Update Driver Adreno Untuk Device ICS, Pelipur Lara Yang Tidak Kebagian Jelly Bean

Setelah muncul daftar handset Xperia dari Sony Mobile mana saja yang mendapatkan update menuju Jelly Bean dari artikel kami sebelumnya, muncul sedikit kekecewaan karena handset saya tidak termasuk dalamnya. Wajar saja karena Jelly Bean membutuhkan resources yang melebihi kebutuhan ICS. Sedih memang, tetapi mau bagaimana lagi..

Apa hanya sampai disitu? Tentu saja tidak. Android adalah handset yang kemampuannya sangat tergantung pada kemampuan pemakai dalam modifikasi. Modifikasi yang disinggung disini adalah update driver GPU Adreno yang terdapat pada processor Qualcomm Snapdragon. Update ini dapat memperkuat daya proses handset kita tanpa perlu melakukan overclock dan juga tidak asing bagi para pengguna PC (ingat proses update driver VGA?).

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Qualcomm sebagai produsen Adreno telah merilis driver baru untuk prosesor yang menggunakan instruksi ARMv7 dan juga dilengkapi dengan Adreno 2XX untuk GPU-nya. Update ini dapat diimplementasikan di semua device yang menggunakan GPU Adreno 2XX (Adreno 200, Adreno 205, Adreno 220, dan Adreno 225) dan dilengkapi dengan versi OS Ice Cream Sandwich a.k.a ICS. Jika ragu atau tidak tahu dengan tipe processor yang ada di dalam device milikmu, langsung saja buka halaman Snapdragon di Wikipedia dan cari handset milikmu di sana, pasti tertera handset tersebut menggunakan Adreno apa.

Sebelum memulai, pastikan dulu device-mu sudah memiliki akses root, busybox, dan juga ClockWorkMod/CWM! Karena driver baru ini harus di-install menggunakan metode flash. Menjelajahlah ke XDA Developers jika tidak tahu cara membuka akses root dan CWM. Kamu tidak akan menyesal melakukannya jadi usahakan mendapatkan cara untuk mengakses CWM. Oh, satu lagi, panduan ini hanya untuk ICS saja! Bukan Gingerbread, bukan Jelly Bean!

Contoh disini kita akan mengupdate driver Adreno 205 milik Xperia Ray. Pastikan sekali lagi bahwa tipe handset milikmu menggunakan Adreno 2XX, OS Android ICS, dan juga memiliki akses CWM. Beberapa contoh device yang termasuk dalam golongan ini adalah jajaran Xperia 2011 (Ray, Neo, Arc, Play), Samsung Galaxy W, Galaxy Ace, Galaxy Mini + Mini 2, HTC Evo 3D, Sensation, Desire, dan One V — daftar lebih lengkap kembali bisa kamu cek melalui Wikipedia.

Sudah tidak sabar? Mari kita mulai.

Langkah pertama, download paket zip dari salah satu link dibawah ini :

Setelah selesai, kopi file tersebut dan letakkan di directory root SD card yang kamu gunakan. Di Windows Explorer akan terlihat seperti ini (klik gambar untuk memperbesar):

Selanjutnya, akses menu CWM sesuai tipe handset yang digunakan. Sebagai contoh, untuk Xperia Ray CWM dapat diakses dengan cara menekan berulang-ulang tombol Vol Down (Volume turun) saat layar menunjukkan tulisan “Sony.”

Ketika sudah masuk di layar CWM. pengoperasian akan sedikit berbeda. Vol Up/Down akan menjadi penggerak kursor, tombol Home akan menjadi tombol OK dan Back menjadi tombol… Back. :)

Pilih pilihan “install zip from sdcard” kemudian lanjutkan dengan “choose zip from sdcard”. Cari file yang kamu kopi sebelumnya (JB_Adreno_Drivers_V3) kemudian pilih file tersebut. Pilih “Yes” untuk melakukan install. Setelah beres, lakukan reboot.

Selesai! Sangat mudah bukan? Perubahan performa akan langsung terasa. Saya yakin smoothness dan kelancaran UI sudah dapat menyamai device dengan Dual-Core sekalipun. Performa gaming akan lumayan meningkat juga. Jika kamu masih ragu-ragu, screenshot benchmark AnTuTu ini mungkin dapat meyakinkanmu.

Device : Xperia Ray ST18i “Urushi”
OS + Kernel : Stock Sony ICS 4.1.B.0.587 + Stock Kernel.

Sebelum Update:

Setelah update:

Sebuah update sederhana yang berdampak cukup besar bagi para pengguna perangkat android lama. Jika masih bingung dalam melakukannya, jangan segan untuk bertanya melalui kolom comment di bawah :D

Sumber: XDA Developers

SHARE
Previous articleLondon Philaharmonic Orchestra Rilis The Greatest Video Game Music 2
Next articleMouse Pad 3D versi Dead or Alive 5
Ditemukan secara tidak sengaja oleh salah satu kontributor majalah game kemudian lulus tes yang diberikan. Sejak itu menulis Walkthrough, Preview, ataupun juga Review dari dunia game. Hal ini merambah juga ke dunia komputer, audio, hingga anime. Mendapatkan julukan "Analyzer" karena selalu menemukan cara untuk mendominasi total semua game yang dimainkan. Penggemar berat Tamura Yukari serta Kugimiya Rie. Jika ingin mencarinya, cari pria besar dengan hoodie Black Rock Shooter + headset koleksi selalu menempel di telinga dan memainkan lagu-lagu artis Jepang.