Dead or Alive 5, Kembali ke Seri Utama Setelah Tujuh Tahun

Developer: Team Ninja
Publisher: Tecmo Koei dan Sega
Genre: Fighting
Platform: PS3 dan X360
Release: 25 September 2012 (NA), 27 September 2012 (JP)

Dead or Alive 5 atau yang sering dikenal dengan DoA 5 merupakan game kelima yang bergenre fighting dari seri Dead or Alive. Seri ini juga merupakan sekuel dari DoA 4 yang dirilis pada tahun 2005 kemarin. Meskipun terpaut tujuh tahun, seri DoA tidak menghilang, tetapi mereka lebih banyak muncul sebagai spin-off dari seri utamanya.

Di sekuel terbaru ini, DoA 5 mengambil setting waktu dua tahun setelah kejadian akhir pada DoA 4. Helena Douglas sang tokoh utama pada seri sebelumnya telah mulai membangun Death or Alive Tournament Executive Committee (DOATEC) menjadi lebih baik dengan cara memerintahkan pembubaran dari Devisi Bioteknologi, memberikan suspensi tidak terbatas untuk Proyek Divisi Militer Alpha, Epsilon, dan Omega, serta pengusiran seluruh anggota faksi Donovan dari kantor DOATEC di seluruh dunia. Untuk menunjukkan kepada dunia bagaimana perusahaan tersebut telah berubah menjadi lebih baik, Helena mengumumkan bahwa dia akan mengadakan tournamen Dead or Alive yang kelima.

Masih dikembangkan oleh Team Ninja untuk PS3 dan X360, DoA 5 kali ini diterbitkan oleh penerbit baru yaitu Tecmo Koei dan juga Sega Corporation. Sega akan menangani seluruh publikasi serta distribusi DoA 5 untuk wilayah Eropa dan Tecmo Koei akan menangani untuk wilayah lainnya.

Dan mengenai rumor akan munculnya versi Wii U untuk game ini, sampai sekarang kedua penerbit dan juga pengembang masih belum memberikan tanggapan tentang hal tersebut. Lebih lanjut, setelah diumumkan pada 14 September 2012 lalu, DoA 5 akan siap dirilis pada 25 September 2012 untuk versi Amerika Utaranya, sedangkan untuk versi Jepang akan dirilis pada 27 September, dan terakhir untuk versi Eropa akan dirilis pada 28 September mendatang.

Grafis Yang Makin Realistis dan Didukung Permainan Online
DoA 5 kini memiliki grafis yang makin nyata jika dibandingkan dengan seri fighting pendahulunya. Dari gaya desain karakteranya pun kini sudah benar-benar berubah, jika dulu seri DoA pertama hingga keempat menggunakan pendekatan gaya anime yang kurang proporsional (seperti mata besar yang memang digunakan pada anime) kini desain karakter yang muncul pada DoA 5 menjadi lebih realistis.

Sedangkan untuk gameplay-nya, sebagian besar masih sama dengan sebelumnya. Kamu dapat memilih mode permainan yang kamu sukai, mode permainan Tag Team pun juga hadir kembali disini. Jadi kamu dapat bertarung dengan rekanmu dan mengeluarkan kombo-kombo yang dilancarkan bersama. Tak hanya bisa bermain bersama temanmu secara lokal, namun kamu juga dapat bermain secara online disini. Hanya saja, DoA 5 tidak menampilkan fitur lobby seperti DoA 4 karena sering terjadi lag.

Makin Nyata dengan Keringat, Kotoran, dan… Dada Bergoyang
Selain penampilan grafis dan juga pengubahan desain karakter yang lebih realistis, Team Ninja juga menambahkan fitur baru yang pastinya akan menarik untuk para penggemar DoA. Salah satunya adalah perubahan tampilan para karakter yang sedang bertarung.

Pada waktu bertarung, para karaktermu akan mengeluarkan keringat, dan semakin lama bertarung, keringat yang akan dikeluarkan akan semakin banyak dan akhirnya merubah penampilan pakaian yang mereka kenakan. Seperti gambar diatas, kaos Hitomi akan terlihat  transparan ketika kaosnya basah terkena keringat. Selain itu, kulit Hitomi juga terlihat bercahaya karena pantulan sinar yang mengenai tubuhnya yang berkeringat. Tapi tak hanya keringat, debu dan kotoran juga akan menempel di kaos para karakter.

Tak berhenti disitu, fitur baru berikutnya adalah (maaf..) bounching boob. Senyatanya, jika para wanita bergerak, dada mereka pun juga akan bergoyang. Dan Team Ninja sengaja memberikan fitur ini kembali agar memberikan kesan nyata dalam game ini. Gerakan dada para wanita ini juga bervariasi disesuaikan dengan kostum atau pakaian yang mereka kenakan.

Habisi Lawan Dengan “Power Blow”
Satu fitur baru yang juga tak kalah menarik dalam in-game-nya adalah kini semua karakter dapat menggunakan teknik Power Blow atau Power Move pada saat bertarung. Power Blow ini merupakan serangan terkuat dari setiap karakter yang dapat digunakan pada waktu tertentu untuk memberikan kerusakan yang besar terhadap lawannya. Cara untuk mengeluarkan serangan ini berbeda-beda setiap karakternya. Tentunya, gaya mereka mengeluarkan Power Blow ini pun juga berbeda-beda.

Serangan ini membuat gerakan sinematik yang melambat dimana dapat membuat lawan terpental ke suatu area termasuk Zona Berbahaya (yang memberikan tambahan kerusakan cukup berat). Serangan ini tidak dapat ditahan, terkecuali jika kamu menggunakan Expert Hold. Dan pastinya, fitur ini membuat para karakter DoA tampil lebih keren dengan gerakan pamungkas mereka.

Relasi Antar Karakter yang Makin Jelas
Kali ini, DoA 5 menampilkan sebuah bagan relasi antar karakter yang menciptakan sebuah alur cerita yang menarik untuk diikuti. Bagan ini tentunya akan mengingatkanmu kembali terhadap peristiwa DoA 4, tujuh tahun yang lalu. Kalau dari kamu sedikit lupa dengan relasi antar karakter, atau tujuan dari para karakter mengikuti turnamen ini. Berikut bagan relasi karakternya:

Namun, tidak semua karakter yang mengikuti turnamen ini masuk dalam bagan itu loh.. Penasaran siapa sajakah yang mengikuti turnamen ini? Simak dihalaman berikutnya :)

1
2
3
SHARE
Previous articleCoD Black Ops Zombies Keluar Dari Wilayah Ekslusif, Kini Untuk Semua Android!
Next articleIndonesia HoN National Championship 2012
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.