Selamat Kepada Solite Studio, Rookie Game of the Year 2012 dalam MGDW 4 Rookie!

13 Nominator MGDW 4

Perjuangan party (sebutan untuk peserta) Solite Studio sejak Juni 2012 lalu dengan game bertema edukasi berjudul Sakera Math membuat mereka berhasil meraih gelar Rookie Game of the Year 2012 dan membawa hadiah uang tunai sebesar 30 juta rupiah dalam kompetisi Mobile Games Developer War 4 Rookie (MGDW 4 Rookie). Final kompetisi pembuatan mobile games bagi generasi baru yang diselenggarakan oleh Nokia Developer bekerja sama dengan game developer Indonesia Agate Studio dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia ini digelar di Perpustakaan Pusat UI, Depok pada Minggu, 14 Oktober 2012 dalam acara one stop IT Event: Computer Festival 2012 (CompFest 2012).

“Saya merasa bangga sekaligus senang melihat antusiasme yang luar biasa dari seluruh party dalam membuat games. Kemenangan yang diterima oleh Solite Studio bukan hanya dinilai dari game Sakera Math yang begitu bagus dari sisi art, gameplay maupun performa namun juga kepada komposisi tim yang solid yang menjadi modal utama mereka untuk bisa bertahan hingga sukses di dunia industri Game yang sebenarnya,” papar Narenda Wicaksono, Developer Manager Nokia South East Asia yang juga menjadi salah satu juri dalam MGDW 4 Rookie.

Party Solite Studio – Juara Rookie Game of the Year 2012

Kompetisi Mobile Games Developer War yang telah diselenggarakan sebanyak empat kali ini telah melahirkan banyak game developer yang memiliki kualitas game yang meningkat dari tahun ke tahunnya sebut saja Aksara Games (Jakarta), Own Games (Bandung), Creacle Studio (Yogyakarta), Chocoarts (Depok). Terlebih lagi para party yang dalam perjalanan MGDW 4 Rookie ditemani oleh Agate Studio ini telah mendapatkan pelajaran dari mulai bagaimana cara membuat dokumen teknis, art maupun gameplay yang baik, mendapatkan feedback dari setiap pembuatan games versi prototype, alpha, beta, hingga versi rilis yang nantinya akan disubmit ke Nokia Store. Ini membuat tak hanya pemenang MGDW 4 Rookie saja namun hampir seluruh party memiliki kualitas game yang patut diacungkan jempol.

“Melihat peningkatan kualitas yang cukup signifikan dari para party di MGDW 4 Rookie ini memperlihatkan bahwa siapapun memiliki kemampuan yang luar biasa jika mereka mau mengenal kemudian mendalami pembuatan game tanpa harus terpatok dengan latar belakang informatika ataupun seni karena modal utamanya ialah kesenangan dalam membuat game,” jelas Aditia Dwiperdana, Agate Academy Guild Master sekaligus juri dalam MGDW 4 Rookie.

Beberapa screenshot dari Sakera Math, karya Solite Studio

Tim Solite Studio yang berasal dari Bangkalan Madura beranggotakan 4 orang diantaranya Asadullohil Ghalib sebagai Produser, Tony Wijaya sebagai Game Designer yang disebut Alchemist, Miftah Alfiansyah sebagai Knight atau Programmer, dan Wizard sebutan untuk Artist oleh M.Bagus Muslim. Sakera Math merupakan merupakan game dengan tema edukasi yang menceritakan seorang anak laki-laki  yang berasal dari Pulau Madura bernama Sakera yang ingin menjadi ahli Matematika dengan harus menjawab pertanyaan yang muncul dalam petualangannya mengelilingi keindahan Pulau Madura.  Untuk dapat memainkan Game Sakera Math, silakan unduh di Nokia Store pada link berikut http://store.nokia.com/content/315630 khusus untuk handset Nokia Asha 303, Asha 200, C3 dan C5. Selain dipilihnya Rookie Game of the Year 2012, pada final MGDW 4 Rookie lalu juga terpilih Most Favorite Winner yaitu party Sundae Cola yang berasal dari Depok dengan gamenya yang berjudul 17-an The Game. Sundae Cola yang beranggotakan empat orang diantaranya Hadiyan Nur Rochman sebagai Knight, Nu’man Naufal sebagai wizard, Cahaya Ikhwan Putra sebagai desainer terpilih atas hasil voting pengunjung dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai 5 juta rupiah.

Sundae Cola – Most Favorite Winner

Perjalanan MGDW 4 Rookie belum berakhir sampai disini. Masih tersisa beberapa gelar yang dimana seluruh 253 party dalam MGDW 4 Rookie memiliki kesempatan yang sama untuk meraihnya diantaranya Most Download, Best Graphic, Best Team, Best Education Game, Best Cultural Game dan Best Gameplay dengan total hadiah lebih dari 30 juta rupiah. Semoga dengan maraknya kompetisi pembuatan Games seperti ini semakin meningkatkan semangat juang anak muda yang kreatif dalam berkarya hingga dapat mengharumkan nama bangsa di industri game.

SHARE
Previous articleApple Sebar Undangan, iPad mini dan MacBook Pro Baru Berlayar Retina di Depan Mata
Next articleTV Spot Internasional The Hobbit: An Unexpected Journey
Wadah Gamer dari beberapa generasi, yang mencoba mengekspos hobi video game dari banyak sisi. Dengan tidak melulu game, Duniaku bisa menunjukkan pada khalayak, bahwa Gamer dan video game, adalah hobi yang tidak terbatas.