Nokia Lumia 510: Smartphone Windows Phone Dengan Harga Terjangkau

Banyak yang kaget ketika mengetahui Lumia terbaru harganya mulai Rp. 6 jutaan… setinggi itukah harga smartphone baru dari Nokia? Tidak juga, karena hari ini mereka membawa Windows Phone ke rentang harga yang lebih terjangkau melalui Lumia 510.

Sebagai smartphone entry level, Nokia membuat Lumia 510 dengan spesifikasi yang tidak mengecewakan. Dimulai layar 4-inchi WVGA (800×480-pixel) TFT, di sini Lumia 510 sudah lebih baik dibandingkan Lumia entry level sebelumnya, Lumia 610 yang layarnya hanya 3.7-inchi. Kameranya pun setara dengan Lumia 610, 5-megapixel dengan bukaan f/2.4 dan focal lenght wide angle 28mm, yang bisa mengambil gambar dengan mode autofocus, dan merekam video dengan kualitas VGA. Chipset yang digunakan memiliki keluarga prosesor Snapdragon S1, yang kemungkinan besar juga dari varian Cortex-A5. Sampai di sini masih, beberapa fiturnya setara dengan Lumia 610.

Namun malang bagi Lumia 510, rupanya derita Lumia 610 dengan keterbatasan RAM hanya 256MB juga masih berlanjut. Jatah RAM tersebut bakal membatasinya menjalankan aplikasi tertentu yang membutuhkan lebih banyak memory. Selain itu, internal storage-nya juga terbatas hanya sampai 4GB saja, tanpa didukung slot microSD. Selebihnya seperti fasilitas navigasi peta melalui GPS dengan dukungan software Nokia Maps serta Nokia Drive, bekerja di jaringan GSM 2G dan 3G yang datanya bisa berjalan di kanal HSDPA, Wi-Fi b/g/n serta Bluetooth 2.1 melengkapi fungsi konektivitasnya.

Smartphone ini dirilis menggunakan Windows Phone 7.5 Mango, namun nantinya bakal di-update ker versi 7.8 — dan jangan bermimpi mengoperasikannya dengan Windows Phone 8. Lumia 510 mulai dijual di China dan India November 2012 nanti, dan kemudian menyusul ke Asia PAsifik dan Amerika Selatan dengan harga perkiraan $200.

Dengan harga tersebut, saya melihat yang paling menarik hanya fasilitas Nokia Maps dengan navigasinya yang bisa dilakukan secara offline saja. Selebihnya dengan harga yang setara, ada banyak pilihan smartpghone Android yang tidak akan membuat kamu tersiksa karena minimnya internal storage. Namun jika termasuk pengguna ponsel yang mempertimbangkan merk Nokia, tidak ada pilihan selain Lumia 510 ini yang sangat terjangkau. Atau jika Alcatel merilisnya di Indonesia, One Touch View mereka bakal menjadi opsi yang lebih worth karena jatah RAM yang lega dan juga kemungkinan mendapat upgrade ke Windows Phone 8.

New Nokia Lumia 510, Our Most Affordable Lumia Smartphone

http://youtu.be/kblZ998mmkI

Sumber: Nokia

SHARE
Previous articleAvril Lavigne Nyanyikan Dua Theme Song One Piece Film Z
Next articleBertemunya Disney dan Pixar dalam Proyek Toy Box!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.