Ubisoft Mulai Merambah F2P Dengan Mighty Quest For Epic Loot

Ubisoft selama ini terkenal dengan DRM tanpa ampun yang bahkan sering kali menyusahkan para gamer yang membeli game original. Tapi sepertinya perusahaan tersebut mencoba untuk memperbaiki citranya tersebut di mata para gamer. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan berbagai game F2P, Mighty Quest For Epic Loot (Mighty Quest) ini adalah salah satu dari game tersebut. Mighty Quest rencananya akan dirilis untuk PC, dan akan menggabungkan unsur dari game Diablo, Dungeon Keeper, dan berbagai fitur sosial dari game-game Facebook. Oh iya, walaupun untuk memainkan gamenya sama sekali tidak membutuhkan biaya, tapi seperti biasa, nantinya Ubisoft juga akan menyediakan item mall, untuk “memudahkan” mereka yang memiliki kantong tebal tapi kurang memiliki skill dalam bermain.

Mighty Quest pada dasarnya memiliki dua gameplay yang berbeda. Yang pertama adalah building simulation, dan yang kedua adalah point and click action. Gameplay yang pertama mirip dengan gameplay di Dungeon Keeper, dimana kamu harus membangun istana dan mengisinya dengan berbagai jebakan dan monster, untuk mencegah para petualang agar tidak bisa mengambil harta mu. Sementara itu gameplay yang kedua mirip dengan seri Diablo atau Torchlight, dimana kamu harus menjelajahi istana untuk membasmi bos musuh dan mengambil harta karun.

Trailer Perdana Might Quest

httpv://youtu.be/qb9igaot1mY

 

Tentunya kamu tidak bisa membangun istana sebesar dan sesulit mungkin. Nantinya sebesar dan sesulit apa istana yang bisa kamu buat akan bergantung pada level, uang, dan juga berbagai item yang sudah kamu dapatkan. Semakin tinggi level mu maka semakin banyak juga ruangan yang bisa kamu tempatkan dalam istana. Jika dilihat dari demo yang ada, sepertinya kamu akan bisa menempatkan sekitar 8 ruangan ketika kamu mencapai level 20.

Selain tata ruangan, nantinya kamu bisa mengisi ruangan ini dengan berbagai jebakan, monster, dan hiasan. Kamu bisa memasang hiasan sebanyak yang kamu mau, selama tentunya kamu memiliki uang untuk membelinya dan tempat untuk meletakkannya. Tapi untuk jebakan dan monster kamu dibatasi oleh dua hal. Yang pertama adalah total defense dan yang kedua adalah proximity defense. Total defense adalah banyaknya item pertahanan (monster dan jebakan) yang kamu tempatkan di istana mu. Tiap monster dan item akan memiliki defense point, dan total dari defense point ini lah yang akan menentukan total defense mu. Tentunya kamu tidak bisa melebihi jumlah maksimum dari total defense yang kamu miliki. Sementara itu proximity defense adalah banyaknya pertahanan yang diperbolehkan dalam suatu area. Nantinya tiap item pertahanan akan memiliki area of effect mereka sendiri. Ketika musuh memasuki area ini maka item pertahanan akan mulai menyerang mereka. Nah item pertahanan yang area of effectnya saling bersingungan, jumlahnya akan dibatasi. Intinya, kamu tidak bisa seenaknya saja mengumpulkan semua item pertahanan mu untuk menjaga suatu area.

Jika kamu sudah membangun istana mu, kamu kemudian bisa memamerkannya pada teman-teman mu, entah lewat facebook, atau lewat fitur sosial yang ada dalam Mighty Quest. Teman mu tentunya bisa mencoba untuk mengalahkan istana buatan mu, dan merebut harta karun yang tersimpan di dalamnya. Satu hal yang belum jelas adalah, apakah kamu bisa menentukan harta apa yang bisa didapat di istanamu?

Kamu tentunya juga bisa melakukan hal yang sama, kamu bisa menjelajahi istana teman mu dan mencoba untuk menaklukkannya. Nantinya kamu bisa memilih salah satu dari tiga class yang ada, yaitu archer, mage, dan knight. Selain berusaha untuk mendapatkan harta karun dan item langka, kamu juga harus menjelelajah istana lain untuk meningkatkan level mu dan untuk mencari uang. Yang pada akhirnya dibuat untuk “memperindah” istana mu.

Konsepnya cukup menarik, dan jika digabung dengan fitur-fitur sosial yang bagus, saya yakin Mighty Quest bisa menjadi game yang banyak dimainkan. Apalagi jika nantinya kamu bisa saling mengejek pemain lain, dengan misalnya mencoret-coret istana mereka, saya yakin persaingan antar para pemilik istana akan berlangsung seru. Oh iya, Mighty Quest saat ini sudah memasuki alpha test, dan kamu bisa mengikutinya dengan mendaftarkan diri di website ini (Mighty Quest Official Website).

Gameplay Trailer Mighty Quest

httpv://youtu.be/9SX_puNwssQ

SHARE
Previous articleFriday Night Movie Review: Red Lights
Next articleUpdate Fitur Terbaru Giga Slave
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.