Core Online, Layanan Cloud Gaming Baru Dari Square Enix

Onlive memang tidak bisa dibilang sukses, tapi hal tersebut tidak menghentikan para raksasa industri game untuk terus menawarkan layanan cloud gaming. Sony, sudah membeli Gaikai dan berencana untuk mengimplementasikan layanan cloud gaming di PS4, begitu juga dengan Microsoft yang sedang merencanakan layanan serupa untuk Xbox 720. Tapi rupanya Square Enix lah yang akan mengambil langkah selanjutnya dalam meramaikan fitur layanan cloud gaming. Kemarin Square Enix baru saja meresmikan peluncuran Core Online, yang tentunya adalah sebuah layanan cloud gaming. Seperti halnya sebagian besar layanan cloud gaming lainnya, Core Online menjanjikan pengalaman bermain game-game “papan atas” langsung dari web browser Anda (web browser yang di support adalah Chrome, Firefox, dan IE), tanpa perlu menginstall dan mendownload. Semua data akan disimpan di server Core Online, jadi kamu bisa memainkan game mu dari mana saja.

Untuk sementara ini Core Online hanya memiliki dua game yang bisa dimainkan yaitu Mini Ninjas dan Hitman Blood Money, tapi Square Enix berjanji untuk menambahkan berbagai game lain. Lara Croft: Guardian of Light akan dirilis bulan Oktober, sementara itu Gyromancer dan Tomb Raider: Underworld sedang dikembangkan dan akan dirilis secepat mungkin.

Dua hal yang saya kira menjadi alasan kegagalan layanan cloud gaming seperti ini adalah judul game yang sedikit dan kurang menarik, serta biaya yang terlalu mahal. Untuk alasan yang pertama, Square Enix harus berusaha lebih keras lagi, karena merilis layanan cloud gaming hanya dengan dua judul game yang biasa-biasa saja jelas bukanlah tindakan yang cerdas. Tapi untuk alasan yang kedua, Square Enix sepertinya sudah melangkah ke jalan yang benar. Selain bisa membeli baik game secara keseluruhan maupun sebagian game (bisa dibeli tiap levelnya), Core Online juga menawarkan cara untuk bermain dengan gratis. Cukup dengan melihat iklan yang disediakan, maka kamu akan mendapat tambahan jam waktu bermain. Misalnya, menonton iklan dari Samsung sepanjang 7 detik akan memberimu tambahan waktu bermain selama 5 menit, menonton iklan dari Kohl sepanjang 1 menit 17 detik akan memberimu waktu bermain selama 30 menit, dst. Artinya selama kamu rela menonton iklan, kamu akan bisa bermain secara gratis. Cukup menarik bukan?

SHARE
Previous articleIFA 2012: Galaxy Note II Buktikan Diri Sebagai Penerus yang Handal
Next articleRolling Babaa, Puzzle Kreatif dengan Grafis Menarik!
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.