Mengintip Fakta Menarik di Balik Layar Resident Evil: Retribution

Masih dalam hype perilisan Resident Evil (RE): Retribution yang menurut rencana akan ditayangkan mulai besok di teater-teater tanah air, kali ini saya akan menuliskan beberapa kisah di balik layar RE: Retribution yang tentunya tidak kalah seru dibandingkan filmnya sendiri.

Apa saja fakta menarik dan kisah di balik layar film ini? Langsung simak yuk!

  • Salah satu zombie yang muncul di film ini adalah parasit Las Plagas dari RE 5. Zombie ini bisa berlari, mengendarai sepeda motor, dan menembakkan machine gun. Menyeramkan ya!
  • Pihak rumah produksi membuat satu scene pengejaran yang terinpirasi dari salah satu scene RE 5. Jika di RE 5 zombie mengejar para karakter yang mengendarai Hummer, maka di game ini Hummer tersebut digantikan oleh sebuah mobil Rolls Royce Phantom.
  • Merespon kritikan dari penggemar yang menganggap film RE lebih mengutamakan aksi daripada sisi horornya, Anderson memiliki jawaban yang unik. Dia membandingkan antara game-game RE dari dulu hingga sekarang, dan menganggap game RE juga mengalami evolusi serupa, dari game horor menjadi game yang penuh aksi di RE 5. Dia juga memuji konsistensi franchise ini dalam membuat perubahan demi perubahan.
  • Ketika menentukan siapa karakter baru yang akan dimunculkan dalam Retribution, Anderson dan Jovovich mendengarkan saran-saran dari beberapa fanbase RE. Dari survey tersebut, akhirnya terpilih Leon Kennedy, Ada Wong dan Barry Burton yang menempati tiga teratas daftar karakter yang menjadi pilihan para fans.
  • Ketika melakukan casting aktor dan aktris untuk karakter baru, rumah produksi sudah melakukan yang terbaik untuk mendapatkan sosok yang sangat mirip dengan karakter game-nya. Hasilnya bisa dilihat dari Johann Urb yang memerankan Leon, Li Bingbing yang memerankan Ada Wong, dan Kevin Durand yang memerankan Barry Burton. Mirip bukan?
  • Ketika Anderson menandatangani kontrak film pertamanya dulu, dia langsung terbang ke Osaka dan menghabiskan tiga hari di markas Capcom untuk mempresentasikan idenya dan berdiskusi dengan beberapa kreator RE.
  • Anderson mengatakan, bahwa Capcom juga sangat berperan dalam pembuatan film ini. Di beberapa bagian, seringkali Capcom memberikan beberapa masukan, yang akhirnya mengubah bagian tersebut secara keseluruhan sesuai dengan yang diinginkan Capcom.
  • Film ini nantinya dibuka dengan kelanjutan ending Afterlife, yang mengambil setting di dek kapal Arcadia.
  • Terdapat tiga tipe zombie dalam film ini nantinya: satu tipe yang benar-benar baru, zombie Rusia yang mirip dengan Las Plagas, dan zombie di Tokyo. Beberapa zombie juga dibuat dengan menggunakan CGI.
  • Mungkin beberapa dari kamu heran dengan kemunculan beberapa karakter yang sudah mati seperti Rain Ocampo dalam film ini. Ya, Rain memang bangkit dari kematian, dan itu merupakan hasil kloning dari Umbrella. Umbrella mengkloning Rain menjadi dua, Bad Rain yang terinfeksi dengan parasit Las Plagas dan mempunyai kemampuan super, dan Good Rain yang membantu Alice.  Selain itu, Jill yang sudah menampakkan diri di ending Afterlife juga akan mendapatkan porsi lebih banyak. Dia mengenakan sebuah emblem merah di dadanya, dan tengah berada di bawah kendali Umbrella.
  • Di beberapa bagian film, kamu akan melihat kilas balik kehidupan beberapa karakter sebelum virus Umbrella merajalela. Beberapa diantaranya adalah Rain Ocampo yang mengendarai mobil tanpa memegang satu pucuk senjata pun, dan Carlos Olivera yang merupakan seorang ayah.
  • Pertarungan besar antara Alice dan Jill di daerah es diklaim adalah salah satu pertarungan terbesar dalam film ini. Tercatat, ada 200 gerakan yang diambil selama adegan pertarungan ini!
  • Selain pertarungan antara Alice dengan Jill, Moskow juga menghelat adegan aksi terbesar di film ini. Adegan yang dimaksud adalah sebuah adegan yang diambil waktu malam, dimana sebuah mobil Roll Royce Phantom yang berisi para karakter utama dikejar para zombie Las Plagas yang mengendarai sepeda motor. Bukan hanya mengejar, di akhir adegan, mereka bermutasi bukan hanya bisa mengendarai motor, melainkan juga bsa menembakkan machine gun.
  • Alice memiliki hubungan ibu dan anak dengan Becky di film ini. Namun, sebelum para penggemar berspekulasi itu memang putrinya, Jovovich terlebih dahulu angkat bicara. Dia mengatakan bahwa hubungan ini mirip dengan hubungan antara Ripley dan Newt dalam film Aliens. Dia juga mengatakan, bahwa hubungan ini dibuat Alice untuk menjaga sisi kemanusiaannya.
  • Produser serial RE mengatakan, bahwa budget yang mereka gunakan untuk membuat film selalu meningkat di setiap serinya.
  • Jika di game kita pernah melihat hubungan kekasih antara Ada Wong dan Leon, maka di film ini hubungan tersebut tidak ditunjukkan oleh pihak rumah produksi.
  • Anderson mengatakan, bahwa film keempat (Afterlife) adalah awal baru bagi trilogi RE, dan sudah menyiapkan film keenam sebagai pamungkas kisahnya. Lebih lanjut dia juga mengungkapkan bahwa sebenarnya dia sangat ingin menjadi sutradara film kedua dan ketiganya dahulu. Sebagai informasi, posisi Anderson sebagai sutradara digantikan oleh Alexander Witt di Apocalypse, dan Russell Mulcahy di film ketiga dikarenakan Anderson sudah memiliki komitmen untuk menyelesaikan proyek lain. Dia juga sangat senang bisa kembali membesut film kelima ini.
  • Ada rumor yang beredar, bahwa jika rumah produksi jadi membuat film keenamnya, maka Becky yang menjadi putri Alice di film ini akan mendapatkan peran yang sangat penting. Apakah rumor ini benar?
  • Apakah Li Bingbing memangkas rambutnya untuk memerankan Ada Wong? Jika dilihat sekilas, sepertinya itu adalah rambut asli Li. Namun, ketika dikonfirmasikan, ternyata dia menggunakan wig! Yang mengejutkan adalah harga wig ini, yang mencapai US $7.500 per bijinya!
  • Anderson meminjam banyak adegan dari game untuk dijadikan inspirasi Retribution, sama seperti apa yang dilakukannya di film-film sebelumnya.

Ada yang kelewatan, atau kamu mungkin juga memiliki fakta-fakta di balik layar lainnya yang juga seru? Jangan malu-malu untuk share di kolom komentar ya!