IGS 2012: Wawancara dengan Leonard, Jawara Tekken Tag Tournament 2!

Indonesia Game Show (IGS) 2012 kemarin bukan hanya mempertandingkan game-game yang berbasis kerja sama tim saja, seperti DotA 2, Counter Strike Online dan Cross Fire. Ada dua game individual yang juga dilombakan, Tekken Tag Tournament (TTT) 2 dan FIFA 13, dimana keduanya merupakan babak penyisihan untuk mencari siapa yang berhak mewakili Indonesia di ajang Electronic Sports World Cup (ESWC) 2012 yang akan berlangsung di Paris, Prancis. Dari TTT 2 akhirnya didapatkan satu juara yang berhak mewakili Indonesia di ajang tersebut, yaitu Yulius Leonard.

Nah dalam kesempatan kali ini, Duniaku berhasil mewawancarai Leonard yang baru saja selesai bertanding di panggung utama IGS 2012. Dalam wawancara ini, Leonard membeberkan kisah bagaimana perjalanannya dalam pertandingan tersebut hingga berhasil menjadi juara, serta bagaimana persiapannya sebelum berangkat ke ESWC 2012. Yuk kita simak hasil wawancaranya!

Duniaku (D): Selamat ya atas keberhasilan Leonard jadi juara TTT 2 di IGS 2012! Bisa ceritakan bagaimana perjalanan dari babak penyisihan hingga lolos ke final?

Leonard (L): Babak penyisihan itu sistemnya multitiket. Jadi beli tiket, masuk ke dalam pool yang isinya 8 orang. Pool pertama yang aku maenin itu pool A. Lawan Lexuzzz susah banget, dia maennya super solid deh, defense-nya bagus, punish jarang salah, akhir-akhir ini belum pernah menang di turney lawan dia. Kebetulan akhirnya menang pake kuma panda 2-0, kayaknya hoki aja dia nunduk pas saat terakhir kena FF2 Kuma yang sekali masuk bisa dapet 100 damage, hehehe.

Terus lawan Darmawan terakhir di final pool A, menang 2-0 juga. Kayaknya kondisi aku lagi bagus saat itu karena uda morale up abis menang lawan lexuzzz, hehehe. Jadi tebak-tebakan banyak yg bener. Kebetulan juga Darmawan belum tahu trap-trap kuma panda jadi dia ga parry pas aku pake unblockable. Akhirnya aku juara pool A tuh.

Di pool C masuk lagi. Lawan aku waktu itu Kyoshiro, Kelvin, ama Emperor. Sebenarnya ada Darmawan disitu, tp dia kalah ama Emperor yg pake True Ogre, ga biasa lawan Ogre dia jadi bingung kayaknya. Ketiga pemaen yg biasa maen di arcade, maennya bagus-bagus. Cuma aku emang lagi cukup solid saat itu karena morale up uda abis ngalahin Darmawan juga, jadi punishment ama spacing ama tebak-tebakan lagi tepat.

Pool D aku masuk, tp kalah ama Tommy di pertandingan pertama. Sadis banget kuma panda aku ga gerak sama sekali, Aku kalah tanpa menangin 1 ronde pun!! Mulai galau tuh disitu aku.

Pool E aku masuk, lawan aku itu Robtags (yg pake Lei ama Steve), terus Darmawan lagi, dan terakhir Jovian. Yang paling aku inget di pool ini setengah mampus lawan Jovian karena dia pake Kuma Panda juga. Pertama aku menang, terus si Jovian ganti ama Kuma Panda jadi aku mirror ama dia. Karena badannya sama-sama gede, combonya suka drop terus, dan aku bingung gimana nge-combonya. Akhirnya aku ganti aja jadi Lars/Hwo. Aku menang tipissss banget, darah sama-sama dikit, hoki bisa menang. Jadi aku juara pool A. C, ama E.

Pas di hari Minggu, aku masuk pool A B dan C (karena tiga tiket kan aku lolosnya). Yang pertama lawan Tommy, mampus kalah lagi 2-1. Eh hoki abis di berikutnya, Darmawan menang lawan Tommy dan jadi juara pool A. Aku yang harusnya lawan Darmawan di pool B jadi ga usah lawan dia lagi, tinggal lawan pemenang Leeyo vs Binchang. Dan hokinya lagi, Leeyo yang menang. Begitu Leeyo menang, aku otomatis pasti dapet tempat di top 4 (thanks Leeyo karena uda ngalahin binchang!! wkwk).Alasannya adalah karena di pool C, aku dapet bye, dan Leeyo vs Darmawan sementara top 4. Kehokian terakhir yang nyata adalah pas di pool D, Lexuzzz menang lawan Tommy! Jadi Tommy gugur dan ga masuk top 4 fiuuuuuuuuhh.

D: Lantas, bagaimana jalannya pertandingan di Top 4?

L: Pas top 4 aku lawan Binchang dulu pertama. Aku uda agak pesimis sih lawan dia karena permainannya solid banget, dia panutan aku pula buat pake Lars, wkwk. Maklum lah dia Runner Up WCG Korea 2010 gitu. Aku kalah 2-1.
Lawan Darmawan bener-bener yang paling epic, disini aku lagi ga kondisi super solid kayak waktu di penyisihan, karena kalo kalah ya bubar. Aku juga uda lupa gimana dan ga ngerti lagi dengan ajaibnya aku menang.

Terakhir lawan Leeyo, ini aku gemeter karena ini pertandingan penentuan banget neh. Aku uda mau menang pas set ke 2, eh jadi grogi, malah kebalik deh kalah 3-2. Untung lah jurus maut banting-banting aku masih berlaku. Tipis banget menangnya. Aku, Binchang, ama Leeyo sebenarnya sama skornya, 2x menang 1x kalah, tapi karena aku lebih banyak Perfect-nya (dan aku uda sadari itu sejak sebelum lawan Leeyo), jadi aku dapet skor lebih gede, akhirnya aku yg juara.

Well, intinya, aku sebenarnya masih blom bener-bener jadi pemain terbaik di Indonesia. Aku masih butuh banyak latihan lagi.

D: Bagaimana strategi umum kamu selama penyisihan hingga berhasil jadi juara?

L: Strateginya ada 2, technically dan mentally. Kalo technically, aku prefer pake Kuma Panda karena banyak orang yang ga begitu tahu trap-trap-nya. Dan rata-rata juga orang ga tahu kalo Stance-nya Panda itu Jurusnya safe, waktu orang nyoba-nyoba saat tanding uda telat buat nyadar kalo itu ternyata safe. Klo aku kalah, biasa ganti Lars/Hwo, simply biar bikin agak ga ketebak aja sih setup ama mixup-nya. Mentally, aku tanamkan ke diri sendiri klo aku bisa menang, aku harus menang, dan aku PASTI MENANG. Itu aku katakan berulang-ulang dalam diri aku, setiap saat turney, dan pulangnya. Sisanya ya istirahat ama makan yang cukup. 1 hari sebelum turney malah ga maen Tekken sm skali, cuma tiduran aja sambil bayangin bisa ke Paris, wkwkwk.

D: Dari sekian banyak lawan yang dihadapi, siapa lawan terberat dan apa alasannya?

L: Tommy sih paling berat, soalnya ga pernah menang lawan dia. Maennya solid banget, cepet, gak ragu, Ewgf relatif lancar. Hwo no 1 di indo tuh dia.

D: Siapa karakter Tekken favorit yang sering dipakai selama pertandingan?

L: Pas tanding paling sering pake Kuma/Panda. Tapi favorit sejak Tekken 4 itu Hwoarang. Hehehe.

D: Sejak kapan mulai mengenal Tekken dan bagaimana ceritanya bisa bergabung dengan IndoTekken?

L: Kenal Tekken dari umur 7 tahun (tahun 1996 pas Tekken 2 keluar). Uda aku maenin tuh lawan koko aku. Terus maen ampe Tekken 4 masih jago kandang doang. Sejak Tekken 4 ada turney, aku ikutin. Nah disitu baru aku tahu ada komunitas Tekken di indo, waktu itu IndoTekken masih gabung VGI. Ya uda deh maen terus ama orang-orang di forum.

D: Lantas, bagaimana persiapannya menyambut ESWC 2012 nanti? Kira-kira negara mana yang bakal menjadi lawan terkuat disana?

L: Buat ESWC 2012 gak ada persiapan khusus sih, paling samain aja ama sebelumnya. Sekarang ini karena sibuk mikirin visa keluar atau ga jadi belum rencanain apa-apa. Begitu visa uda keluar baru deh latian lagi (karenapasti pergi). Negara mana ya? Harusnya Korea ama Jepang tapi anehnya begitu liat kok ga ada Korea ama Jepang padahal waktu itu ada 2 slot loh Korea. Kayaknya paling berat Aussie deh karena ada MMT disana. Tapi bukan berarti negara-negara laen juga bisa dianggep remeh, cuma karena ga tahu aja ukuran kekuatannya segimana, ga pernah lawan mereka.

D: Selain menjadi juara di IGS 2012 kemaren, gelar lain yang pernah didapat Leonard apa?

L: Wah ga terlalu hafal. Pernah juara 1 pas jaman Tekken 6 di IndoTekken Ranking Battle pertama, terus yg diadain KotakGame juga pernah juara 1, ada yang juara 3, juara 2 juga pernah. Terlalu banyak turney gak mngkin hafal semua hahaha.  Tapi yang terutama gagal dapet juara malah turney gede kayak WCG 2x 2 tahun kemarin ini. Level permainannya jauh banget sih, semua jago-jago pada ikut, tapi seneng tiap ikut karena hype-nya terasa kalo event besar.

D: Ada tips dan trik buat para pemain Tekken lainnya di Indonesia?

L: Tipsnya?Aku rasa setiap kita, termasuk aku juga, harus selalu balik ke basic untuk latian, terutama movement ama spacing. Ini opini pribadi sih, soalnya kiblat aku kan ke Korea. Frame juga penting kok. Tips yang menurutku penting lebih ke masalah mental sih. Terkadang orang suka ngerasa, uda tahu ini itu, maen uda cukup bagus, tapi why I just keep losing? Aku juga pernah ngalami kayak gini kok. Itu mngkin karena kamu uda masuk ke losing habit. Buang perasaan negatif kamu jauh-jauh, percaya ama kemampuan diri sendiri kalo kamu juga bisa menang. Itu aja sih paling. Oiya, jangan lupa sparring terus dan evaluasi lagi kesalahan-kesalahan yg dibuat.

D: Oke Leonard, makasih banyak buat kesempatannya. Semoga sukses di Paris nanti!

L: Sama-sama, terima kasih juga buat dukungannya!