LG Mulai Menjual Optimus Vu II di Korea, Mencoba Menghadang Galaxy Note II?

LG Optimus Vu II

Trend phablet makin memanas. Apalagi menjelang Galaxy Note II dirilis. Seakan vendor lain berlomba – lomba mendompleng momen yang dibangun Samsung dengan mengenalkan phablet merek sendiri. Seperti LG yang kemarin mulai menjual Optimus Vu II.

Februari 2012 lalu, selama Mobile World Congress 2012, LG membawa satu phablet, LG F100S Optimus Vu. Phablet yang awalnya hanya dijual di Korea Selatan dan Jepang (menggunakan jaringan CDMA, ber-prosesor Snapdragon S3 dual-core, serta desain yang cukup “kaku” agak mengotak) tersebut kemudian juga dirilis versi globalnya sebagai LG P895 Optimus Vu, yang mengajukan prosesor quad-core nVidia Tegra 3. Versi internasional tersebut bakal muncul di pasaran Eropa, Asia, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin pada September 2012 ini. Indonesia sendiri rumornya bakal kebagian phablet ini Oktober 2012 mendatang. Namun kami sendiri masih belum mendapatkan kepastiannya dari LG Indonesia. Jika beneran bakal muncul Oktober, waktunya sangat pas dengan momen peluncuran Galaxy Note II yang kabarnya juga masuk Indonesia sekitaran awal Oktober.

LG P895 Optimus Vu, alias Optimus Sketch pasti langsung membuat mata terheran, karena memang desainnya tidak biasa. Mengotak, alias membesar ke samping (meskipun digunakan secara vertikal), bukanya ke atas seperti tipikal phablet lainnya. Layarnya 5-inchi, jadi seharusnya lebih nyaman digunakan dengan satu tangan dibandingkan Galaxy Note. Namun tetap proporsi desain yang membesar ke samping, membuatnya kembali memaksa telapak tangan merenggang lebar. Melengkapi nVidia Tegra 3, kamu juga mendapatkan RAM 1GB, internal storage 32GB yang tidak bisa ditambah lagi kapasitasnya, kamera 8-megapixel dan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Kembali ke topik, belum juga Optimus Vu internasional dirilis di pasaran, LG sudah menjual penerusnya di Korea. LG F-200L Optimus Vu II ini datang dengan ukuran layar yang sama, berbahan AH-IPS dengan ukuran 5-inchi yang kerapatannya 256 PPI, resolusinya pun masih sama XGA 1024 x 768 pixel, serta aspect ratio yang agak aneh 4:3 (bukan pilihan tepat untuk menonton movie). Namun untuk chipset, kini kamu bisa berharap lebih, karena ada Qualcomm MSM8960 yang mengajukan keluarga Snapdragon S4 dengan dua inti 1.5GHz di dalamnya.

LG Optimus Vu II mengikuti desail L Style yang diterapkan pada Android LG terbaru. Selain itu, kami juga suka bagaimana desainer LG bisa menempatkan ruang dengan baik. Jarak antara layar dengan bezel di kiri dan kanan begitu rapat. Overal phablet yang ditawarkan dengan pilihan warna Illusion Black, Illusion White dan Illusion Pink ini dimensinya 132.2×85.6×9.4mm dengan berat 159g saja. 

Perubahan lain seperti RAM menjadi 2GB, baterai yang sedikit lebih besar, 2,150mAh dibandingkan 2080 mAh pada Optimus Vu (baterai baru itu sepertinya sama seperti yang digunakan di Optimus 4X HD), internal storage 16GB yang bisa diperbesar maksimal hingga 32GB melalui microSD, fungsi IR blaster untuk merubahnya menjadi remote kontrol universal bagi home theater-mu melalui aplikasi QRemote, dukungan Miracast (standar baru Wi-Fi Direct yang bisa digunakan di banyak gadget, membantu kita menghubungkan dua gadget untuk bertukar file media dll), mendukung wireless charging dan koneksi VoLTE (jadi sementara varian awal Optimus Vu II ini juga hanya untuk Korea saja). Detail lain dari sumber yang kami dapat, seperti stylush Rubberdium Pen 2.0 yang digunakan untuk mengendalikan phablet ini juga didesain lebih tipis, dan diklaim lebih presisi.

Satu lagi yang menjadi keunikannya adalah aksesoris opsional “One Key,” semacam alarm yang bisa kamu pasang di jari, dan ketika ditekan bakal membuat smartphone-mu berbunyi keras, berguna jika kamu bingung dimana terakhir kali menyimpannya. Fitur lainnya, Optimus Vu II kini memiliki lampu LED untuk notifikasi, dengan warna seperti biru atau merah untuk menunjukkan ada notifikasi yang belum terbuka, atau sudah selesai men-charge baterainya. Optimus Vu II bakal dijual dengan harga 966,900 won (atau sekitar Rp. 8 jutaan) di Korea. Belum ada pengumuman apakah bakal ada versi internasional.

Perubahannya minim ya… bahkan justru malah melahirkan spekulasi, LG ingin mendompleng momen peluncuran Galaxy Note II-nya Samsung di sini. Namun kita tunggu saja kabarnya, terutama Optimus Vu / Sketch, karena bisa menjadi alternatif phablet yang lumayan dari segi spesifikasi berkat keberadaan Tegra 3. Berikut kami tautkan juga video mengenai Optimus Vu, setidaknya bisa sedikit memberi Citizen Duniaku gambaran seperti apa antar muka dan desainnya:

LG Optimus Vu: — User Scene: Woman version

LG Optimus Vu: – User Scene: Man version

Sumber: LG Korea


SHARE
Previous articleMarvel’s The Avengers Unseen Photos and Video (Part 2)
Next articleDigital Eight Siap Bersaing di Pasar Game Indonesia
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.