Google Meng-update Play Store ke Versi 3.9.16, Beri Opsi Merapikan Daftar Aplikasi

Sebelumnya kami pernah membuat panduan singkat untuk mengenali Play Store-nya Google. Pada salah satu bagian ada satu daftar panjang yang berisi data aplikasi apa saja yang pernah kamu install, dan mungkin sekarang sudah di-uninstall. Tidak semua aplikasi tersebut berguna, namun namanya ada di sana justru membuat daftarnya begitu panjang. Saat itu tidak ada cara untuk menghapusnya. Tidak setelah hari ini Google merilis update baru untuk Play Store.

Update baru ini mendapat kode v3.9.16 dan dengan beberapa fitur tambahan. Salah satunya adalah opsi untuk menghapus aplikasi dalam daftar ‘All’ yang ada pada ‘My Apps.’ Sebelumnya pada daftar itu kita tidak bisa melakukan apa – apa walaupun aplikasinya sudah dihapus dari Android. Namun kini ada tanda delete di sebelahnya, sehingga kamu bisa dengan mudah menghapusnya. Lebih lagi kamu bisa menekan dan menahan setiap nama aplikasi tersebut untuk menghapusnya bersamaan — toh saat ini semua aplikasi yang kamu butuhkan pasti masih ter-install dalam Android.

Fitur lainnya yang juga berguna adalah aplikasi Play Store versi baru ini bisa mengingat posisimu selama menggeser daftar panjang. Misalnya kamu sedang mencari aplikasi, geser panjang ke bawah, membuka salah satu, terntara tidak cocok deskripsinya, dan saat kamu kembali, posisimu tetap berada di bawah tepat di aplikasi yang terakhir kamu buka. Sebelumnya tidak, karenakamu bakal dikembalikan ke daftar teratas. Well, ini menjasi salah satu masukan dari para pengguna, dan Google sekali lagi mewujudkannya dalam update.

Update minor lainnya seperti ikon notification baru yang biasanya muncul ketika tersedia update baru, lalu jika ada lebih dari satu aplikasi yang muncul notifikasi update, maka kamu bisa mendapatkan detail aplikasi apa saja yang mendapatkan update langsung dari notification tersebut. Selain itu, kini Android-mu juga bakal menunjukkan ikon untuk aplikasi yang baru saja kamu update, bukanya ikon yang sama seperti ketika muncul ada notifikasi update.

Seperti biasa, Google mem-push update ini secara berkala, dan mungkin kita yang di Indonesia belum mendapatkan update untuk Play Store ini. Namun seperti biasa, kamu yang sudah ingin mencobanya bisa men-download file .apk-nya dari link di bawah.

Download Play Store versi 3.9.16 atau dari link Mediafire.

SHARE
Previous articleWujudkan Mode Multiplayer Melalui Shadowgun DeadZone, Open Beta Ekslusif Tegra
Next articleClan of Champions Pertama Kali Dirilis di PC, Versi Xbox Dibatalkan!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.