Interview Article: Nendonesia Gathering!

Nendonesia Surabaya Gath

Nendonesia memiliki komunitas yang mungkin belum banyak  orang tahu. Komunitas yang cukup besar karena telah memiliki website sendiri bagi para penggemar Nendoroid, Nendonesia.com. Dan pada tanggal 29 September, mereka melakukan gathering di salah satu mall di Surabaya. Dipimpin oleh salah satu pencetus berdirinya Nendonesia, Charlie, saya bersama rekan akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bertanya-tanya seputar komunitas mereka.

Diawali dari perkumpulan forum online di Kaskus ditahun 2010, komunitas ini semakin besar ketika sering diadakannya gathering bagi para penggemar Nendoroid. Keberhasilan komunitas ini sendiri, menurut Charlie, dikarenakan konten Nendoroid yang up-to-date yang terus menerus memanjakan para anggotanya dengan info-info seputar Nendoroid. Mereka mengambil langsung konten dari situs Jepang dan melakukan translasi langsung menjadi artikel lokal yang memberikan banyak informasi terbaru.

Charlie, salah satu pencetus Nendonesia

 

Yang perlu pembaca tahu, bahwa para pencetus Nendonesia, yang terdiri dari tiga orang, baru melakukan tatap muka langsung setelah dua tahun hanya dilakukan melalui forum online. Kalau Charlie merupakan wakil dari Surabaya, dua yang lain merupakan wakil dari Jakarta yang tentu saja terlebih dahulu telah saling bertatap muka secara langsung. Salah satu kegiatan Nendonesia saat kumpul-kumpul adalah Unbox. Yakni membongkar pasang bersama-sama Nendoroid yang telah dibeli. Di AFA.ID kemarin sekali lagi mereka melakukan gath sekaligus membuka stan Nendonesia di sana. Salah satu yang mereka lakukan adalah pameran buku fotografi yang berisi foto-foto hasil jepretan para Nendonesia, namun ada juga foto yang berasal dari penggemar Nendoroid dari negara lain.

Sampul depan buku fotografi Nendoroid

Nendoroid, tidak seperti kebanyakan mainan yang ditargetkan bagi para anak-anak, justru figma chibi ini ditargetkan bagi para remaja dan orang dewasa, terutama kaum adam. Ada dua jenis Nendoroid yang beredar, yakni tipe yang bersendi dan tidak bersendi. Tipe yang bersendi, menurut saya pribadi, lebih menarik. Nendoroid sendiri memiliki berbagai macam ekspresi muka yang imut dan menggemaskan, dan ternyata ekspresi tersebut dapat diubah-ubah! Ketika membeli sebuah Nendoroid, kita juga akan mendapatkan paket-paket ekspresi wajah yang berbeda-beda, yang dengan mudah dapat kita bongkar pasang di Nendoroidnya.

Banyak sekali Nendoroid yang mengambil wujud karakter-karakter anime terkenal, namun ternyata yang paling pertama muncul adalah model Hatsune Miku dari Vocaloid. Setiap tahunnya dirilis model Hatsune Miku yang berbeda versi, nah di foto ini adalah versi Snow Miku.

Yang menarik lagi adalah ada salah satu Nendonesia yang memodifikasi Nendoroidnya, menghasilkan model lain yang kualitas warnanya juga menarik. Selain itu, ada tipe Nendoroid yang limited dan mungkin agak sulit untuk didapatkan, yakni Nendoroid yang di bundle bersamaan dengan game-game. Nendoroid ini biasanya mengambil model tokoh dari game tersebut.

Meskipun menurut saya hobi ini cukup mahal, dengan harga standard dari sebuah Nendoroid ketika dirupiahkan sekitar 400ribuan, namun dengan animo yang terus naik, justru semakin menambah banyak peminat Nendoroid ini di Indonesia. Siapa tahu, melihat potensi pasar kreatif Indonesia, mereka mau untuk membuat Nendoroid dengan model karakter asli Indonesia. Siapa tahu…

SHARE
Previous articleBorderlands 2, Penyempurnaan Disegala Bidang
Next articleInazuma Eleven Go Chrono Stone Episode 19 – 20, Mixi Max yang Gagal (Lagi)
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.