IFA 2012: LG Optimus G Menggoda Berkat Snapdragon S4 Quad-Core dan Adreno 320

Salah satu event besar dalam bidang teknologi informasi kembali digelar. Internationale Funkausstellung Berlin (IFA), atau bisa disebut juga sebagai Berlin Radio Show yang bakal digelar 31 Agustus – 5 September 2012 besok di Berlin, Jerman. Merupakan salah satu pameran industri tertua di Jerman, yang kini diadakan setiap tahun sebagai ajang industri memamerkan perangkat elektronik dan perlengkapan rumah tangga. Tentu saja smartphone dan tablet menjadi salah satu produk elektronik yang banyak dikonfirmasikan selama IFA, mengingat pasar di Eropa yang juga cukup besar. Dan tentu saja Duniaku tidak ketinggalan bakal meng-update apa saja gadget menarik yang muncul selama acara tersebut.

Entah kenapa LG di Indonesia jarang terdengar smartphone unggulannya, namun di luar sana pilihan dari mereka tidak bisa diremehkan keberadaannya. Flagship terbarunya, yang menurut penulis sebenarnya lebih worthed daripada Galaxy S III, yaitu LG Optimus 4X HD pun bisa dikatakan kurang laku di pasar lokal — lha bagaimana mau laku, event promo dan iklannya saja jarang… hehe! Di atas Optimus 4X HD, mereka juga memiliki Optimus LTE2, yang tidak lain upgrade minor Optimus 4X HD dengan dukungan koneksi data LTE serta yang paling penulis sukai, jatah RAM-nya 2GB! Kemudian melalui IFA 2012, kami mendapat kepastian jika LG bakal merilis Optimus LTE2 tersebut ke pasar internasional sebagai Optimus G! Semoga masuh Indonesia, karena Galaxy Note II menurut kami ukurannya kegedean…. hehe!

LG Optimus LTE II sejak Mei 2012 lalu berpartner dengan aktor dan model Korea Jung Il Woo, yang berperan sebagai duta untuk mempromosikan Droid tersebut.

Optimus LTE2 memang sudah eksis di Korea Selatan, dan beberapa wilayah Amerika yang mendukung koneksi LTE. Sedangkan untuk Optimus G ini, LG mengumumkan bakal mulai menjualnya di Korea Selatan mulai September 2012. Walaupun memiliki spesifikasi di atas Optimus 4X HD, LG Optimus G ini tidak akan menggesernya sebagai flagship…. dia bakal berperan memberi opsi mereka yang membutuhkan kinerja lebih sebuah Android — karena jika berpikir untuk upgrade software 2 atau 3 versi lagi, kami yakin jatah RAM 1GB pun akan kurang, apalagi kebutuhan multitasking smartphone kian berat akhir – akhir ini.

Bedanya dengan Optimus 4X HD selain jaringan dimana dia bisa bekerja adalah chipsetnya. Optimus LTE2 menggunakan Qualcomm APQ8064 dengan prosesor dari keluarga Krait atau jamak disebut Snapdragon S4, yang diklaim lebih hemat daya baterai sekitar 40% dibandingkan varian Tegra 3 — chipset yang sama juga digunakan oleh Xiaomi pada MI-2. Chipset yang masuk kategori Snapdragon S4 Pro tersebut memiliki empat inti CPU yang masing – masing berjalan di clock speed 1.5, serta mendapat dukungan olah grafis dari GPU Adreno 320, RAM 2GB dan internal storage 16GB. Dibandingkan Snapdragon S4 lain yang digunakan HTC pada One S, yaitu melalui chipset Qualcomm MSM8260, di sini kamu mendapatkan speed memory-nya lebih kencang, mencapai 533 MHz dengan konfigurasi dual-channel.

Disebut LG Optimus G L-01E di Jepang…

Penggunaan chipset yang berbeda berujung pada bertambahnya dimensi smartphone ini dibandingkan versi LTE2, yaitu menjadi panjang 131.9 x lebar 68.9 x tebal 8.45mm, dengan berat 145g — bandingkan dengan Optimus 4X HD pada 132.4mm x 68.1 x 8.9mm serta berat 141g. Kemudian perbedaan lainnya, kamera Optimus G ini layak dibandingkan dengan beberapa seri Xperia terbaru, karena sudah mengajukan sensor 13 megapixel (bahkan pada Optimus LTE2, kameranya juga hanya 8 megapixel seperti Optimus 4X HD). Kamera depannya sendiri masih sama, 1.3 megapixel. Sedangkan layarnya masih sama seperti Optimus 4X HD, berukuran 4.7 inchi dengan material True HD-IPS LCD beresolusi 720p (1280 x 720 pixel) pada kerapatan 319.7 ppi. Layar tersebut juga bakal terlihat lumayan terang, karena memiliki kekuatan backlight hingga 470 nits. Coba diperbesar hingga 700 nits seperti pada layar Nova-nya Optimus Black ya, pasti terlihat sangat kinclong!!

Detail spesifikasi lainnya masih sama seperti Optimus 4X HD… mulai bekerja di jaringan GSM, dengan kecepatan akses data pada pita HSDPA, HSUPA, dan LTE. Untuk koneksi Wi-Fi-nya, kamu bisa berharap ada fungsi Wi-Fi Direct untuk kemudahan transfer file dengan sesama penguna Wi-Fi Direct (misalnya, Samsung Galaxy Camera), serta penggunaan Wi-Fi lain seperti DLNA dan hotspot Wi-Fi. Bluetooth versi 4, chip near field communication alias NFC, microUSB versi 2.0  dengan opsi MHL untuk terhubung ke HDTV dan perangkat display eksternal, serta GPS menjadi pelengkap fitur komunikasinya. Sensor seperti compass, accelerometer, gyro, dan proximity juga hadir untuk menunjang beberapa fungsi yang mengandalkan perubahan posisi dan gerakan Droid ini. Fasilitas pendukung output audio Dolby Mobile juga pasti eksis untuk mendukung output suara ketika kita mendengarkan musik. Hanya yang mungkin tidak disukai, slot SIM-nya berukuran micro.

Demikian LG Optimus G menghadirkan spesifikasi yang cukup “killer” dibandingkan kompetitornya. Walaupun sayang, kapasitas baterai 2,100mAh yang sama seperti pada Optimus 4X HD dan Optimus L9 menurut kami ketahannya masih kurang, serta kenapa masih menjalankan Android 4.0, Ice Cream Sandwich saja. Melihat catatan buruk LG yang lambat memberikan update software, bisa jadi bayang – bayang janji kosong upgrade Jelly Bean (dan memang sudah dijanjikan upgrade-nya) bakal menghantui mereka yang kepengen membelinya. Plus, khusus untuk pasar lokal jika Droid ini masuk Indonesia, tolong donk event dan iklannya diperbanyak, agar khalayak tahu bahwa Android itu tidak hanya Galaxy saja… hehe!

SHARE
Previous articleResident Evil: Retribution Red Square Featurette
Next articleMengenal Manager Mode dalam FIFA 13
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.