12

post meta:12result : api
SocialPresence

Nikon Coolpix S800c: Berbekal Android, Smartcamera Kembali Menantang Smartphone

  • Urameshi Oleh :
  • 2 tahun yang lalu
  • Dibaca 528 kali

Android menyusup ke kamera digital? Sepertinya asing ya, walaupun penulis yakin tahun depan bakal lebih banyak kamera digital pintar yang diciptakan, terutama oleh mereka produsen yang memang basis produksinya hanya kamera konvensional. Wajar saja, karena penetrasi smartphone yang begitu cepat mengimplementasikan lensa kompak setara kemampuan kamera point-and-shoot, membuat produsen kamera digital harus mengantisipasinya dengan kamera yang juga secerdas smartphone. Kodak Polaroid pernah mencobanya melalui Polaroid SC1630. Kali ini giliran Nikon yang mengkonfirmasikan Coolpix S800c – kamera kompak dari perusahaan global pertama yang juga menginjeksikan kemampuan sistem operasi Android di dalamnya.

Di satu sisi, Coolpix S800c merupakan kamera point-and-shoot. Kemampuan fotografinya mengandalkan sensor BSI CMOS 16 megapixel, lensa 25-250mm, 10x optical zoom, yang mampu merekam video dengan kualitas HD 1080p, layar viewfinder dan interaksi antar mukanya melalui touchscreen berbahan OLED berukuran 3.5-inchi, kameranya juga diproses menggunakan prosesor khusus EXPEED C2, serta tidak ketinggalan sarana komunikasi melalui Bluetooth, GPS dan Wi-Fi. Sedangkan di sisi lain, kamu mendapati antar muka smart camera ini dijalankan oleh Android 2.3 Gingerbread, serta didukung oleh memory internal 2GB, dimana 690MB diantaranya telah diambil untuk menjalankan Android 2.3.

Berkat hibrida dua dunia tersebut, Coolpix S800c juga mendapatkan dua mode pengoperasian. Pertama disebut camera mode, yang dijalankan seperti tipikal kamera Nikon lainnya, namun kini antar mukanya bisa kamu kendalikan melalui touchscreen. Sedangkan pengoperasian kedua adalah mode Android, yang menjadikan layarnya menyajikan antar muka Android berukuran mini, dimana kamu bisa menemukan semua aplikasi favoritmu dari Play Store. Memang tidak ada modul GSM yang memungkinkan koneksi data via jalur 3G di sini, namun Wi-Fi cukup bisa menggantikannya.

Lanjut ke halaman 2


Tags: , , , , , , ,
Kategori: TEKNO