Pilihan Baru Lenovo, IdeaPhone K860 Quad Core atau IdeaPhone A660 Anti Debu-Air

Lenovo mulai dikenal setelah bekerjasama dengan Trikomsel Oke memasarkan smartphone Android 4.0 Lenovo S880. Di luar sana, mereka baru saja menjual dua Droid lainnya yang tidak biasa… satu quad-core hanya 3 jutaan, dan satu lagi anti air dan debu.

Berlanjut kemudian beberapa hari lalu, Lenovo kembali mengkonfirmasikan smartphone Android lainnya. Kali ini ditujukan bagi mereka yang berjiwa aktif, karena Lenovo A660 ini menjadi Droid pertama Lenovo yang mengantongi sertifikat IP67, sehingga termasuk tahan terhadap debu dan air, serta mampu berada di dalam air pada kedalaman 1 meter selama 30 menit. Berbeda dengan flagship-nya, Lenovo A660 ini juga bisa menerima dua kartu SIM bersamaan, dengan info awal kedua SIM bisa digunakan untuk mengakses koneksi data 3G. Layarnya 4-inchi, yang dilindungi lapisan Gorilla Glass, kamera utama 5-megapixel dan kamera VGA di depan, ketebalan 10.5mm, sekaligus prosesor dual-core 1GHz, serta baterai 1500 mAh.

Data awal menunjukkan jika kedua SIM-nya bisa digunakan untuk mengakses koneksi 3G. Demikian kemungkinan besar chipset yang digunakan dalam A660 ini tetap dari Mediatek (karena mereka memang menyediakan chipset yang mendukung dual SIM), khususnya tipe MTK6577. Chipset dari Mediatek yang memang dengan banderol produksi murah ini sebenarnya tidak murahan lho… Dari penjelasan produknya kami mendapatkan resume seperti berikut ini:

Chipset MTK6577

  • Prosesor ARM Cortex-A9 dual-core dengan speed antara 1.0~1.2GHz
  • Kinerja grafis diserahkan pada GPU PowerVR SGX 531
  • Mendukung perekaman dan memutar video 1080p pada 30fps
  • Mendukung kamera hingga resolusi 16-megapixel
  • Teknologi 40nm
  • Mendukung dua kartu SIM dan keduanya bisa bekerka di kanal data WCDMA atau GSM

Bagian pinggir Lenovo S880 ini dihiasi chrome yang mengingatkan kami pada chrome Sony Ericsson Xperia Arc.

Sebagai perbandingan, Lenovo S880 dengan chipset MTK6575 (prosessor ARMv7 Cortex-A9 1.0GHz, GPU PowerVR SGX531 Ultra) menghasilkan nilai benchmark Quadrant yang tidak bisa diremehkan — dan nyaris membuat saya mengeluarkan kartu untuk membelinya… hehe! Nilai Quadrant-nya dalam kondisi default mencapai 2337, dan dengan kinerja 3D yang lumayan, mencapai 1716 point — wajar, meskipun layarnya 5-inchi, namun resolusi layarnya hanya WVGA 480 x 800 pixel.

Hasil benchmark Quadrant Lenovo S880 yang menggunakan prosesor MTK single-core terbukti tidak bisa diremehkan…

Sumber: Zol

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.