Tak Ada Shen Mue, Sleeping Dog Pun Jadi

Terus terang saya bukanlah penggemar serial True Crime, jadi ketika True Crime Hongkong berganti nama menjadi Sleeping Dogs, saya juga tidak terlalu memperhatikannya. Tapi setelah memainkannya, saya harus akui bahwa Sleeping Dogs ini jauh lebih baik dari semua seri True Crime selama ini. Memang sih ada beberapa hal yang masih kurang dari game ini, tapi ada juga beberapa fitur yang bisa dibilang jauh lebih baik dari game-game sandbox yang ada selama ini.

Salah satu hal yang saya bilang paling brilian dari Sleeping Dogs adalah fitur pertarungan melee-nya. Pertarungan melee di Sleeping Dogs terasa mengalir, sangat keren, dan penuh aksi. Yah… bisa dibilang mirip dengan pertarungan di Batman Arkham City yang sudah disederhanakan. Ini menurut saya adalah hal yang sangat positif, mengingat sebagian besar sistem pertarungan melee di game sandbox lainnya cukup menggelikan dan terlihat kaku. Selain itu, pengendalian kendaraan bermotor di Sleeping Dogs juga sangat spektakuler dan menyenangkan.

Selain kedua hal diatas, Sleeping Dogs membedakan diri dengan game-game sandbox lain lewat karakter utamanya, Shen, dan bagaimana ia bisa meningkatkan levelnya. Pada dasarnya, Shen memiliki tiga jenis EXP, yaitu EXP Cop, Triad, dan Face. Tergantung dari tindakan yang kamu lakukan maka EXP Cop, Triad, dan Face-mu akan bertambah maupun berkurang.

Jadi di Sleeping Dogs menjadi polisi baik ataupun menjadi penjahat brutal sama-sama memiliki keuntungan. Oh iya, seperti yang sudah bisa kamu duga, EXP cop meningkat seiring dengan tindakan baik yang dilakukan, EXP triad meningkat seiring dengan kejahatan yang dilakukan, dan EXP Face meningkat seiring dengan kepopuleranmu dengan warga.

Sayang Terlalu Singkat
Sayangnya dibalik berbagai fitur yang keren, Sleeping Dogs juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kelebihan maupun kekurangan dari Sleeping Dogs saya kira adalah jalan ceritanya. Memang perjuangan Shen untuk mengungkap dan menumpas organisasi Triad di Hongkong sangat asik untuk diikuti, tapi sayangnya, jalan ceritanya juga bisa dibilang terlalu singkat. Hanya dalam waktu 15-20 jam saja kamu sudah bisa menamatkan quest utama dari Sleeping Dogs. Untungnya setelah kamu menyelesaikan misi utama, masih ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, misalnya bersantai sambil karaoke-an, mengikuti balap mobil, dan mengumpulkan berbagai collectible yang tersebar di seluruh penjuru Hongkong. Oh iya, satu hal lagi yang disayangkan dari Sleeping Dogs adalah, game ini eksklusif untuk satu pemain saja.

Spesifikasi Sistem:
OS: Windows XP (SP2), Windows 7
CPU: Core 2 Duo E4400 2.0GHz, Athlon 64 X2 Dual Core 4400+ (atau yang setara)
RAM: 2 GB
Hard Drive: Setidaknya 15 GB
Video: GeForce 8800 GT, Radeon HD 3870 (atau yang setara)
Direct X: Direct X 10

SHARE
Previous articleEmpat All-In-One PC Baru Dari HP, Pilihan Super Tipis atau Mendukung 10 Sentuhan
Next articlePrototype 2, Kini Lebih Leluasa Menjelajahi Sudut-Sudut Kota
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.