Small World di Gathering Boardgame Hut!

Boardgame!

Boardgame Hut kali ini mengadakan gathering rutin mereka. Tepatnya Sabtu 20 Oktober 2012, kami berdua dari Duniaku.net menghabiskan waktu bersama dengan para punggawa dari komunitas ini. Denta, Hanseng, Robin, Steven, Hefer, Sendy, serta Safa.

Hanseng, Sendy, Safa dan Saya
Hefer, Steven, Robin, serta Denta

Kedatangan kami kali ini mungkin tidak seperti interview biasanya, karena kami langsung ikut turun langsung bermain dalam berbagai macam Boardgames. Dan kali ini saya ingin berbagi kesenangan dengan memberi salah satu bagian tutorial dalam bermain salah satu games yang kami mainkan, Small World!

Penampakan Small World

Persis dengan banyak game-game digital seperti Warcraft, Small World mengangkat kisah mengenai perebutan daerah kekuasaan antar ras-ras. Di boardgames kali ini sendiri tersedia hingga 14 ras yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ditambah lagi mereka nantinya akan diberi Badges dari 20 Special Powers Badges yang akan menambah kemampuan masing-masing ras.

Yang pertama dilakukan adalah menata dahulu peta beserta lokasi-lokasi untuk lencana standar seperti lencana masyarakat di region yang berpenduduk dan lencana gunung untuk region gunung. Region ini juga bermacam-macam. Mulai dari Hill, Forest, Meadow dan lain-lain. Nah, yang diincar disini adalah untuk menempatkan ras yang kita pilih ke sebanyak mungkin region yang ada untuk mendapatkan Victory Point(VP) sebanyak mungkin. Semakin banyak region yang kita kuasai maka semakin banyak VP yang kita dapat.

Peraturan yang penting untuk menguasai satu region adalah yakni kita harus meletakkan 2 token ras untuk menguasai region kosong, dan bertambah satu untuk setiap ras ataupun lencana yang berada di dalam region tersebut.

Lalu apa saja ras-ras yang dapat kita gunakan ? Kami beserta Sendy dan Safa memainkan beberapa ras. Ras-ras tersebut adalah Amazon, Giant, Elves, Wizard, Triton, Ghoul, dan Human. Sebenarnya masih banyak ras yang lain, namun kali ini saya akan menjelaskan beberapa ras saja yang kami mainkan bersama.

Token ras-ras Small World versi awal

Giliran pertama adalah Safa, dimana dia memilih memainkan ras Giant. Kemampuan ras ini adalah saat menyerang Region yang bersebelahan dengan Region gunung yang ia kuasai, pemain akan mendapatkan bonus 1 token ras. Jadi jika ras lain memerlukan dua token untuk menguasa Region kosong, maka Giant hanya memerlukan satu token untuk menguasai Region kosong yang bersebelahan dengan region gunungnya.

Sendy memilih Amazon. Amazon memiliki kemampuan yang aktif saat dia menyerang sebuah region yang telah ditempati. Dimana dia akan menambah 4 Token Ras setiap dia menyerang tersebut. Namun di akhir giliran harus ditarik lagi token-token tersebut.

Ras yang saya sempat gunakan saat bermain adalah ras Elves. Kemampuannya adalah saat Elves kalah karena direbut ras lain, Tokennya masih bisa digunakan alias Reviveable. Jadi kalau  Region saya kalah, saya tinggal mengambil Region lain ketika giliran saya karena Elves yang tidak bisa mati.

Ras lainnya yang saya gunakan adalah Ghoul pada giliran ketiga saya. Saya putuskan untuk mengganti  Elves saya karena kemampuan Ghouls untuk tetap bisa menguasai Region meskipun saya sudah mengganti Races saya. Jadi, ketika kita mengganti Races kita, otomatis Races kita sebelumnya tidak dapat kita kendalikan untuk mendapat Region baru, namun berbeda dengan Ghoul ini.

Fotografer Duniaku.net, Ratih bermain dengan Wizard. Kemampuannya cukup simple, yakni mendapatkan bonus +1 VP ketika menguasai Magic Region, region yang memiliki simbol sihir dalamnya. Dengan cepat ia bisa mengumpulkan VP banyak.

Giliran berikutnya ia ganti dengan ras Human. Terlihat sederhana namun kemampuan dari Human adalah peningkatan VP dari region ladang. Jadi ketika Human menempati region pertanian, ia akan mendapatkan VP total mendapat 2 dari normalnya hanya 1.

Token ras-ras Small World versi Underworld

Kemampuan ras lainnya yang tidak sempat saya mainkan, bisa Citizen lihat disini.

Untuk Special Power (SP) sendiri, akan diacak dalam pemasangannya dengan token-token ras. Yang saya dapat sebelumnya adalah SP Flying di Ghoul sehingga menjadi Flying Ghoul dan SP Heroic di Elves, sehingga menjadi Heroic Elves. Flying Ghouls sendiri memberikan kemampuan tambahan di saat menyerbu Region. Dalam  peraturan, kita hanya bisa memulai merebut Region dari pinggiran peta, namun dengan Flying, Ghoul saya bisa merebut langsung Region manapun yang saya kehendaki. Untuk Heroic sendiri memiliki kemampuan pada Region yang kita tunjuk untuk diletakkan token Heroic, dimana Region ini tidak bisa diserang selama kita masih mengendalikan ras tersebut.

Kemampuan SP lain yang berjumlah sangat banyak bisa Citizen baca disini.

Pada akhir permainan, yang menentukan kemenangan adalah VP yang dimiliki setiap pemain. Jumlah giliran dalam tiap permainan juga ditentukan terlebih dahulu di awal permainan. Kali ini kami bermain 5 giliran dengan saya sebagai pemilik VP terendah. Sedihnya.

Namun demikian, tidak kalah dengan digital games pada umumnya, Small World memiliki Art yang tak kalah apik dengan game-game digital lainnya. Tampilan yang menarik ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar Boardgames jenis ini.

Dengan mengunjugi situs Small World disini, Citizen bisa lebih tahu mengenai Boardgame jenis ini. Atau mungkin Citizen berminat untuk membelinya ? Selain itu, banyak ekspansi juga untuk Small World. Berbagai ras baru ditambahkan dalam tiap ekspansinya. Bahkan ada Community Expansion, yang merupakan ekspansi yang dibuat oleh para penggemar Small World.

Another game another story
Bang!

Untuk boardgames selanjutnya, saya memainkan Bang! Yang tentu saja tidak kalah menarik dari Small World. Mau tau aksinya? Nantikan permainannya di artikel Gath Boardgame Hut part 2.

Close Up

( Hildi Feat Ratih )