IFA 2012: Samsung Merilis microSD 64GB, 4x Lebih Cepat dari Class 10

Pertama Sandisk menawarkan storage tambahan berformat microSD dengan kapasitas hingga 64GB. dan kini selama IFA 2012, Samsung resmi mengkonfirmasikan memory card 64Gb kelas “Pro” mereka, yang kecepatan aksesnya mencapai 4 kali dari class 10 -- yang tercepat saat ini.

IFA 2012: Samsung Merilis microSD 64GB, 4x Lebih Cepat dari Class 10

IFA 2012: Samsung Merilis microSD 64GB, 4x Lebih Cepat dari Class 10

Salah satu event besar dalam bidang teknologi informasi kembali digelar. Internationale Funkausstellung Berlin (IFA), atau bisa disebut juga sebagai Berlin Radio Show yang bakal digelar 31 Agustus – 5 September 2012 besok di Berlin, Jerman. Merupakan salah satu pameran industri tertua di Jerman, yang kini diadakan setiap tahun sebagai ajang industri memamerkan perangkat elektronik dan perlengkapan rumah tangga. Tentu saja smartphone dan tablet menjadi salah satu produk elektronik yang banyak dikonfirmasikan selama IFA, mengingat pasar di Eropa yang juga cukup besar. Dan tentu saja Duniaku tidak ketinggalan bakal meng-update apa saja gadget menarik yang muncul selama acara tersebut.

IFA 2012: Samsung Merilis microSD 64GB, 4x Lebih Cepat dari Class 10

Pertama Sandisk berusaha memenuhi permintaan pengguna mobile dengan menawarkan storage tambahan berformat microSD dengan kapasitas hingga 64GB. Walaupun tahun lalu kebanyakan smartphone hardware-nya belum ada yang mampu menembus batas 32GB, namun perembangannya begitu cepat. Dan angka 64GB bukan suatu hal yang sulit untuk ditambahkan sebagai eksternal storage. Kemudian April 2012 lalu, Samsung mengkonfirmasikan bahwa mereka juga sudah mulai tahap produksi masal UHS-1 microSD card, dimana menjadi kebutuhan untuk merakit microSD dan SD card dengan kapasitas 64GB. Dan selama IFA 2012, Samsung resmi mengkonfirmasikan memory card yang masuk kelas “Pro” dari jajaran memory card yang mereka produksi.

IFA 2012: Samsung Merilis microSD 64GB, 4x Lebih Cepat dari Class 10

Selama IFA 2012 disebutkan jika kartu UHS-I class tersebut kini lebih dikenal sebagai SD XC dan Micro SD XC. Berkapasitas besar 64GB, dan juga lebih cepat dari tipe - tipe mereka sebelumnya untuk read dan write data. Detailnya disebutkan jika mereka mampu meraih read/write speed mencapai 80MB/40MB tiap detik (untuk SD) dan 70MB/20MB tiap detik (untuk microSD). Itu sama saja dengan memory mobile Class 40 dan Class 20 – atau lebih gampangnya, itu sama saja empat kali lebih cepat dari tipikal microSD class 10 yang sudah eksis saat ini. Jelas hasil tersebut bisa mengatasi masalah microSD yang tidak secepat memory onboard. Namun sayangnya, kelas memory baru yang bakal eksis mulai pertengahan Oktober 2012 ini belum diketahui harganya.

Sumber: Samsung Tomorrow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU