Growlanser Wayfarer of Time, Kesempatan Langka Mainkan Versi US-nya

Atlus memang benar-benar ingin memanjakan penggemarnya, dengan merilis versi US dari Growlanser IV: Over Reloaded, versi port dari Growlanser IV ke PSP. Berjudul Growlanser: Wayfarer of Time, game ini tetap mengusung ciri khas serial Growlanser yakni jalan cerita kompleks penuh dengan intrik, gameplay kompleks yang memadukan real-time strategy dengan taktik, beragam event dan cutscene yang berujung pada 40 ending berbeda, wow.

Pertarunganlah yang menjadi nilai utama game ini. Bagi kamu yang kurang menyukai pertarungan lambat, mungkin lebih baik tidak memainkannya karena kesabaran menjadi kunci utama memenangkan pertarungan, selain taktik yang tepat tentunya. Karena tiap pertarungan memiliki obyektif yang berbeda-beda, terutama untuk pertarungan yang berkaitan dengan skenario utama. Apa yang membuatnya unik adalah jalan cerita akan berubah tergantung dari aksimu di tengah pertarungan. Permainan akan terus berlanjut terlepas dari hasil pertarungannya, sehingga memberikan kesan mendalam bagaimana tindakan kita di sini bisa benar-benar berpengaruh terhadap permainan.

Saat tidak bertarung, kamu bisa berinteraksi dengan karakterlain melalui sistem Furlough. Kamu bisa memilih karakter mana yang diajak berinteraksi, dan menaikkan tingkat hubungannya dengan karakter utama, akhirnya mengantarkan pada ending tertentu. Selain itu juga ada sistem Dollhouse untuk memelihara Familiar (makhluk mirip peri) yang bisa membantu party dengan berbagai cara.

Atlus memberikan usaha terbaiknya untuk melokalisasi game ini, karena begitu banyak teks di dalamnya. Terlebih saat cutscene, dimana tampilan artwork karakter yang cantik ditampilkan dengan animasi yang memukau dan disuarakan oleh voice actor yang cukup berkompeten. Sayang, urusan voice actor ini saya rasa masih kurang dibandingkan versi Jepangnya, terutama ketika pertempuran berlangsung dimana para seiyuu benar-benar menghayati karakternya hingga saat pertempuran.

Selain itu grafisnya juga terasa agak ketinggalan zaman. Kontras dengan artwork cantik karakternya, tampilan background terkesan repetitif dan agak kabur. Dari sisi suara, musiknya cukup memanjakan telinga terutama musik saat pertempuran berlangsung. Hanya saja musik di kota-kotanya tidak terlalu memorable menurut saya. Pastinya kamu penggemar game strategy terutama penggemar fanatik serial Growlanser, game ini patut dimainkan. Karena tidak ada lagi versi US dari Growlanser IV selain game ini.

+ Artwork karakter yang cantik dan memanjakan mata dari Satoshi Urushihara
+ Satu-satunya versi Growlanser IV yang dirilis untuk pasar US sehingga memudahkan mencerna cerita
+ Skenario utamanya menarik dan adiktif untuk diikuti

Sistem pertarungan yang rumit, menggabungkan RTS dengan strategy RPG
Tampilan visualnya terasa agak ketinggalan jaman, dan beberapa background terkesan kabur

SHARE
Previous articleLuna Plus : “Lebaran Sale”
Next articleYuk Intip Demo 15 Menit Lost Planet 3!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.