Fenomena S.H.Figuarts di Indonesia

S.H.Figuarts yang berasal dari kata Simple style and Heroic action Figure Arts memiliki motto standar baru Action Figure dengan seni yang mengacu pada pendekatan ekspresi karakter melalui aksi gerak tubuh manusia sebenarnya. Hal ini yang membuat SHF dapat digerakkan secara bebas dan bahkan dapat se-ekstrim karakter sebenarnya, sesuatu yang telah lama didambakan para penggemar Action Figure.

Namun apa yang membuat S.H.Figuarts (SHF) produksi Bandai ini begitu “Booming” 2 tahun ini? Bagaimana SHF hampir dapat dikatakan mengalahkan reputasi pendahulunya seperti Souchaku Henshin Series (SHS), bahkan Super Imaginative Chogokin (S.I.C.)?

SHF memiliki ukuran standar 1:12 atau sekitar 14cm, yang memungkinkan untuk digabungkan dengan Die-Cast motor berukuran 1:12. Inilah yang membuat seorang Cinematographer Indonesia, Dodon Ramadhan, menciptakan sebuah komunitas di situs jejaring sosial Facebook, S.H.Figuarts Indonesia. Group inilah yang menyatukan seluruh penggemar S.H.Figuarts dari berbagai forum seperti Multiply, Kaskus dan NeoKG. Dodon berharap dapat mengumpulkan para penggemar dan kolektor SHF di seluruh tanah air untuk saling berbagi informasi, hingga barter dan transaksi jual-beli.

Sebagai komunitas Action Figure di Indonesia, group SHF Indonesia tergolong group yang fenomenal mengingat anggotanya yang terus bertambah dan saat ini telah mencapai 1000 anggota. Para S.H.Fans Indonesia berharap dengan adanya berbagai interaksi dengan para anggotanya dapat membuat group SHF Indonesia berkembang tidak hanya sebagai group di situs jejaring sosial, namun juga komunitas dalam arti sebenarnya.

Berbagai gathering telah dilakukan pada saat Toys Fair. Adapun gathering berskala Nasional diselenggarakan pertama kalinya di kota pelajar Yogyakarta pada tanggal 8 April 2012. Dan yang terbaru adalah tergabung di event Internasional Anime Festival Asia Indonesia pada tanggal 1-2 September 2012 di Jakarta International Expo. Booth SHF Indonesia terbukti paling ramai didatangi ribuan pengunjung selama event berlangsung. Dari anak-anak hingga orang dewasa, tak henti-hentinya mengambil gambar pada display booth. Bahkan para cosplayer tampak sangat antusias mendatangi dan menyempatkan foto bersama anggota komunitas SHF Indonesia yang terlihat kompak dengan seragam yang dikenakan.

Hingga saat ini, berbagai seri SHF yang telah diluncurkan sejak Febuari 2008, diantaranya adalah serial tokusatsu dan anime-anime Jepang seperti: Masked (Kamen) Rider, Sentai, Kyouka Gaikokkaku, Dragonball, One Piece, PrettyCure, dan Tiger & Bunny.

Ingin tahu lebih banyak tentang S.H.Figuarts? Silakan kunjungi

Facebook Group S.H.Figuarts Indonesia:

http://bit.ly/ngBc1W

Atau follow twitternya di:

@shfindo

[Photo courtesy of: Willys Vandestio & Robby Umbara]