Apple Sebar Undangan, iPad mini dan MacBook Pro Baru Berlayar Retina di Depan Mata

Perbandingan new iPad dengan dummy iPad mini.

Sesuai prediksi sebelumnya, ternyata benar Apple mengirimkan undangan untuk sebuah event yang bakal mereka gelar 23 Oktober 2012 nanti. Petunjuknya adalah: “We’ve got a little more to show you.”

Dari petunjuk yang dituliskan pada undangan mereka, jelas bahwa apa yang bakal mereka konfirmasikan minggu depan tidak lain adalah iPad mini yang selama ini masih menjadi rumor. Dan sepertinya kata “little” bakal makin sering didengar nantinya. Kabar terakhir mengenai iPad mini adalah ditunjukkan dummy yang sudah banyak dijual di toko – toko online China, serta bocoran harganya.

Website dari Jerman, MobileGeeks.de mendapatkan foto yang menunjukkan salah satu toko elektronik di Jerman, MediaMarkt yang sudah memajang harga, kapasitas storage dan pilihan warna iPad mini. Menurut bocoran foto tersebut iPad mini ditawarkan dengan pilihan warna Hitam dan Putih, dengan opsi storage 8 hingga 64GB, Wi-Fi only atau Wi-Fi dan 3G, serta harga mulai €249 (Euro). Varian iPad mini dengan Wi-Fi saja dijual mulai €249 untuk storage 8GB, €349 untuk 16GB, €449 untuk 32GB, dan €549 untuk 64GB. Sedangkan jika kamu juga ingin mendapatkan koneksi 3G, tambahkan saja €100 pada semua harga varian Wi-Fi tersebut.

Range harganya tetap tinggi untuk sebuah tablet berlayar 7-inchi yang menarget pasarnya Google Nexus 7 dan Amazon Kindle Fire HD.

Meskipun bukan harga resmi, namun Apple sepertinya masih suka memberi standar harga tinggi untuk iOS mereka, walaupun dengan konfigurasi terendah. Dan harga iPad mini ini pun (yang versi 16GB Wi-Fi only) hanya €100 lebih murah dari kakak besarnya new iPad, yang harganya sekitar €475 (iPad 2 juga turun ke €389).

Dan meskipun bisa dinilai terlalu mahal, namun iOS tetap saja diburu, dan Apple meraup keuntungan yang tinggi dari setiap tablet iOS mereka. Beberapa waktu lalu dari hasil “membedah jeroan” iPad 2 dan new iPad, sempat beredar proyeksi total seharusnya yang dibutuhkan Apple untuk memproduksi kedua tablet tersebut, dan berapa gross margin yang mereka dapatkan.

Proyeksi harga iPad 2, new iPad, dan iPad mini berdasarkan part yang digunakan.

Walaupun iPad mini belum dirilis, sebenarnya kita  sudah bisa memperkirakan berapa total produksi “a little more” yang mungkin bakal jadi “the next big thing” ini, cek saja tabel di atas. Melihat iPad 2 dan new iPad dengan gross margin di atas 30%, kita bisa memperkirakan Apple bakal memberikan patokan yang sama. Dan jika harga iPad mini Wi-Fi 16GB berada pada €349 atau sekitar US $457, maka seharusnya biaya produksi iPad mini ini Wi-Fi 16GB hanya sekitar $250 saja!

MacBook Pro 13-inch dengan Retina Display

Oh ya, selain iPad mini, rumor lain menyebutkan jika dalam event 23 Oktober 2012 tersebut Apple juga bakal menunjukkan versi update dari MacBook Pro 13-inchi mereka, yang diduga akan dirilis kembali dengan penambahan layar Retina. Selebihnya seperti hardware dan desain tetap sama, karena memang sudah pernah di-upgrade dan dijelaskan selama Apple WWDCJuni 2012 lalu. MacBook Pro 13-inchi ini menawarkan unsur portability yang lebih tinggi, namun dengan harga yang lebih rendah dari $2,199, yang menjadi harga termurah versi 15.4-inchi. Mengenai layar Retina, sebenarnya sudah sejak Agustus 2012 lalu Apple dikabarkan mulai memproduksi untuk varian 13-inchi ini. Layar tersebut bakal memperbesar resolusi varian 13-inchi ini menjadi 2,560×1,600-pixel. Tidak beda jauh dibandingkan versi 15.4-inchi dengan layar IPS pada 2,880×1,880-pixel.

Sumber: MobileGeeks


SHARE
Previous articleDLC Skyrim Berikutnya Adalah Dragonborn
Next articleSelamat Kepada Solite Studio, Rookie Game of the Year 2012 dalam MGDW 4 Rookie!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.