Preview: Cloud Atlas, Satu Film dengan Banyak Kisah Berbeda

Judul : Cloud Atlas
Studio : Imagenation Abu Dhabi / British Film Institute
Distributor : Warner Bros
Release : 26 Oktober 2012 (US)
Pemain : Tom Hanks, Halle Berry, Hugo Weaving, Susan Sarandon

Tidak sedikit film yang merupakan adaptasi novel, dan jika diteliti lebih jauh, film adaptasi novel nasibnya jauh lebih beruntung dibandingkan film adaptasi game. Sebut saja Harry Potter, The Hunger Games, I Am Number Four dan Legend of The Guardians yang sukses dalam bentuk cetak, juga mendapatkan kesuksesan saat diadaptasi ke layar lebar. Satu lagi film adaptasi novel akan hadir di bulan Oktober nanti dengan judul Cloud Atlas. Cloud Atlas sendiri sebenarnya adalah sebuah novel fiksi ilmiah yang ditulis oleh David Mitchell dan sempat mendapatkan banyak penghargaan. Pertama kali dirilis pada tahun 2004 lalu, akhirnya di tahun ini novel tersebut mendapatkan versi filmnya. Nama-nama besar siap menghiasi film ini, antara lain Tom Hanks (Forrest Gump, Cast Away), Halle Berry (X-Men, Catwoman), dan Hugo Weaving (Transformers, The Wolfman).

Sama seperti novelnya, film ini mengisahkan bagaimana semua keputusan yang kita ambil dalam hidup akan sangat mempengaruhi hidup individu lainnya di masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang dimanapun mereka berada. Untuk itu, dalam film ini kamu akan mengikuti banyak kisah secara bersamaan, mulai dari ekspedisi samudra Pasifik yang dilakukan Adam Ewing, hingga masa depan. Semua dikisahkan secara bersamaan, dan di satu bagian cerita akan melompat dari satu bagian ke bagian lainnya dan di masing-masing cerita akan memiliki hubungan yang sangat erat satu dengan lainnya. Jika benar mengikuti cerita pada novel, maka di akhir cerita kamu akan kembali ke kisah awal, saat ekspedisi samudra pasifik yang dilakukan oleh Adam Ewing.

Cloud Atlas Official Trailer

Cloud Atlas Extended Trailer

Film ini disutradarai oleh tiga orang sekaligus, duo Wachowski bersaudara, Lana dan Andy yang sebelumnya membesut Speed Racer dan V For Vendetta, serta Tom Tykwer yang dikenal lewat Perfume : The Story of A Murderer. Ketiga sutradara ini sempat juga membagi tugas untuk membesut film ini sesuai dengan keahlian masing-masing. Wachowski bersaudara mendapatkan tugas untuk membesut bagian film yang mengisahkan masa depan, sedangkan Tykwer mengerjakan bagian yang ber-setting abad 19. Mereka mengerjakan film ini secara paralel, dengan menggunakan kru yang berbeda-beda pula! Itu sebabnya kru rumah produksi yang dilibatkan pun cukup banyak, dan juga budget yang dihabiskan tidak sedikit, sekitar US $100 Juta untuk menghasilkan film dengan durasi sekitar 164 menit.

SHARE
Previous articleBrawl Busters : “Zombie Survival”
Next articleMemorable Moments: Jebakan Mematikan dalam SAW
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.