Samsung ATIV Smart PC dan ASUS VivoTab RT Siap Mendukung Windows 8

Oktober akan menjadi milik Microsoft dengan Windows 8 dan Windows Phone 8 jika momentum terus dibangun. Apalagi partner mereka pun turun mendukung dengan mengkonfirmasikan gadget yang langsung menggunakan sistem operasi baru tersebut.

Samsung ATIV Smart PC

Mulai salah satu operator seluler Amerika, AT&T melalui press room mereka menambahkan Samsung ATIV Smart PC dalam jajaran lineup tablet yang mendukung koneksi 4G LTE — sebenarnya Samsung sudah mengkinfirmasikannya bersamaan dengan ketiga perangkat ATIV lainnya akhir Agustus 2012 lalu. Tablet ber-Windows 8 mengajukan dimensi fisik yang tidak terlalu besar, karena memang dirancang untuk kemudahan. Kamu bisa mememasangkan keyboard dengan konsep docking yang bisa dilepas dengan mudah, dan memberi kebebasan pengoperasian antara model clamshell notebook PC dan tablet PC.

Keluarga Samsung ATIV… ada ATIV Smart PC, ATIV Smart PC Pro, ATIV Tab, dan ATIV S

Melalui ATIV Smart PC kamu bisa berinteraksi dengan antar mukanya melalui layar 11.6-inchi HD PLS dengan resolusi 1366×768 pixel, yang didalamnya didukung oleh chipset Intel Atom Clover Trail dengan prisesor dual-core 1.5 GHz, dan ada internal storage sebesar 64GB. Selain Windows 8, Samsung juga memberikan versi trial dari Microsoft Office 2013. Oh ya, mungkin kamu belum tahu, Samsung menggunakan nama ATIV sebagai pengenal bahwa seri tersebut menggunakan OS Windows 8, atau Windows Phone 8. Sama seperti lineup Galaxy mereka, yang semuanya memang menggunakan OS Android. ATIV sendiri kebalikan dari kata “vita,” yang berarti “hidup” dalam bahasa Latin.

Detail lain dari Smart PC ini adalah jatah RAM-nya yang mencapai 2GB, ada speaker stereo, kamera belakang 8-megapixel (dengan kemampuan video 720p), kamera depan 2-megapixel, 3G dan 4G LTE, port micro HDMI, slot microSD, dan dua port USB 2.0. Satu lagi yang unik dari Smart PC ini adalah adanya dukungan penggunaan Pen (atau stylus) yang bakal sangat berguna ketika kamu menuliskannya pada aplikasi OneNote. Untuk kekuatan baterainya, diklaim Samsung bertahan hingga 13.5 jam. Samsung juga mengatakan jika dari sisi hardware, Smart PC mereka ini mendukung backward compatible dengan Windows 7.

ATIV Smart PC Hands-On Video at IFA 2012

ASUS VivoTab RT

Selain dari Samsung, AT&T juga menawarkan tablet 4G LTE lainnya, yaitu ASUS VivoTab RT (sebelumnya disebut  Tablet 600). Wakil dari ASUS ini tidak tanggung – tanggung langsung mengajukan chipset dengan prosesor quad-core, dan menggunakan Windows 8 RT, atau OS yang mendukung teknologi prosesor ARM. Didesain tipis dan ringan, VivoTab sangat ideal digunakan sebagai platform game, sekaligus untuk enterteinment mobile dan juga menunjang produktifitas melalui aplikasi berbasis office.

Untuk VivoTab RT ini, ASUS memilih layar berbidang 10.1-inchi beresolusi 1366 x 768pixel yang mendukung multi-touch dan dibuat dari bahan Super IPS+. Melalui teknologi pemrosesan layar ASUS TruVivid, tampilan yang dihasilkan layar tersebut terlihat lebih cerah dan natural — well, ciri khas layar IPS memang menghasilkan warna lebih asli daripada AMOLED yang cenderung terlalu berlebihan kontrasnya.  VivoTab RT yang tebalnya hanya 8.3mm dan berat 520g  ini juga dilengkapi internal storage 32GB, 2GB RAM, kamera 8-megapixel di belakang, 2-megapixel di depan, chip NFC dan chipset dari nVidia Tegra 3 TE.

Sayangnya, meskipun ada konfirmasi dari operator seluler tesebut kita juga belum bisa mengetahui berapa detail tablet – tablet Windows 8 ini. Bisa jadi semua vendor menunggu Microsoft mengumumkan harga yang pasti untuk Surface akhir Oktober ini.

Hands on with the ASUS Vivo Tab RT

Sumber: AT&T Press Room


SHARE
Previous articleVertu x Italia Independent Meluncurkan Dua Ponsel Constellation
Next articleDetail Black Ops: Declassified, Minus Jadwal Rilis
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.