Apple iPad mini Kembali Meleset, Kini Diduga Bakal Hadir 23 Oktober 2012

Lebih baik terlambat, daripada tidak sama sekali. Cocok rasanya itu ditujukan pada iPad mini. Saat dunia sudah menerima baik konsep tablet dengan layar 7-inchi, yang memang nyaman digenggam, apakagi untuk keperluan membaca media (fungsi yang maksimal digunakan di negara seperti Amerika Serikat), Apple memutuskan ikut pesta tablet 7-inchi yang saat ini rekornya masih dipegang Kindle Fire. Perlahan rumor iPad mini berubah jadi nyata, apalagi menjelang desas – desus konfirmasi resminya triwulan terakhir 2012 ini. Berikut ini ringkasan perjalanan kabar mengenai iPad mini ketika makin santer terdengar Maret 2012 lalu.

Beberapa hari pasca Apple memberikan kabar resmi mengenai keberadaan new iPad pada 7 Maret 2012 lalu, kembali terdengar rumor versi mini dari iPad yang memiliki bezel (bidang di sekeliling layar) yang lebih kecil, sehingga keseluruhan ukurannya bisa disetarakan dengan tipikal tablet Android berlayar 7-inchi (seperti Kindle Fire, Galaxy Tab 2 7.0, dll), namun tetap ukuran diagonal layar yang lebih besar daripada pesainnya. Dan saat itu, ukuran layar 7.85-inchi sudah banyak dibicarakan. Diketahui juga iPad mini tidak akan memberikan kualitas layar beresolusi Retina, namun dengan resolusi yang sama seperti iPad atau iPad 2 pada 1024×768-pixel. Namun dengan ukuran layar yang mengecil, jelas tampilan grafisnya lebih baik dibandingkan dua kakaknya itu. Harganya pun sudah diprediksi semurah apa yang ditawarkan Amazon dan Google dengan Kindle Fire atau Nexus 7, yaitu antara $250-$300 — sementara kompetitor seperti Amazon dan Google menjual dengan harga antara $159-$249.

Berlanjut kemudian pertengahan Juli 2012, kembali terdengar kabar lain bahwa iPad mini sudah menjalani proses produksi part-nya di China, dan tidak lama dikapalkan ke pabrik Foxconn lainnya di Brazil. Di sana produksi berlanjut untuk merangkai iPad dengan ukuran layar 7.85-inchi tersebut mulai September 2012, dengan target mulai dijual selama musim liburan akhir tahun.

Dan selama September 2012, bulan yang disebut menjadi awal iPad mini diproduksi, mulai bermunculan banyak foto yang menunjukkan seperti apa kira – kira bakal penampilan fisik tablet tersebut. Begitu kompak sehingga masih mudah digenggam dengan sebelah tangah, casing aluminium seperti iPad lainnya, ada port Lightning yang memulai debutnya pada iPhone 5, layar dengan aspect ratio 4:3 seperti iOS lainnya (kecuali iPhone 5 tentunya), serta dua kamera di depan dan belakang. Saat foto – foto tersebut beredar, juga disebutkan jika harganya nanti tidak lebih dari $299!

Awal Oktober 2012 lalu, dan jika memang sesuai dengan jadwal, kembali muncul rumor jika Apple bakal menggelar konferensi resmi mengenalkan iPad mini ke publik pada 17 Oktober 2012. Awalnya diduga undangan seharusnya disebar pada 10 Oktober 2012 lalu. Namun ternyata sampai saat ini belum ada kabar lanjutannya. Sebelum Samsung menggelar event peluncuran Galaxy S III mini, juga ada yang menyebutkan jika Apple bakal menggelar event dadakan sehari setelahnya, atau seharusnya kemarin, untuk mengkonfirmasikan iPad mini. Dan ternyata kembali meleset.

[nggallery id=77]

Kali ini kabar baru berhembus, jika Apple sengaja memundurkan jadwal pengumuman mereka ke 23 Oktober 2012, dan demikian seharusnya undangan bakal mulai disebar minggu depan atau paling tidak satu minggu sebelum event tersebut berlangsung. Jika kabar baru ini benar, maka akhir Oktober 2012 ini tidak hanya menjadi masa tersibuk bagi sebagian orang yang menyiapkan rencana liburan akhir tahunnya. Namun Microsoft juga bakal menggelar event peluncuran Windows 8 dan tablet Surface mereka pada 26 Oktober 2012, berlanjut pada 29 oktober 2012 untuk meluncurkan Windows Phone 8!

Seperti inilah case yang diduga untuk iPad mini.

Jika memang benar Apple memilih 23 Oktober 2012 sebagai tanggal peluncuran iPad mini, dan seharusnya diikuti dengan ketersediaan tablet tersebut sehari kemudian, tidak lain untuk mencuri perhatian dunia dari event yang sebelumnya sudah dijadwalkan Microsoft. Kita tunggu saja kebenarannya, sepertinya memang hingga akhir tahun ini kejutan akan terus terjadi. Jika memang benar iPad mini muncul nantinya, semoga saja bisa sesukses ketiga generasi 10-inchi-nya yang sudah terjual hingga 84 juta unit!

Jika semua rumor iPad mini hanya sekadar gosip, tidak mungkin dummy-nya (lihat dua foto di atas) sudah banyak beredar di China, dan bisa didapatkan dengan harga hanya $15 saja, seperti di toko online ini! Di sana dijual dummy iPad mini dengan warna hitam dan putih. Video di bawah juga menggambarkan seperti apa keseluruhan desain fisiknya yang lebih mudah digenggenggam.

Exclusive iPad mini hands on video

SHARE
Previous articleHoN Kini Tersedia untuk Mac Dan Linux
Next articleHarga Resmi Windows 8 Terungkap, Kita Bisa Pre-Order Mulai Sekarang
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.