Perkawinan Silang LEGO dan Minecraft

Siapa yang nggak kenal Minecraft? Nah, apa jadinya kalau Minecraft ini diwujudkan dalam bentuk fisik, dan kompatibel dengan LEGO? Wah, tentu akan sangat menarik.

Dalam artikel ini, saya berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Elwin Setiadi, admin IndoTransformer Toy Store, yang jatuh cinta LEGO lahir batin. Elwin sudah mencoba sendiri menyusun LEGO Minecraft yang seru ini. Yuk, kita simak reviewnya:

Specs:

nomor set : 21102
nama set : Micro World
tahun release : 2012
tema : game
jumlah parts : 480+instructions+orange brick separator
jumlah minifig : 0
link brickset : http://www.brickset.com/news/article/?ID=2505
harga resmi: 35usd (lego.com)
harga beli: 600rb (tokolego surabaya)

21102 LEGO CUUSOO#3 Minecraft Micro World ini adalah produk ketiga dari CUUSOO project. Buat yang belum tahu, CUUSOO adalah komunitas semacam Kickstarter, di mana para fans LEGO dapat memamerkan karya dan proposalnya untuk dijadikan produk resmi dari LEGO apabila project itu mendapatkan cukup banyak voting dari fansnya. Setidaknya diperlukan 8.000 vote agar project dapat masuk dalam review. Itupun masih banyak lagi persyaratan yang harus dipenuhi agar project itu bisa direalisasikan. Lebih lengkapnya bisa masuk ke webnya LEGO CUUSOO.

Minecraft sendiri adalah sebuah game di PC, Mac, Xbox Live Arcade, Android/iOS dari developer kecil dengan nama Mojang. Yang merupakan salah satu sukses story di dunia game indie. Uniknya, tema Minecraft sendiri memang mirip lego. Pemain menentukan sendiri tujuannya apa, dan bisa meremake dunianya sesuai keinnginan pemain dengan menggunakan batu 1×1 yang materialnya ada berbagai macam dan bisa dicampur-campur untuk membentuk material baru.

Parts set LEGO Minecraft ini kebanyakan terdiri dari 1×1 tile dan plate, dominasi warna bluish grey, dark bluish grey, lime, & green. Ada beberapa 1×2 brick dan 1×3 brick, kebanyakan blusih gray tile untuk mengisi bagian gua bawah tanahnya.

Kalau di gamenya, setiap benda yang ada terbaut dari kubus ukuran 1×1 yang disusun-susun. Di set ini, kubus itu direpresentasikan dengan 2 1×1 plate dengan 1 1×1 brick diatasnya. Kreatif ya?

World 1
Image

World 2
Image

World 3
Image

World 4
Image

Masing-masing ‘dunia’ besarnya 6×6 studs, dan tingginya kira2 5 brick. terdiri dari ‘underworld’ dan ‘upperworld’ yang gampang di lepas pasang dan ditukar antara dunia untuk membuat kofigurasi sesuka hati. Kira-kira setiap dunia perlu 20-25 menit dari 0 sampai jadi. Itu juga yang membuat susah, karena bungkusan parts-nya tidak dibungkus untuk per ‘dunia’. Jadi lumayan juga waktu nyari parts kecil-kecil yang tertimbun.

1
2
SHARE
Previous articleMembedah Isi Black Ops II Care Package Edition!
Next articleAvalon Online : “Login Weekly Agustus 2012”
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.