Pro Evolution Soccer 2013 Review!

Pro Evolution Soccer (PES) 2013 resmi dirilis minggu lalu, berbagai review dan impresi sudah kami bahas, mulai dari munculnya Demo 1 dan Demo 2 juga sudah. Tapi belum lengkap rasanya kalo belum ngebahas game yang satu ini setelah hasil ujicoba sendiri ^^ Kali ini kita memainkan PES 2013 pada konsol PS3 dan hasilnya game yang dirilis tidak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan pihak Konami pada versi demo.

Dari review demo 1 disebutkan bahwa game terasa lebih lambat, dan pada demo 2 speed gameplay terasa lebih cepat dengan kondisi game speed yang sama, yaitu 0 (default). Nah di versi resminya speed gameplay kembali seperti pada demo 1 yang terkesan lebih lambat. Kenapa demikian? Karena mayoritas gamer PES/WE di Indonesia bermain dengan speed +2, kondisi pemain merah, dan gaya permainan yang dibilangnya gaya permain cepat, padahal menurut saya pribadi gak ada nikmat-nikmatnya bermain dengan gaya seperti itu. Saya sendiri setuju dengan apa yang dipilih oleh Konami dengan menampilkan permainan yang terkesan lambat tadi pada versi resmi PES 2013.

Kenapa saya setuju? Saya akan coba jawab dengan review lebih detail apa yang bisa kalian mainkan pada PES 2013 kali ini…

Sejak awal Konami sudah mempromosikan PES 2013 akan mengalami perubahan banyak pada aspek gameplay, bukan grafis. Hal itu terbukti mulai dari versi demo yang mereka tawarkan, di versi resminya pun perbaikan dan adaptasi permintaan komunitas banyak didengar oleh pihak Konami. Mulai dari passing yang seringkali masih ada ketidaksepahaman antara game dan tangan, di versi resmi passing dapat kalian lakukan sesuai keinginan kalian, baik arah maupun kekuatan passing. Jadi jika kamu memilki karakter permainan cepat, kalian bisa melakukan kombinasi operan-operan cepat dan thru-pass cepat ala Barca, atau possesion football dengan operan-operan lambat sambil melihat kondisi atau peluang dari AI yang bergerak aktif.

Jadi, buat yang bermain gaya “Indonesia” dari belakang bola lambung langsung ke striker atau yang cuma maenin CR atau Messi trus goyang-goyang coba ngelewatin lawan, disarankan kalian mulai lupakan gaya permainan seperti itu, karena di PES 2013 meski operan-operannya akurat dan pas, kendali saat bertahan pun mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Jadi buat yang ngoper-ngoper ngasal uda pasti operannya bakal terpotong dengan mudah, termasuk umpan lambung.

Lanjut ke halaman selanjutnya ya!