebagai basis pangkalan. Salah satu basis pangkalan sekutu pada masa itu adalah di Biak yang sampai sekarang masih banyak memiliki sisa sisa perang dunia 2.

Sebagai pemimpin tertinggi sekutu beliau menandatangi perjanjian menyerahnya jepang pada Battleship Iowa Class – Missouri yang menandai berakhirnya perang dunia 2 di teater pasifik secara formal. Kepemimpinannya yang karismatik dan bijaksana juga dikagumi oleh warga jepang pada masa pasca perang yang mana beliau adalah satu satunya jenderal yang disebut sebagai pemimpin oleh masyarakat jepang

 

1. Laksmana Maeda Tadashi

Sebagai pemimpin militer tinggi jepang di Indonesia pada masa pendudukan, Laksmana Muda Maeda mempunyai peran yang sangat penting dalam kemerdekaan Indonesia yaitu bersedia memberikan jaminan keamanan pada pemimpin Indonesia pada masa itu untuk dapat menyusun teks proklamasi dan bahkan bersedia meminjamkan rumahnya untuk rapat persiapan proklamasi.

Tindakan yang nampaknya tidak signifikan ini memberikan perbedaan besar terhadap masa depan Indonesia, jikalau beliau tidak bersedia menjamin keamanan pemimpin kita pada masa itu besar sekali kemungkinan pasukan jepang yang masih bersenjata lengkap  dapat mengancam keselamatan tim persiapan kemerdekaan. Motif pasukan jepang untuk menyabotase proklamasi juga sangat besar karena ada perintah dari tokyo pada 16 agustus 1945 untuk menjaga status quo indonesia dengan segala cara.

Tindakan Maeda dipercaya didorong oleh semangat samurainya untuk agar Jepang tidak menjilat ludah sendiri setelah Marsekal Terauchi di Dalat berjanji memberikan kemerdekaan kepada Indonesia pada kesempatan sebelumnya.

 

Honorable Mention : Enrico Fermi, Mao Zedong, Alfred Jodl, Nikita Kruschev

Sumber : wikipedia, sumber sumber lain

Demikian daftar 10 tokoh internasional yang tindakannya memungkinkan Indonesia merdeka, tindakan tindakan tersebut memungkinkan tokoh Indonesia mendapatkan kesempatan dan momentum yang pas untuk memproklamirkan kemerdekaannya.


Tags: , ,
Kategori: NASIONAL