Seperti yang sempat kita ulas sebelumnya, akhirnya Sony Mobile mengenalkan Sony Xperia SL (dengan kode angka LT26ii). Upgrade minor lainnya untuk flagship Xperia S ini pertama kali muncul ke permukaan akhir Juni 2012 lalu melalui data dari Ditjen Postel Indonesia. Tak lama kemudian beberapa press image yang memperlihatkan Xperia SL dengan dua diantara 5 trim warna yang direncanakan Sony, yaitu biru dan merah muda — dua warna yang belum pernah penulis temui digunakan pada jajaran Xperia 2012.

Saat itu pun sedikit spesifikasinya kita ketahui. Pada dasarnya seperti Xperia ion (kode angkanya LT28h), isi dari Xperia SL ini sama persis dengan Xperia S (yang memiliki kode angka LT26i). Beberapa perbedaan bisa ditemukan, seperti prosesornya 1.7GHz dengan dual-core, walaupun menggunakan chipset yang sama, Qualcomm MSM8260 (chipset ini memang mendukung kecepatan hingga 1.7GHz), atau lebih dikenal dengan kode nama Snapdragon S3. Sayang ya, kenapa tidak langsung menggunakan Snapdragon S4 saja… :(

Seharusnya menurut rencana Sony baru mengkonfirmasikan Xperia SL ini bersama beberapa lineup Xperia 2012 terbaru dalam sebuah event khusus sebelum mereka turut serta dalam Internationale Funkausstellung Berlin (IFA), yang bakal digelar 31 Agustus – 5 September 2012 mendatang di Jerman. Press conference pre-IFA dari Sony itu dikabarkan bakal resmi mengungkap beberapa Xperia lain yang belum dikonfirmasikan sepanjang 2012 ini. Kemungkinan besar seperti Sony ST26i Xperia J, LT26ii Xperia SL, dan juga yang membuat penasaran adalah Xperia LT29i Hayabusa dan Xperia LT30i Mint (belakangan keduanya disebut sebagai Xperia TX dan Xperia T) yang mengusung kamera 13 megapixel dan layar HD 720p 4.6 inchi, serta layar HD 720p 4.3 inchi untuk Mint (bukan 4.55 inchi seperti pernyataan kami sebelumnya), dan keduanya menggunakan chipset Snapdragon S4, melalui Qualcomm MSM8960T yang GPU-nya Adreno 320!

Namun rupanya Sony Mobile diam – diam mengkonfirmasikan lebih dahulu Xperia SL ini melalui website global mereka yang bisa kamu akses di www.sonymobile.com. Dan benar seperti diduga sebelumnya, Sony Xperia SL tidak lain didesain berdasarkan Sony Xperia S (dan benar, rasa agak tidak nyaman ketika menggenggamnya pun sama), namun datang dengan CPU yang lebih cepat. Chipset dual-core Qualcomm Snapdragon S3 tersebut dipatok berjalan pada kecepatan 1.7GHz, bukanya 1.5GHz. Sisa spesifikasinya pun identik dengan Xperia S.

Demikian karena identik Xperia S, kamu mendapatkan internal storage 32GB (minus slot microSD), Adreno 220 GPU dan 1 GB of RAM. Layar berukuran 4.3 inchi dengan resolusi 1280 x 720 pixel menguasai bidang depannya. Seperti biasa, layar tersebut dilapisi mineral glass dan didukung software pemrosesan gambar Bravia Engine. Kamera utama 1.3 megapixel untuk video call/chat, sensor proximity, namun tidak sensor ambient light, demikian kamu tidak mendapatkan opsi pengendali otomatis kecerahan layar. Sementara kamera utamanya juga sama dengan Xperia ion serta Xperia S, dengan sensor 12 megapixel.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich dengan dimensi 128.0 x 64.0 x 10.6 mm dan berat 144 gram ini juga ditawarkan dengan beberapa pilihan warna baru, tidak seperti pendahulunya. Seperti diketahui dari website-nya, ada warna merah muda selain putih, hitam dan abu – abu pada Xperia S. Sayang di halaman web Sony Mobile tersebut tidak disebutkan kapan bakal dirilis. Namun melihat data dari Ditjen Postel Indonesia, Droid ini sepertinya tidak lama lagi juga hadir di Indonesia.

Sumber: Sony Mobile

30 keseluruhan 1 dilihat hari ini