Nokia x Microsoft Menggebrak 5 September Dengan Lumia dan Windows Phone 8

Dibalik mewabahnya Android di Berlin selama event IFA 2012, kita seakan melupakan bahwa pasca event tersebut, Nokia dan Microsoft bakal mengadakan press conference sehubungan dengan kelanjutan Windows Phone dan Lumia. Awalnya banyak yang menduga bakal berlangsung 12 September, namun rupanya Nokia dan Microsot memajukan acaranya menjadi 5 September 2012, dan diadakan di New York. Selain itu, Nokia sendiri juga menggelar event yang sama, pada tanggal yang sama, di markas mereka di Helsinki.

Nokia Lumia 920

Sebelum IFA 2012 berlangsung, Nokia bahkan mencoba sedikit mencuri perhatian dunia dengan merilis video yang seakan meyakinkan kita bahwa bakal ada perubahan (untuk Nokia Lumia dan Windows Phone 8) pada 5 September 2012 besok. Memang video di bawah ini tidak menunjukkan seperti apa perubahan yang bakal diwujudkan oleh Nokia dan Microsoft, namun banyak yang berharap, apalagi setelah melihat begitu dalamnya interkoneksi Windows Phone 8 dengan Windows 8.

Things Are About to Change

httpv://youtu.be/moJ9T5pgKkA

Nokia Lumia 920 dan dudukan khususnya untuk melakukan wireless charging.

Berlanjut kemudian pasca video tersebut dirilis, atau selama IFA 2012, banyak foto press image Nokia Lumia bocor, dan  diketahui berkode angka “920,” menjalankan Windows Phone 8 serta sensor kamera “monster” berlabel PureView yang dianggap paling profesional untuk kelas mobile. Selain itu juga bocor (atau sengaja dibocorkan) melalui akun Twitter yang sama adalah Lumia 820. Lumia 920 disebutkan membawa sensor kamera berkualitas PureView, layar 4.5 inchi dan dibalut dengan casing berbahan polycarbonate — seperti digunakan pada Lumia 800 dan HTC One S.

Banyak sumber juga menyebutkan Lumia 920 bakal memilih jantung dari Qualcomm, dengan prosesor Snapdragon S4 yang mengadopsi dua inti Krait, sehingga mampu menawarkan pengalaman di layar HD. Beberapa dugaan spesifikasi lainnya seperti RAM 1 GB, internal storage 32GB, kamera PureView-nya beresolusi 8-megapixel, kamera depan 1.3-megapixel, serta wireless charging (men-charge ponsel tanpa terhubung ke sumber listrik) melalui panel tersembunyi di bagian belakangnya.

beberapa foto tidak resmi Nokia Lumia 820.

Sedangkan Lumia 820 disebutkan menggunakan layar berukuran 4.65 inchi berbahan AMOLED dengan resolusi yang kemungkinan juga sama seperti Lumia 920, mencapai kualitas HD. Pemacu utamanya juga dua inti prosesor dengan kecepatan 1.5 GHz, serta bakal memasukkan fitur terkini seperti  LTE, NFC dan juga ada slot microSD. Sesuai namanya, Lumia 820 hanya akan mendapat kamera dengan sensor Carl Zeiss saja, agar kelasnya tetap di bawah Lumia 920.

Foto konsep Lumia 920 yang banyak beredar awal tahun ini…

Kemudian hari ini Nokia kembali merilis video baru, yang sepertinya menunjuk pada salah satu fitur yang kemungkinan bakal kamu temukan dalam Windows Phone 8 terbaru nantinya. Melihat video di bawah, kita bisa berasumsi itu akan menjadi wujud pengembangan aplikasi augmented reality Nokia City Lens (semacam Google Glass), yang saat ini masih dalam tahap uji coba Nokia Beta Labs. Jika Nokia memasukkan aplikasi tersebut sebagai standar Lumia Windows Phone 8, bisa menjadi salah satu nilai jual, mengingat Google dengan Android sendiri masih belum menyempurnakan fitur augmented reality-nya.

Stay Tuned!

httpv://youtu.be/Srj0giuHKJQ

Nokia City Lens for Nokia Lumia

httpv://youtu.be/63lNPkl-EPE

Melihat idealisme Nokia yang tetap bertahan tidak mau ikut serta mendukung Android, malah mereka bekerjasama dengan Microsoft dengan Windows Phone serta meninggalkan Symbian, banyak yang berharap langkah baru melalui Windows Phone 8 benar – benar bisa merubah peta kekuatan smartphone dunia. Kita tunggu saja konfirmasi mereka besok!

SHARE
Previous articleInazuma Eleven Go Chrono Stone Episode 08 – 12, Mencari Sebelas Kekuatan Terkuat dalam Sejarah!
Next articleInilah Daftar Game Sony di TGS 2012 Mendatang!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.