Monster Hunter 3 Ultimate, Hadirkan Fitur Crossplay Wii U dengan 3DS

Benar sekali, perilisan Wii U nanti di Jepang akan dibarengi dengan perilisan versi port Monster Hunter (MH) 3G yang dulu dirilis oleh Capcom untuk 3DS. Berjudul MH 3G HD Ver., Capcom juga akan merilisnya untuk US dan Eropa dengan judul baru, MH 3 Ultimate. Yang perlu diperhatikan, game ini akan dirilis untuk Wii U dan 3DS sekaligus, dan pastinya akan memaksimalkan penggunaan layar sentuh kedua platform tersebut untuk memudahkan akses menu bagi pemain (seperti senjata, peta, dan mini game).

Engine MT Framework milik Capcom akan meningkatkan kualitas grafis game ini saat dimainkan menggunakan Wii U. Jika menggunakan 3DS, pemain bisa saling bertukar guild card yang berisi semua informasi karakter hunter dengan pemain lain via StreetPass.

Screenshot MH 3G HD Version

Fitur uniknya tak lain dan tak bukan adalah crossplay antar platform (Wii U dan 3DS). Fitur multiplayer lokal hingga empat pemain bisa diakses baik dengan Wii U maupun 3DS. Hanya saja versi Wii U memiliki keunggulan dengan fitur multiplayer secara online, sedangkan versi 3DS hanya terbatas pada multiplayer lokal saja. Jadi kamu yang memiliki 3DS bisa berburu bersama temanmu secara lokal yang memiliki Wii U melalui MH 3 Ultimate ini.

Asiknya lagi, game ini mendukung save data secara crossplay, artinya jika di rumah kamu bermain dengan WiiU (yang layarnya lebih lega) dan menyimpan data permainan, kamu nantinya bisa mentransfer data tersebut ke 3DS-mu dan melanjutkan permainan sambil berjalan-jalan misalnya, begitu pula sebaliknya. Asik bukan?

Screenshot MH 3 Ultimate

Pihak Nintendo sendiri sudah menyiapkan bundel Wii U untuk perilisan game ini di Jepang,  yang berisi Wii U premium set, kontroler klasik, dan copy game MH 3G HD Ver. dengan harga 38,850 yen. Menurut rencana, Nintendo dan Capcom akan merilis MH 3G HD Ver. bersamaan dengan perilisan Wii U di Jepang, yakni pada tanggal 8 Desember 2012 mendatang. Sedangkan versi US-nya, MH 3 Ultimate, menyusul pada bulan Maret 2013. Pastinya pemilik 3DS yang mendambakan versi US dari MH 3G bisa tersenyum bahagia dengan kabar ini, dan membuat saya makin ingin memiliki 3DS hehe.

Bundel Wii U dengan MH 3G HD Version

Berikut adalah pengumuman resmi dari produser serial MH, Ryozo Tsujimoto.

[ Sumber : Gematsu, Siliconera (2, 3) ]