Jelajah Tokyo: Shinjuku

Di tengah-tengah tugas liputan Tokyo Game Show 2012, saya berkesempatan untuk jalan-jalan menjelajah Tokyo. Tujuan pertama saya adalah Shinjuku, kawasan metropolis Tokyo.

Jelajah Tokyo: Shinjuku

Jelajah Tokyo: Shinjuku

Di sela-sela tugas meliput Tokyo Game Show 2012, saya menyempatkan diri untuk menjelajah Tokyo. Pikiran saya sudah ke pulau artifisial Odaiba, atau makan di Roppongi, mengunjungi kuil di Asakusa, Disney Sea, LEGO Land, atau mungkin juga mencoba onsen. Tapi saya sadar betul, waktunya nggak banyak. Semuanya harus direncanakan. Maka saya memutuskan untuk mengunjungi tiga tempat saja: Shinjuku, Shibuya, dan Harajuku.

Jelajah Tokyo: Shinjuku

Shinjuku berada di tengah Tokyo, dan disebut sebagai wilayah metropolisnya Tokyo. Distrik ini punya mal-mal besar, gedung pemerintahan, universitas, taman nasional, sampai apartemen dan kondominium. Stasiun Shinjuku disebut-sebut sebagai stasiun tersibuk dan terpadat di seluruh Jepang.

Jelajah Tokyo: Shinjuku

Tujuan saya ke Shinjuku adalah melihat sisi modern Tokyo, sekaligus mengunjungi toko buku Kinokuniya. Kebetulan ada dua Kinokuniya di Shinjuku. Kinokuniya pusat terletak di dekat stasiun Shinjuku. Sedang salah satu cabang Kinokuniya terbesar juga ada di Takashimaya, yang tak terlalu jauh dari stasiun Shinjuku.

Beberapa hal yang cukup menarik dari Shinjuku adalah Tokyo Metropolitan Government Center. Gedung pemerintahan ini didesain oleh arsitek ternama, Kenzo Tange. Selain itu juga ada DoCoMo Tower, yang bentuknya mirip dengan Empire State Building. Gedung ini dimiliki oleh NTT DoCoMo, perusahaan operator seluler terbesar di Jepang.

Jelajah Tokyo: Shinjuku

Jelajah Tokyo: Shinjuku

Oh ya, Square Enix juga baru saja memindah kantornya ke wilayah Shinjuku. Saya juga sempat mengunjunginya. Untuk kunjungan dadakan ini, nanti akan saya bahas di artikel lain.

Jelajah Tokyo: Shinjuku

Kalau kamu suka nonton film, Shinjuku punya banyak gedung bioskop. Ada Cinem@rt, Wald 9, dan yang paling baru, Shinjuku Piccadilly. Tidak seperti di Indonesia, yang bioskopnya didominasi oleh jaringan 21 Cineplex dan Blitz, di Jepang masing-masing bioskop dimiliki oleh perusahaan berbeda. Masing-masing juga memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Shinjuku Piccadilly, misalnya. Bioskop ini punya fasilitas menonton private untuk dua orang. Harganya sekitar ¥30,000 untuk berdua.

Toko musik/film juga mendominasi Shinjuku. Ada Disk Union, HMV, dan Tsutaya. Tapi pilihan saya jatuh ke Tower Records, yang tak jauh dari Shinjuku Station. Tower Records adalah toko musik terbesar dan terlengkap di Jepang. Pilihannya sangat beragam. Mulai dari artis Jepang, artis dunia, musik klasik, juga soundtrack game/anime yang saya cari-cari.

Jelajah Tokyo: Shinjuku

Dua tempat lain yang tidak boleh dilewatkan adalah Tokyu Hands, yang terletak dekat dengan Takashimaya. Ini adalah toko yang menjual berbagai macam kerajinan dan produk kreatif. Mulai dari fashion yang unik, aksesoris, sampai manian. Tempat selanjutnya adalah Don Quijote, toko diskon 24 jam yang menjual berbagai macam benda unik. Meski sedang tidak perlu apa-apa, cobalah untuk mampir. Dijamin kamu akan keluar membawa sesuatu.

Saya menjelajah Shinjuku selama kurang lebih empat jam. Tidak panjang, tapi saya cukup puas menjelajahi sisi metropolis Tokyo. Lalu bagaimana dengan hunting buku di Konokuniya? Hmm, sayangnya saya tidak membeli apa-apa. Entah mengapa, saya sudah tidak familiar dengan artbook-artbook yang dijual. Terakhir ke Jepang, sepuluh tahun lalu, saya bisa keluar dengan membawa minimal tiga buku, kalau sudah mampir ke toko buku macam Kinokuniya (artbook Street Fighter, guide King of Fighters, dsb). Tapi sekarang, saya benar-benar tersesat dengan tokoh-tokoh baru game/anime Jepang (Tiger x Bunny, apa pula itu).

Jelajah Tokyo: Shinjuku Kinokuniya pusat di Shinjuku[/caption]

Jelajah Tokyo: Shinjuku Softmap, menjual game baru dan bekas[/caption]

Stay tuned di Duniaku Network, berikutnya kita akan menjelajah Shibuya.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU