IFA 2012: Sony VAIO Duo 11 Menjadi Wakil Pertama Windows 8 Kelas Premium

Salah satu event besar dalam bidang teknologi informasi kembali digelar. Internationale Funkausstellung Berlin (IFA), atau bisa disebut juga sebagai Berlin Radio Show yang bakal digelar 31 Agustus – 5 September 2012 besok di Berlin, Jerman. Merupakan salah satu pameran industri tertua di Jerman, yang kini diadakan setiap tahun sebagai ajang industri memamerkan perangkat elektronik dan perlengkapan rumah tangga. Tentu saja smartphone dan tablet menjadi salah satu produk elektronik yang banyak dikonfirmasikan selama IFA, mengingat pasar di Eropa yang juga cukup besar. Dan tentu saja Duniaku tidak ketinggalan bakal meng-update apa saja gadget menarik yang muncul selama acara tersebut.

Tablet ini konsep desiannya menarik. Layar touchscreen-nya bisa digeser naik ke atas, dan berhenti di satu posisi yang menguncinya, dan saat itulah keyboard-nya terlihat penuh. Di tengahnya ada bulatan trackpoint untuk menggantikan peran mouse. Proses slidingnya pun banyak yang menilai cukup solid.

Sebelum IFA 2012 berlangsung, kami memang sempat menemukan beberapa foto press image tablet baru Sony yang menjalankan Windows 8. Foto yang beredar di internet tersebut menunjukkan tablet yang sekilas mirip  Microsoft Surface — dan juga mirip Xperia Tablet S — tersebut memiliki stylush selain pengendalian layar sentuh dengan jari, dan juga langsung terlihat kelas profesional karena casingnya yang berkelas, dan keyboard-nya pun diterangi backlit. Sehari kemudian, melalui konferensi press pre-IFA 2012 mereka, Sony resmi mengumumkannya, yaitu VAIO Duo 11.

Kemudian seperti prediksi sebelumnya, rupanya benar jika VAIO Duo 11 menjalankan versi teratas Windows 8, atau bakal disebut Windows 8/ 8 Pro (bukan versi Windows RT yang ditujukan untuk tablet dengan prosesor ARM). Dan seperti yang sudah diketahui, menegaskan desain hibridnya, VAIO Duo 11 langsung datang dengan keyboard berpencahaan alias backlit, yang didesain secara slide-out (alias keyboard tersembunyi di balik layar jika tidak digunakan), dan juga layar berukuran 11.6inchi (diagonal 29.4cm) dengan resolusi FullHD 1920 x 1080 pixel. Layar yang oleh Sony disebut  OptiContrast tersebut juga merupakan layar sentuh kapasitif, yang menjadi sarana menunjukkan antar muka hasil olah proses chipset Intel Ivy Bridge ber-prosesor (ada tiga pilihan) Core i7, i5 dan i3. Dan karena memang sudah sepaket dalam chipset, GPU-nya diserahkan pada Intel HD Graphics 4000.

Selain variasi prosesor, kamu juga mendapati Sony VAIO Duo 11 ini btersedia dalam dua pilihan RAM, entah itu 4GB atau 8GB RAM berjenis DDR3, serta opsi storage ber-format SSD 128GB atau 256GB. Fitur lainnya yang bakal kamu dapatkan seperti Wi-Fi a/b/g/n, Bluetooth 4.0 + HS, 2x USB 3.0,  HDMI dan VGA, Ethernet (1000BASE-T/100BASE-TX/10BASE-T x 1), slot SD card, dua kamera beresolusi 2 megapixel di depan dan belakang (yang mampu menghasilkan foto dan video HD), lalu ada chip NFC, GPS serta bisa dioperasikan menggunakan stylush digitizer-nya Sony — layarnya mendukung active digitizer, yang mendeteksi saat kamu menggunakan stylus dan mencegah sentuhan yang tidak disengaja pada layar.

Tablet hibrid seberat 1.3 kg dan tebal 17.85mm ini bakal mulai dijual akhir Oktober 2012 mendatang. Harganya? Varian standar dengan prosesor Core i5 bakal dijual sekitar Rp. 11 jutaan. Sedangkan versi Pro dengan prosesor Core i7 diprediksi melambung hingga Rp. 15 jutaan! Oh ya, tablet hibrid ini juga dilengkapi stereo speaker dengan racikan output suara XLOUD dari Sony.

Key Specification

Model VAIO Duo
Processor Intel Core™ i7-3517U, Intel Core™ i5-3317U atau Intel Core™ i3-3217U Processor
Operating System Windows 8 atau Windows 8 Pro
Memory 4GB or 8GB DDR3L 1600MHz SDRAM
Drive 128GB or 256GB SSD
Screen 29.4cm (11.6”) OptiContrast Panel;Full HD (1920×1080) dengan rasio wide (16:9); capacitive touchscreen”OptiContrast” adalah trademark Sony Corporation
Graphics Intel® HD Graphics 4000
Others WLAN 802.11a/b/g/n; Bluetooth® Ver. 4.0 + HS; Ethernet (1000BASE-T/100BASE-TX/10BASE-T x 1); USB 3.0 (x1), USB 3.0 with USB charge (x1); VGA out; HDMI out; Memory Stick Duo / SD memory card combined slot; stereo speakers with xLOUD™ ; Full HD Web Cameras (x2, front and rear facing) powered by ‘Exmor for PC’ (2.07 megapixels); Sensors (NFC, GPS, Accelerometer, Gyro, Digital Compass); Windows button; rotation lock button; digitizer stylus; optional extended battery pack
Dimensions (DxHxW) Sekitar 320 mm x 17.85 mm x 199 mm
Weight Sekitar 1.3kg (dengan baterai standar)

VAIO Duo 11 ultrabook from Sony — with Surf Slider, touch screen and handwriting features

httpv://www.youtube.com/watch?v=_DnXsFoAnDM&feature=share&list=UUKJ04ar_dnM6La4tw_dgYOA

Sumber: Sony

SHARE
Previous articleDemo Terbaru Warface, Siap Ajak Kamu ke Peperangan Global
Next articleImpresi Demo 2 PES 2013!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.