Inilah Cara Kerja In-Game Chat dalam Wii U!

Ingin tahu bagaimana cara kerja in-game chat dari Wii U? Simak konfirmasi dari Nintendo di dalam. Namun, sayangnya ada syarat dan ketentuan berlaku jika kamu ingin menikmati fitur voice chat ini...

Inilah Cara Kerja In-Game Chat dalam Wii U!

Inilah Cara Kerja In-Game Chat dalam Wii U!

Kabar Wii U yang memiliki kemampuan untuk mendukung fitur chatting di dalam game sebenarnya sudah berhembus sejak E3 2012 lalu. Namun, pada saat itu, Nintendo masih belum membeberkan secara detail bagaimana cara kerjanya, ataupun hardware apa saja yang dibutuhkan bagi para pemain yang ingin saling mengobrol di dalam game. Nah, beberapa hari lalu, Nintendo pun membeberkan detailtentang penggunaan fitur ini.

Kepada Kotaku, Nintendo mengungkapkan bahwa beberapa game launch title mereka nantinya bisa langsung mengimplementasikan fitur ini. Beberapa judul yang sudah dikonfirmasikan antara lain Black Ops II, Assassin's Creed III dan Mass Effect 3. Namun, lebih lanjut Nintendo mengatakan, bahwa untuk mengobrol di dalam game (in-game chat), kamu tidak bisa menggunakan mic yang ada di Gamepad Wii U. Sebagai gantinya, kamu harus menggunakan beberapa headset yang sudah dikonfirmasikan akan mendukung fitur ini, seperti headset stereo yang dikembangkan oleh Turtle Beach, atau Mad Catz Triton.

Inilah Cara Kerja In-Game Chat dalam Wii U! Mad Catz Triton[/caption]

Inilah Cara Kerja In-Game Chat dalam Wii U! Turtle Beach Earforce NLa[/caption]

Di sisi lain, petinggi Activision mengatakan bahwa untuk Black Ops II nantinya, kamu bisa menggunakan headset apapun, bahkan yang tidak memiliki lisensi dari Nintendo seperti dua headset diatas sekalipun. Namun sayangnya, Nintendo saat dikonfirmasi masih belum membuka mulut mengenai kemungkinan untuk menggunakan headset diluar yang dilisensi oleh mereka ini.

Namun sayangnya, implementasi in-game chat untuk Wii U ini masih memiliki handicap. Salah satu yang menjadi handicap penggunaan headset tambahan ini adalah tidak tersedianya jack headset di Pro Controller dari Wii U. Jadi, bagi kamu yang suka menggunakan Pro Controller, namun tetap ingin menggunakan fasilitas in-game chat ini, kamu harus memasangkan headset kamu di Gamepad Wii U. Bukan hanya itu saja, untuk sementara kamu hanya bisa menggunakan headset berkabel saja untuk menikmati fitur ini. Yap, kedua headset yang sudah dilisensi Nintendo semuanya memiliki kabel, tidak ada yang wireless meskipun Wii U sendiri memiliki konektivitas bluetooth. Kabarnya, koneksi bluetooth dari Wii U ini nantinya hanya bisa digunakan untuk aksesoris resmi Nintendo saja, jadi kemungkinan besar Nintendo akan merilis headset wireless resmi untuk Wii U. Sayang Nintendo masih belum mengkonfirmasi secara resmi adanya wireless headset ini.

Inilah Cara Kerja In-Game Chat dalam Wii U! Sayangnya, headset untuk in-game chat tidak bisa ditancapkan ke Pro Controller milik Wii U seperti gambar diatas. Jadi, mutlak kamu masih membutuhkan Gamepad untuk menikmati fitur ini[/caption]

Info lain yang juga belum dikonfirmasikan oleh Nintendo adalah implementasi in-game chat ini secara universal, contohnya adalah gamer yang memainkan Mass Effect 3 bisa berkomunikasi dengan gamer lain yang memainkan Black Ops II. Jadi untuk sementara, in-game chat nantinya hanya bisa dinikmati oleh antar gamer yang memainkan game sama.

[Sumber: Kotaku]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU