Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Bagi yang gemar memainkan game simulasi sepak bola, bersiaplah karena sebentar lagi SEGA dan Sports Interactive akan segera merilis Football Manager 2013! Seperti apa game ini dan apa saja fitur-fitur barunya? Simak preview lengkapnya di dalam ya!

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Semalam mungkin adalah malam yang paling membahagiakan bagi para penggemar Football Manager (FM), karena akhirnya Sports Interactive mengkonfirmasikan kelanjutan dari franchise game simulasi sepakbola terbaik ini dengan FM 2013. Seperti kita ketahui, sejak beberapa tahun terakhir seri ini nyaris tanpa pesaing berarti, hal tersebut tidak lain karena tumbangnya FIFA Manager yang lambat laun digantikan oleh mode Manager dalam FIFA, dan Championship Manager yang mulai kehilangan basis penggemarnya karena minimnya update-update yang diberikan, hingga harus rela berpindah-pindah tangan pengembang.

Bahkan tahun lalu dengan FM 2012, saya anggap Sports Interactive berhasil memukul telak pesaingnya dengan membuat FM menjadi lebih multiplatform dengan merilis versi smartphone-nya di kuartal awal tahun ini.  Lantas, inovasi apa yang diberikan Sports Interactive dalam seri 2013 ini? Sebelum kita membahas lebih lanjut fitur-fitur baru dalam FM 2013, simak dahulu video konferensi pers yang dilakukan Sports Interactive semalam.

httpv://www.youtube.com/watch?v=PRQiCNdSGSg

Dalam konferensi pers tersebut, Miles Jacobson sang produser FM 2013 mengungkapkan beberapa hal yang menjadi titik fokus utama pengembangan serial ini, antara lain:

  • Engine 3D selama pertandingan
  • Staff Role baru
  • Interaksi dengan media yang lebih dalam
  • Leaderboard dan juga beberapa fitur online
  • Penambahan pajak dalam transfer pemain
  • Pilihan training yang lebih banyak dan lebih mendetail
  • User Interface yang lebih diperbaiki lagi

Untuk penjelasan fitur-fitur baru yang ditanamkan dalam FM 2013 ini, lanjut ke halaman berikutnya ya!

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Lebih lanjut, Jacobson mengungkapkan bahwa dalam seri kali ini, mereka memberikan lebih dari 900 fitur baru yang akan membuat game ini semakin rumit dan realistis, beberapa diantaranya yang menjadi fokus sudah kamu baca di halaman sebelumnya. Selain menawarkan 900 inovasi baru dalam gameplay, FM 2013 juga akan menjadi seri pertama yang akan dirilis dalam dua macam, FM 2013 dan FM Classic yang tidak lain adalah versi lite dari game ini (detailnya bisa kamu simak di halaman selanjutnya). Berikut ini adalah penjelasan dari fitur-fitur baru yang akan menjadi fokus utama dalam game ini.

Improvisasi Engine 3D yang digunakan dalam pertandingan

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Untuk engine yang digunakan dalam menampilkan pertandingan, dari tahun ke tahun serial FM selalu mengalami pembenahan. Mungkin bagi sebagian besar penggemar FM masih ingat dengan engine "bulat-bulat" yang pernah menjadi trademark FM selama beberapa seri, lantas berubah sedikit demi sedikit sehingga kini kita bisa melihat pemain saat bertanding dalam wujud manusia, bukan bulat-bulat lagi. Namun toh Sports Interactive tidak menghilangkan pilihan untuk memindah kembali ke tampilan tradisional tersebut, sehingga gamer yang memiliki spesifikasi PC minimum masih bisa merasakan serunya bermain FM paling baru setiap tahunnya.

Lantas apa yang diubah dalam seri kali ini? Sports Interactive mengatakan bahwa mereka kini lebih memoles suasana di stadion, sehingga nantinya sorakan penonton dan juga animasi mereka saat mendukung tim kamu akan terlihat lebih realistis dibandingkan seri sebelumnya. Selain itu juga, dari segi AI mereka juga memoles banyak, yang dijanjikan akan meminimalisir gerakan-gerakan dan gol "mustahil" yang terjadi selama pertandingan.

Staff Role Baru

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

FM 2013 menyediakan satu staff role baru, Director of Football yang nantinya bisa kamu tambahkan ke dalam tim kamu. Director of Football memiliki tugas lebih banyak ke arah manajerial, seperti negosiasi kontrak dan juga menjaga hubungan dengan pemain perihal kontrak yang ditawarkan. Sebagai Manager, tentu kamu juga harus menjaga hubungan baik kamu dengan Director of Football, sehingga kamu bisa mudah mendapatkan pemain yang kamu inginkan. Kamu tidak ingin kan setelah susah-susah menawar dan akhirnya mendapatkan pemain yang kamu inginkan, tetapi akhirnya gagal bergabung karena tidak disetujui Director of Football?

Selain Director of Football, Sports Interactive juga menambahkan beberapa pelatih spesialis baru yang bisa kamu rekrut. Tentu dengan banyaknya pilihan pelatih spesialis, maka kamu juga lebih fleksibel untuk membentuk tim kamu. Namun sayang, Sports Interactive masih belum memberikan detail lebih lanjut, spesialisasi apa saja yang mereka tambahkan ke dalam jajaran staff pelatih di game ini.

Interaksi dengan Media

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Fitur interaksi dengan media memang bukan fitur yang benar-benar baru, namun Sports Interactive menjanjikan bahwa interaksi dengan media di game ini akan lebih banyak dan juga lebih berpengaruh. Kamu bisa memilih gaya seperti apa yang akan kamu adopsi untuk menghadapi media, apakah cuek, ramah, atau mungkin lebih memilih untuk tutup mulut saat mendapatkan todongan pertanyaan yang sensitif dari media.

Fitur Online dan Leaderboard

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Fitur multiplayer game ini akan menggunakan jaringan Steam, yang dijanjikan Sports Interactive akan lebih stabil dan juga lebih menyenangkan. Terdapat tambahan pilihan liga dan kompetisi baru yang bisa kamu mainkan secara online. Kamu juga bisa mengembangkan tim kamu di dalam mode single player, lantas mengadunya dengan pemain lain secara online.

Leaderboard game ini juga nantinya bisa terintegrasi secara global sehingga kamu bisa melihat dan membandingkan achievement yang kamu dapatkan dengan yang didapatkan pemain lainnya. Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi ranking kamu di leaderboard ini mulai dari level liga yang kamu ikuti, performa tim kamu di liga tersebut, hingga bagaimana performa keuangan tim kamu, apakah mengalami untung besar atau mungkin banyak memiliki hutang.

Fitur Training yang Diimprovisasi

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Sports Interactive juga menyediakan banyak pilihan training baru yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan tim kamu. Mereka juga menjanjikan, meskipun semakin banyak pilihan namun kamu tidak perlu beradaptasi terlalu banyak dari FM sebelumnya. Lebih lanjut, mereka juga mengatakan bahwa nantinya kamu bisa memilih fokus latihan mana yang akan kamu pilih, dan juga kamu bisa memilih fokus latihan spesifik untuk menghadapi satu pertandingan tertentu seperti menghadapi final sebuah kompetisi.

Semakin Realistis dengan Penambahan Pajak

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Negosiasi untuk membeli pemain dari satu klub sudah hampir final dan klub asal sudah menyetujui kepindahan pemainnya ke klub kamu. Namun, saat melakukan negosiasi kontrak dengan si pemain, kamu akan menghadapi satu dilema baru: Pajak. Ya, dalam permainan nanti, kamu mungkin akan menemui pemain-pemain yang tidak mau pindah ke klub kamu dikarenakan kebijakan pajak untuk pesepakbola yang terlalu tinggi di negara klub kamu. Negara-negara seperti Spanyol dan Inggris memang membebankan pajak yang cukup tinggi bagi para pesepakbola profesional, sedangkan negara seperti Prancis memiliki kebijakan tertentu yang bisa saja membebaskan pemain kamu dari pajak.

Di awal halaman ini, saya sudah menjelaskan bahwa game ini nantinya akan tersedia dalam dua versi, untuk lebih mudahnya kita sebut dengan versi Lite dan versi Full. Apa saja perbedaannya? Simak di halaman berikutnya ya!

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Tentunya, hal pertama yang membedakan antara versi Lite dengan versi Full adalah harga. Ya, versi Lite yang bertitel FM Classic ini nantinya bisa kamu dapatkan secara gratis, sedangkan untuk mendapatkan versi Full kamu harus merogoh sebagian kocek kamu. Dalam FM Classic ini kamu bisa memainkan satu musim secara penuh, yang bisa kamu tamatkan dalam waktu sekitar 10 jam saja.

Bukan cuma itu. Dalam FM Classic ini kamu nantinya juga akan menemui beberapa tantangan-tantangan untuk menguji kemampuan kamu dalam memimpin sebuah tim. Kamu bisa memilih satu dari beberapa tantangan yang disediakan, salah satu contohnya adalah saat kamu direkrut oleh sebuah tim di pertengahan musim untuk menggantikan manajer sebelumnya yang dianggap gagal. Nah, tujuan kamu selama setengah musim ini adalah membangkitkan tim kamu dari keterpurukan ataupun menepati target yang dicanangkan presiden klub, seperti lolos dari jerat degradasi, masuk empat besar untuk berkompetisi di Liga Champions, atau mendapatkan posisi yang nyaman di papan tengah.

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Dalam mode Classic ini juga, kamu juga bisa membuka beberapa fitur yang bisa memudahkan kamu, seperti menghilangkan klausul ijin kerja bagi pemain kamu yang masih di bawah umur, atau bahkan menambah budjet transfer untuk mendatangkan pemain bintang.

Lebih lanjut, dalam FM Classic ini kamu akan menemukan model transaksi in game purchase seperti yang dilakukan oleh banyak game. Ya, beberapa fitur di atas bisa kamu dapatkan dengan membelinya seharga tertentu, sehingga kamu bisa menghemat waktu kamu untuk mendapatkannya. Mengenai hal ini, Sports Interactive menyebutnya sebagai evolusi baru dalam FM, yang bisa mengakomodasi para penggemar yang ingin "instan" dalam mendapatkan satu fitur tertentu tanpa harus menghabiskan banyak waktu memainkannya.

Preview Football Manager 2013, Semakin Kompleks dengan Banyak Fitur Baru!

Oh iya, FM Classic ini selain nantinya bisa kamu dapatkan dalam versi terpisah secara gratis, Sports Interactive juga mengatakan bahwa dalam versi full-nya kamu juga bisa menikmati mode ini juga, termasuk pembelian in-game-nya. Namun, jika kamu tidak ingin mengeluarkan uang lagi setelah memainkan game-nya, kamu tentunya masih bisa kok untuk memainkan FM 2013 seperti biasa.

Menurut rencana, SEGA dan Sports Interactive akan merilis game ini sebelum liburan Natal tahun ini juga. Selain untuk PC, game ini menurut rencana juga akan dirilis untuk iOS dan Android dengan titel FM 2013 Handheld seperti pendahulunya. Untuk versi handheld, Jacobson mengungkapkan bahwa mereka saat ini masih menunggu bagaimana penjualan PS Vita di pasaran. Jika penjualannya meningkat dan prospeknya cerah, bukan tidak mungkin mereka akan membawa game ini juga untuk PS Vita.

[Sumber: Football Manager Official Site]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU