StarCraft II: Heart of the Swarm, Ekspansi Baru yang Lebih Kompleks dan Menantang!

Developer: Blizzard Entertainment
Publisher: Blizzard Entertainment
Platform: PC Mac
Release Date: TBA
Genre: Real Time Strategy
Offisial Website: http://sea.blizzard.com/en-sg/games/sc2/

Sudah bosan dengan StarCraft II: Wing of Liberty karena sudah tamat? Jika iya, maka kamu dapat bergembira, karena Blizzard akan merilis expansi sekuel berikutnya yang di beri judul StarCraft II: Heart of the Swarm. Expansi ini merupakan bagian kedua dari rencana trilogy Blizzard untuk StarCraft II. Untuk bagian ketiganya nanti akan diberi judul Legacy of Void.

Pada expansi kali ini, campaign akan meneruskan cerita yang terfokus pada spesies Zerg. Kurang lebihnya, campaign ini akan memberikanmu 20 misi baru yang mengambil setting waktu dua tahun setelah kejadian pada game pertamanya. Dan kamu akan bermain dengan mengambil perspektif dari Sarah Kerrigan, yang kini kembali dalam bentuk manusia oleh Jim Raynor.

Mungkin sebentar lagi beta dari Heart of the Swarm akan dimulai dan kamu dapat mencobanya untuk mendapatkan pengalaman StarCraft II lebih dalam lagi. Selain penambahan misi pada mode campaign-nya, Blizzard juga memberikan tambahan fitur untuk mode multiplayer-nya. Beberapa di antaranya, mereka memberikan beberapa unit baru untuk ras Protoss, Zerg, dan juga pasukan Terran, selain juga menampilkan unit terdahulunya. Pada akhirnya, menurut desainer game-nya, David Kim, mengatakan bahwa permainan ekspansi StarCraft II kali ini akan lebih kompleks dan menantang lagi.

Blizzard juga memberikan beberapa pengujian internal pada pemain yang terbiasa menggunakan Zerg dalam permainannya. Mereka yang diuji akan menghadapi pasukan musuh, mendirikan sebuah unit baru yang mampu bersembunyi dan secara berkala melahirkan beberapa unit penyerang secara otomatis di medan pertempuran bernama Host Swarm.

Terdapat juga unit bernama Viper yang berguna untuk menjaga Swarm Host. Viper merupakan unit terbang yang dapat mengurangi pandangan unit biologis musuh seperti Marines. Selain itu Viper merupakan unit spell caster yang dapat menarik unit mekanikal seperti Siege Tank menjauh dari kerumunan musuh sehingga cukup berguna untuk memecah belah pasukan musuh. Cukup mengerikan bukan?

Dengan hadirnya beberapa unit baru yang cukup kuat ini membuat permainan multilpayer semakin susah, karena memerlukan strategi serta gaya permainan yang baru untuk dapat memaksimalkannya.

Kembalinya Sarah Kerrigan dalam Wujud Manusia
Tentu saja, dengan dimulainya Heart of the Swarm, membuat cerita Wings of Liberty berakhir. Cerita kali ini akan terfokus kepada ras Zerg yang menampilkan Sarah Kerrigan sebagai protagonis utama dan juga merupakan anti-hero dalam expansi kali ini. Campaign bermula dengan perjalanan Kerrigan yang bertujuan untuk mengasumsikan kepemimpinan dari para swarm dalam dirinya dengan kembali ke bentuk manusia. Ia juga akan membalas dendam kepada Arcturus Mengsk, kaisar dari Dominion Terran.

Zerg kini terpecah menjadi beberapa faksi tanpa kepemimpinan dan Kerrigan harus mengambil kendali dari brood saingannya dan menjadi ratu yang kuat. Sementara itu, Jendral Warfield dari Dominion berupaya untuk membasmi Zerg pada Char. Dalam trailernya, juga menunjukan bahwa dalam kekacauan yang terjadi, Raynor yang mengejar para Ghost menemukan kehadiran dari Sarah Kerrigan yang berubah menjadi manusia dalam armor Ghost milik Terran.

Memulai Semua Ranking dari Awal Lagi
Karena merupakan seri yang berbeda, maka untuk ranking online dari Wing of Liberty akan dihapus semua dan hal ini telah dikonfirmasi oleh Kim. Selain ranking, semua MMR (matchmaking ranking) yang ada pada setiap akun Battlenet akan diulang dari awal. Hal ini disebabkan karena cara permainan dari Wings of Liberty dan Heart of the Swarm memang sangat berbeda. Para pemain yang sudah memiliki ranking diamond mungkin akan menguasai Wing of Liberty, tapi belum tentu dapat beradaptasi terhadap ekspansi ini. Begitu juga sebaliknya, mungkin saja ada pemain baru yang lebih cocok bermain dalam Heart of the Swarm. Untuk itulah semua ranking akan diulang kembali dari awal.

Selain itu dalam seri kali ini, kamu dapat bermain dalam mode unranked matchmaking, dimana kamu dapat bermain tanpa khawatir akan menggoyangkan ranking yang kamu miliki saat itu ketika kalah. Ini mungkin sangat berguna bagi kamu yang masih pemula dalam StarCraft II.

Ranking dari Wing of Liberty masih akan tetap tercatat, hanya saja semuanya akan dihapus ketika kamu memainkan Heart of the Swarm. Kedua ranking ini akan dipisah dalam dua bagan yang berbeda, jadi kamu masih dapat memiliki ranking dan juga MMR-mu yang lama ketika kamu memutuskan untuk tidak bermain Heart of the Swarm.

Siapkan Dirimu untuk Beradaptasi dengan Para Unit Baru
Pada konferensi BlizzCon 2011 yang lalu, Blizzard menyatakan bahwa dalam Heart Of The Swarm akan ada tujuh unit multiplayer baru, pergantian kemampuan dari unit dan bangunan yang ada. Dan pergantian ini juga berlaku bagi ketiga ras yang ada. Berikut ini merupakan beberapa fitur yang baru dalam seri ini:

  • Ras Terran akan menghadirkan dua unit baru. Yang pertama adalah Shredder, yaitu sebuah robot yang berbentuk seperti laba-laba dan dia dapat bertransformasi ke bentuk tower. Unit ini sangat fleksibel dan kuat, ia dapat menempelkan ranjau ke unit lawan lalu meledakannya. Sedangkan unit kedua adalah Warhound, unit ini sedang diuji coba, tetapi dia dapat secara otomatis meluncurkan misil ke unit mekanikal musuh. Battlecruiser akan mendapatkan upgrade Redline Reactor yang membuatnya bergerak makin cepat.
  • Ras Protoss akan menampilkan Oracle dan Tempest. Oracle memiliki beberapa kemampuan yang sangat mengganggu lawan. Mereka dapat menghentikan produksi mineral, melihat bangunan yang terdapat musuh didalamnya, bahkan ia dapat menghentikan bangunan yang sedang dalam reasearching atau produksi unit. Untuk tempest, kini ia memiliki jarak serang yang luar biasa panjang dan dapat menyerang unit udara dan darat. Lalu juga terdapat caster yang dapat bergerak bernama Mothership core. Unit ini dapat berubah menjadi sebuah photon cannon yang amat kuat, teleportasi antar Nexuses, dan mampu menggunakan Mass Recal.
  • Selanjutnya untuk Zerg, seperti yang saya jelaskan diawal, mereka akan mendapatkan Viper, unit terbang yang mampu membuat jarak pandang musuh menyempit dan juga mampu menarik unit lawan ke lokasi sang Viper. Selain itu, Viper juga mampu menambah energi dengan menyerap mineral dari bangunan Zerg. Selanjutnya Swarm Host, ia mampu melahirkan unit bernama Locust yang mampu menyerang unit darat maupun udara. Selain itu, Ultralisk kini memiliki kemampuan ”Burrow Charge” dimana ia dapat menggapai area pertempuran lebih cepat. Untuk beberapa unit lainnya masih direncanakan.

httpv://www.youtube.com/watch?v=SG_3R9BoVvg

SHARE
Previous articleSpecial Event – CSO ROAD TO WORLD CYBER GAME (WCG) 2012
Next articleSoul Sacrifice Bisa Dimainkan di TGS 2012
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.