Oppo Find 5, Rekor Smartphone Pertama Berlayar Full HD 1080p

Pertengahan Juli 2012 lalu kita dibuat kagum karena ada nama tidak terkenal dari China, Oppo, yang mengkonfirmasikan smartphone tertipis (hanya 6.65mm) di dunia, yaitu Oppo Finder. Smartphone berprosesor dual-core tersebut sudah dijual di China dengan harga sekitar Rp. 3 jutaan saja. Seminggu lalu mereka kembali membuat kejutan setelah mengkonfirmasikan smartphone yang kembali meraih rekor, karena menjadi yang pertama dengan layar full HD 1080p.

Oppo kini sedang menyiapkan Oppo Find 5. Sesuai namanya, smartphone tersebut menggunakan layar 5-inchi, yang akhir – akhir ini produk ber-merk lokal dengan layar 5-inchi memang mewabah di Indonesia. Jika bidang layarnya biasa buatmu, resolusinya membuat kita tercengang. Di bidang yang termasuk kecil tersebut, dijejalkan resolusi 1080p alias 1920×1080 pixel. Tidak hanya itu saja, kerapatan pixel-nya pun mencapai 441ppi — bisa dibayangkan, pasti aduhai mulus sekali penampilan layarnya, dan jelas menyingkirkan semua pilihan dari brand ternama lainnya. Bahkan secara teori, layar Retina-nya iPhone 5 sekalipun tidak ada apa – apanya dibandingkan Find 5 ini — 441ppi vs 326ppi, terlihat sekali bedanya, walaupun layar iPhone 5 hanya 4-inchi. Dengan resolusi dan kerapatan setinggi itu, layar LCD telah mampu mencapai kualitas tulisan terkecil di sebuah koran. Karena pada 500ppi hingga 600ppi, kamu tidak akan merasakan bedanya membaca koran secara langsung atau melalui layar LCD.

Dan untuk memproses resolusi sebesar itu, jelas hardware-nya tidak bisa yang biasa saja. Untuk itu Oppo menyerahkan kinerja keseluruhan pada chipset dari Qualcomm, tepatnya dari tipe Snapdragon S4 Pro yang digerakkan oleh empat inti prosesor Krait. Kami sempat mengulas kinerja chipset tersebut melalui artikel ini, dan juga LG yang menjadi pihak pertama mengajukan duet prosesor dan smartphone mereka melalui LG Optimus G. Android 4.1 Jelly Bean pun langsung build-in di dalamnya. Kemudian RAM-nya juga diketahui langsung memberi space terlega 2GB untuk kebutuhan multi-tasking maksimal, kamera utama 12-megapixel, kamera depan 2-megapixel, pilihan internal storage 16GB atau 32GB serta dukungan baterai 2,500mAh. Belum ada kepastian berapa harganya. Namun kami lebih berharap, Oppo bisa segera menemukan partner di negara selain China untuk memasarkannya secara global… Indonesia, please!

SHARE
Previous articlePre TGS 2012: Mengintip Persiapan Agate Studio Menuju Tokyo!
Next articleProsesor iPhone 5 Menggunakan Chipset Baru Racikan Apple
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.