Ace Attorney 5, Phoenix Wright Kembali untuk Mengatakan “Objection!”

Serial Ace Attorney (atau Gyakuten Saiban di negara asalnya, Jepang) sudah memiliki penggemar setianya tersendiri, dan karena itulah banyak yang menantikan judul terbarunya. Salah satu majalah di Jepang, Famitsu, menguak informasi mengenai judul terbaru Ace Attorney, yakni Ace Attorney 5 yang rencananya akan dirilis oleh Capcom untuk 3DS. Ace Attorney 5 ini merupakan bagian dari game-game Capcom yang dibahas oleh Famitsu, termasuk di antaranya Monster Hunter 4, DmC Devil May Cry, Resident Evil 6, dan E.X. Troopers.

Di Famitsu diperlihatkan Phoenix Wright kembali menjadi protagonis di Ace Attorney 5 ini, yang ditemani oleh partner baru, seorang cewek dalam dandanan baju serba kuning (walaupun namanya masih belum dikonfirmasikan). Sehubungan dengan ini, akhirnya pihak Capcom sendiri pun mengkonfirmasikannya secara resmi, sambil merilis screenshot-screenshot Ace Attorney 5 ke media massa. Kamu bisa melihat game ini tidak lagi menggunakan sprite 2D, melainkan menggunakan grafis 3D dan mampu memperlihatkan mimik wajah para karakternya dengan detail. Capcom juga berjanji akan memberikan pergerakan dan animasi yang luwes untuk mimik wajah karakternya. Motohide Eshiro (DmC dan Ace Attorney Investigations) berperan sebagai produser dan Takeshi Yamazaki (perencana di Apollo Justice: Ace Attorney) sebagai penulis skenario.

Ace Attorney 5 mengambil setting setahun setelah kejadian di Apollo Justice. Phoenix Wright kehilangan kualifikasinya sebagai seorang pengacara delapan tahun lalu, kini kembali menjadi karakter utama dan mengenakan bros dengan angka empat di dalamnya. Dia ditemani partner baru, wanita misterius dengan pakaian serba kuning (yang kabarnya akan dikonfirmasikan namanya pada event TGS 2012 mendatang). Di sini Phoenix dikisahkan akan membela Shinobu, gadis lemah lembut yang dituduh menyebabkan ledakan di sebuah ruang sidang (yang menjadi kasus pertama Ace Attorney 5). Dia di sini akan berhadapan dengan adik laki-laki dari Winston Payne, yang juga seorang jaksa penuntut.

Ada beberapa screenshot yang menunjukkan detail sistem gameplay-nya, tapi pihak Capcom masih tutup mulut akan hal tersebut, karena mereka berjanji akan memberikan lebih banyak info pada event TGS 2012 mendatang. Bahkan mereka menjanjikan demo playable Ace Attorney 5 selama 15 menit, wow. Bagi pengunjung yang rela mengantri untuk bisa memainkannya, akan mendapatkan strap dengan desain yang masih dirahasiakan oleh Capcom. Dan tak perlu khawatir, karena Capcom juga akan merilis game ini untuk pasar barat, sebagaimana yang telah dikonfirmasikan oleh Brian Keltner, PR Manager Capcom, “Capcom sedang berencana untuk merilis Gyakuten Saiban 5 (Ace Attorney 5) di barat. Kita akan memberikan infonya segera.” Hingga saat ini, masih belum jelas tanggal perilisannya. Kita nantikan saja penampilan game ini di TGS 2012.

Partner baru Phoenix Wright, wanita misterius berpakaian serba kuning.

Beragam ekspresi Phoenix Wright, terlihat detail di sini dengan grafis 3D yang halus.

Sistem baru Ace Attorney 5 yang misterius.

Strap misterius bagi pengunjung TGS 2012 yang mencoba demo game ini

[ Sumber  : Andriasang (2, 3), Siliconera (2, 3, 4) ]

/em