Jump Attack yang Mengubah Gameplay Monster Hunter 4

Capcom memberikan fitur gameplay baru untuk MH4 ini (selain dengan senjata baru), yakni Jump Attack. Untuk pertama kalinya dalam sejarah serial MH, karakter bisa melakukan serangan di atas udara dengan cara melompat dari tebing atau berlari dari tempat yang tinggi kemudian menyerang monster yang berada tepat di bawahnya.

Tiap senjata di MH4 memiliki Jump Attack-nya masing-masing. Ada yang mudah dilakukan, tapi ada pula yang membutuhkan strategi karena butuh waktu yang pas untuk bisa mengeluarkannya (dengan damage yang lebih besar). Jika dilakukan dengan benar, akan ada kesempatan monster yang diserang langsung pusing. Di saat monster pusing ini, karakter bisa melompat ke atas punggungnya dan menyerangnya dengan pisau. Tiap tusukan pisau akan mengisi gauge khusus, dan jika penuh maka monster akan terbalik serta memberikan kesempatan lebih banyak untuk diserang.

Berikut adalah sedikit detail mengenai Jump Attack untuk masing-masing senjata di MH4.

Misaomushi Cane

Senjata baru ini memiliki Jump Attack yang unik, karena tidak perlu harus berlari dari tebing atau tempat tinggi, dimana karakter bisa memantulkan dirinya dengan senjatanya yang panjang. Tentu ini berguna bagi mereka yang tidak mau repot harus berlari-lari untuk melakukan Jump Attack, yang memberikan mobilitas lebih bagi pengguna Misaomushi Cane.

 

Great Sword

Jump Attack senjata ini adalah tebasan yang sangat kuat saat akan mendarat dari sebuah lompatan. Butuh waktu yang pas juga, sama seperti penggunaan full charge dari Great Sword itu sendiri saat digunakan untuk berburu monster.

 

Long Sword

Jump Attack-nya memaksimalkan penggunaan Spirit Slash, terutama ketika Spirit Gauge-nya sudah penuh. Sama seperti Great Sword, serangannya adalah tebasan yang sangat kuat menggunakan kekuatan Spirit saat mendarat.

 

Sword and Shield

Senjata ini memiliki Jump Attack yang simpel tapi kuat. Tambahan gerakannya adalah tebasan memutar dan serangan dengan timing tertentu untuk menyerang musuh, memberikan damage tambahan pada senjata Sword and Shield yang sebelumnya memang diremehkan kekuatannya.

 

Dual Sword

Pengguna Dual Sword bisa memasuki mode Demonization untuk Jump Attack-nya, yang memberikan serangan akrobatik di tengah udara beserta serangan pamungkas di akhir rentetan combo untuk membungkam monster buruan.

 

Hammer

Karakter bisa men-charge serangannya sesaat sebelum melompat dan melepaskannya ke arah monster sebelum mendarat untuk memberikan serangan yang sangat dahsyat saat mengenainya. Tentu saja dengan ini, pengguna Hammer bisa lebih tepat mengenai kepala monster yang sebelumnya susah untuk dicapai.

 

Hunting Horn

Hampir mirip dengan Hammer, hanya saja Hunting Horn ini tampil tanpa perlu men-charge serangannya terlebih dahulu. Penempatan waktunya juga tidak sesulit Hammer, dan memberikan damage lebih terutama ketika menggunakan Recital Slam (menyerang sambil mengeluarkan nada-nada tertentu).

 

Lance

Lance adalah satu dari dua senjata yang tak perlu berlari dari tebing untuk melakukan Jump Attack (seperti Misaomushi Cane). Pastinya ini akan memudahkan. Tapi bila kamu ingin melompat, tetap bisa dilakukan, dengan tambahan melakukan charge dulu kemudian melompat untuk menusuk monster dengan kekuatan penuh dari udara.

 

Gunlance

Walaupun mirip dengan Lance, senjata Gunlance ini memiliki Jump Attack yang sedikit berbeda. Dengan melompat dari tebing, pengguna Gunlance bisa memukulkan senjatanya diikuti dengan Full Burst (mengeluarkan semua peluru) sebagai penutup combo. Atau langsung menggunakan Full Burst setelah melompat.

 

Light/Heavy Bowgun

Pengguna senjata ini bisa mengisi ulang pelurunya ketika melompat, sehingga tetap bisa menyerang meskipun sudah mendarat. Tentu saja variasi kecepatan mengisi ulangnya berbeda tergantung dari jenis Bowgun yang dipakai.

 

Switch Axe

Saat melompat, pengguna senjata ini bisa mengganti bentuknya dari kapak ke pedang atau sebaliknya, sehingga memudahkan serangan combo di atas udara sesuai dengan keinginan.

[ Sumber : Siliconera ]


SHARE
Previous articleSaksikan Demo 8 Menit Medal of Honor: Warfighter
Next articlePre TGS 2012: Mengintip Persiapan Agate Studio Menuju Tokyo!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.